KATA OMED

Museum Rumah Ibu Fatmawati di Bengkulu, Rumah Penjahit Bendera Indonesia

Salah satu destinasi yang saya kunjungi saat explore Bengkulu adalah Rumah kediaman Ibu Fatmawati. Rumah ini adalah salah satu museum yang pernah menjadi kediaman Ibu Fatmawati yaitu istri dari presdien pertama kita Bung Karno. Fatmawati atau yang bernama asli Fatimah adalah seorang wanita cantik yang lahir di Bengkulu pada 5 Februari 1923 dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah. Hassan Din sendiri adalah seorang tokoh penting Muhammadiyah di Bengkulu.

Museum Rumah Ibu Fatmawati

Museum Rumah Ibu Fatmawati

Saat kunjungan inilah saya sendiri lebih mengenal lagi sosok wanita hebat dan juga kuat yang juga menghasilkan anak-anak hebat seperti Megawati yang juga merupakan presiden wanita pertam Republik Indonesia. Museum Rumah Fatmawati cukup terawat dengan baik. Berbagai kenangan tergambar jelas difoto-foto yang dipasang didinding rumah kecil ini entah saat beliau bersama Sukarno atau saat beliau disibukan dengan tugas sebagai ibu negara.

Sekilas Sejarah Tentang Fatmawati 

Fatmawati adalah seorang wanita cantik yang berasal dari provinsi Bengkulu. Namanya sendiri mulai menjadi terkenal karena beliau adalah salah seorang istri Ir. Sukarno yang merupakan Presiden pertama Republik Indonesia. Ibu Fatmawati juga merupakan tokoh sejarah yang bereperan penting dalam kemerdekaan RI diama beliaulah  yang yang menjahit dan mempersiapkan Sang Saka Bendera pusaka merah putih yang berkibar di hari proklamasi 17 Agustus 1945.

Sejarah tentang Ibu Fatmawati

Sejarah tentang Ibu Fatmawati

Ibu Fatmawati menikah dengan Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1943. Ibu Fatmawati bertemu dengan Sukarno pada saat pengasingan Bung Karno di daerah Anggut Atas Bengkulu sekitar tahun 1938-1942. Dari pernikahan keduanya lahirlah Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra. Ibu Fatmawati sendiri meninggal tanggal 14 Mei 1980 di Kualalumpur, Malaysia.

Replika Rumah Fatmawati di Bengkulu

Sebenarnya Rumah kediaman Fatmawati di kota Bengkulu ini merupakan sebuah replika dari rumah asli ibu fatawati yang sudah hancur dimakan usia. Namun dari bentuknya hingga koleksi dan ruangan didalam rumahnya dibuat sangat mirip dan persis dengan rumah kedaimanya dulu.

Rumah kediaman Fatmawati di Bengkulu

Rumah kediaman Fatmawati di Bengkulu

Rumah yang sangat identik dengan ciri orang Sumatera yakni rumah panggung dan berbahan kayu. Saat ini rumah atau museum Fatmawati dikelola oleh Yayasan Ibu Fatmawati. Jika kita sedang berada diarea rumah Ibu Fatmawati maka akan terasa suasana  yang sangat aman dan tenang.

Koleksi di Museum Rumah Fatmawati Bengkulu

Ranjang tempat Tidur, salah satu Koleksi di museum rumah Fatmawati

Ranjang tempat Tidur, salah satu Koleksi di museum rumah Fatmawati

Selain bangunan utama rumah yang menjadi saksi sejarah dan kini sudah menjadi museum, didalam rumah kediaman Ibu Fatmawati ini juga memiliki banyak sekali koleksi-kolesi bersejarah lainnya seperi salah satunya adalah Mesin Jahit tua yang merupakan mesin Jahit yang digunakan oleh ibu Fatmawati saat menjahit sangsaka merah putih sebelum dikibarkan untuk pertama kalinnya.

Mesin penjahit bendera merah putih di rumah ibu fatmawati

Mesin penjahit bendera merah putih di rumah ibu fatmawati

koleksi Museum Rumah Fatmawati

koleksi Museum Rumah FatmawatiDi dalam rumah ini juga kita bisa menemukan koleksi-koleksi pribadi milik Ibu Fatmawati seperti perabot rumah tangga, ranjang tempat tidur, lemari pakaian, ranjang besi, meja rias, kursi  makan keluarga hingga baju-baju yang pernah digunakan oleh ibu Fatmawati. Selain itu kita bis amelihat banyak terpajang foto-foto kenangan masa lalu ibu Fatmawati sejak masa kecil hingga dewasa dan saat beliau bersama Sukarno hingga menjadi Ibu Negara.

Lokasi Museum Rumah Fatmawati di Bengkulu

keluarga fatmawati di bengkulu

keluarga fatmawati di bengkulu

Buat kalian yang ingin berkunjung ke museum kediaman Rumah ibu Fatmawati di Kota Bengkulu, kalian tak perlu khawatir karena lokasinya berada tepat dipusat kota Bengkulu. Bahkan dari bundaran simpang lima yang kini sudah ada patung Ibu Fatmawati yang sedang menjahti bendera hanya berjarak 100 meter saja. Jadi patokanya cukup di Bundaran simpang lima patung Fatmawati dan dari sana kita tinggal berjalan kaki saja kerumahnya.

Gallery Fatmawati bersama Sukarno

Gallery Fatmawati bersama Sukarno

Namun secara administratif, Museum Rumah Ibu Fatmawati ini berada di Jalan Fatmawati, kelurahan Penurunan, Kecamatan. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu 38222 Indonesia. Satu lagi, untuk masuk ke museum ini GRATIS alias tak perlu biaya, hanya cukup mnegisi daftar tamu saja ya.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of