KATA OMED

Misteri Di Kampung Adat Namata, Kampung Tertua Di Pulau Sabu

Selama 3 Bulan Saya Keliling Provinsi Nusa Tenggara Timur Ada Banyak Destinasi Wisata Budaya Yang Saya Kunjungi. Salah Satunya Adalah Tempat Wisata Di Pulau Sabu Yang Terkenal Masih Sangat Alami Baik Alamnya Maupun Budayanya.

Banyak Perkampungan Adat Di Wilayah Ntt Yang Saya Datangi Namun Saya Merasa Jika Kampung Adat Namata Yang Ada Di Pulau Sabu Adalah Salah Satu Perkampungan Adat Yang Paling Banyak Menyimpan Misteri.

Kampung Adat Namata Ini Memiliki Banyak Keunikan Dan Juga Terasa Sangat Mistis Baik Auranya, Bentuknya Dan Juga Suasananya. Bahkan Saat Saya Pertama Kali Memasukinya, Nuansa Magis Amat Berasa.

kampung adat namata pulau sabu

kampung adat namata pulau sabu

Apalagi Ada Beberapa Batu Tua Yang Berukuran Cukup Besar Dan Bentuknya Bulat Serasa Membuat Kita Masuk Kembali Ke Zaman Megalitikum.

Rumah-Rumah Yang Terbuat Dari Daun Dan Terlihat Sangat Tradisinal Semakin Menambah Kesan Bahwa Kampung Adat Namata Adalah Salah Satu Kampung Adat Tua Yang Amat Bersejarah Di Pulau Sabu.

Kampung Adat Namata Terletak Di Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hanya Dibutuhkan 20 Menit Berkendara Dengan Motor/Mobil Dari Pusat Kota Seba Pulau Sabu.

Kampung Adat Namata Dan Pesonanya

rumah adat di kampung namata

rumah adat di kampung namata

Kampung Namata Dikenal Sebagai Kampung Adat Yang Masih Memegang Teguh Adat Istiadat, Budaya Serta Memiliki Sejarah Sebagai Desa Penganut Agama Jingitiu Atau Pemujaan Dewa-Dewa Leluhur Masyarakat Sabu.

Kampung Ini Tercatat Memiliki Beberapa Pemangku Adat Berbeda, Yakni Deo Rai (Kepala), Pulod’o (Dewa Matahari), Rue (Dewa Penyakit), Bekka Pahi (Dewa Bumi), Maukia (Dewa Kesuburan), Serta Kenuhhe (Dewa Laut).

batu kramat tempat pemujaan di kampung adat namata pulau sabu

batu kramat tempat pemujaan di kampung adat namata pulau sabu

Hal Lainnya Yang Membuat Kampung Adat Namata Ini Unik Adalah Adanya 9 Batu Bulat Yang Berada Tepat Ditengah Perkampungan Mereka Yang Dijadikan Sebagai Pemujaan Atau Altar Persembahan Bagi Leluhur Yang Dipercaya Menjaga Kampung Adat Tersebut.

Dikampung Adat Namata Ini Juga Hanya Ada 7 Buah Rumah Adat Yang Tidak Bisa Ditambahkan Atau Dikurangi Jumlahnya. Dan Yang Diizinkan Bisa Dikunjungi Hanya Beberapa Rumah Adat Saja.

rumah adat di kampung namata pulau sabu

rumah adat di kampung namata pulau sabu

namata, kampung adat tertua di pulau sabu

namata, kampung adat tertua di pulau sabu

Oh Ya Ada Juga Larangan Tentang Menyentuh Atau Berfofo Dibeberapa Batu Yang Cukup Dikeramatkan Oleh Mereka Sehingga Kita Harus Berhati2. Seperti Salah Satunya Adalah Dilarang Berfoto Di Batu Yang Bernama Rue.

Hal Ini Dikarenakan Menurut Cerita Tetua Adat Di Namata,  Batu-Batu Di Dalam Perkampungan Memiliki Kemampuan Gaib Atau Sihir Tertentu. Daya Magisnya Bisa Dibilang Cukup Tinggi.

Oleh Karena Itu Pengunjung Diingatkan Untuk Jangan Sembarangan Menginjaknya Karena Bisa Mendatangkan Penyakit Atau Hal Buruk Lainnya.

Sejarah Kampung Adat Namata

kampung namata, kampung megalitikum di pulau sabu

kampung namata, kampung megalitikum di pulau sabu

Menurut Cerita Masyarakat Setempat, Kampung Namata Sendiri Dibentuk Dan Didirikan Oleh Salah Seorang Tokoh Terkenal Sabu Raijua Pada Zaman Dahulu Yakni Robo Aba Yang Memiliki 4 Orang Anak.

Konon, Dari Ke 4 Anak Inilah Awal Mula Terbentuknya 4 Suku Besar Yang Ada Di Sabu Raijua, Khususnya Di Kecamatan Sabu Barat.

Anak Robo Aba Terdiri Dari :

  1. Tunu Robo Yang Kemudian Menurunkan Udu / Suku Namata,
  2. Pilih Robo Yang Kemudian Menurunkan Udu / Suku Nahoro,
  3. Hupu Robo Yang Kemudian Menurunkan Udu / Suku Nahupo Dan
  4. Dami Robo Yang Kemudian Menurunkan Udu / Suku Nataga.

Sewa Baju Adat & Harga Tiket Masuk Di Kampung Adat Namata

pengunjug yang datang harus memakai pakian adat namata

pengunjug yang datang harus memakai pakian adat namata

Karena Wisatawan Yang Datang Disarankan Menggunakan Pakaian Adat Kampung Namata Maka Kita Harus Menyewanya.

Untuk Berfoto Ria Dengan Menggunakan Pakaian Adat Khas Kampung Adat Namata Atau Pakaian Adat Sabu Raijua, Kit Aharus Menyewa Pakaian Seharga 50 Ribu Rupiah Per Orang.

Harga Tersebut Sudah Termasuk Aksesoris Dan Juga Riasan Yang Akan Dikenakan Pengunjung Baik Pria Maupun Wanita. Nantinya Penjaga Atau Pengelola Kampung Adat Akan Memasangkan Pakaian Dan Riasan Langsung.

saat saya mencoba memakai pakaian adat pulau sabu di kampung namata

saat saya mencoba memakai pakaian adat pulau sabu di kampung namata

Setelah Itu Barulah Kita Akan Diajak Keliling Dan Dijelaskan Mengenai Kampung Adat Namata Beserta Ritual Dan Pantanganya.

Oh Ya Jangan Lupa Untuk Memberikan Uang Masuk Seiklasnya Kepada Ibu Atau Penjaga Kampung Adat Melalui Buku Tamu Yang Harus Kalian Isi. Tarifnya Seiklasnya Saja Karena Tidak Ada Ketetapan Biaya Masuknya.

Lokasi Kampung Adat Namata Dan Cara Menuju Ke Sana

kampung namata

kampung namata

Seperti Yang Sudah Disampaikan Diatas Jika Kampung Adat Namata Berada Di Sebuah Perbukitan Dan Diperkampungan Kecil Yang Ada Di Wilayah Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Silahkan Ikuti Arah Google Maps Seperti Yang Tertera Dibawah Ini :

Karena Lokasinya Berad Adi Pulau Sabu Maka Wisatawan Yang Datang Dari Kupang Harus Menuju Pulau Sabu Terlebih Dahulu. Kalian BisA naik Pesawat Sekelas Susi Air Atau Naik Kapal Laut Ke Pulau Sabu.

Untuk Jadwal Kapal Dari Kupang Ke Pulau Sabu Menggunakan Kapal Cepat Cantika Lestari Bisa Kalian Cek Sendiri Dipelabuhan Tenau Kota Kupang.

Hanya Dibutuhkan 20 Menit Saja Berkendara Dengan Motor/Mobil Dari Pusat Kota Seba Pulau Sabu. Meski Jalan Menuju Kampung Adat Namata Cukup Sederhana Dan Kecil Namun Masih Bisa Dilalui Kendaraan Motor Atau Mobil.

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of