KATA OMED

7 Potret Megahnya Masjid Islamic Center Samarinda, Masjid Terbesar di Kalimantan

Published · Updated

Berikut ini beberapa foto atau potret betapa Megahnya Masjid Islamic Center Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal.

Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, Masjid Islamic Center Samarinda ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak. Pemandangan di sekitar Masjid Islamic Center Samarinda sangat indah terlebih lagi tepian sungai Mahakam yang berada tepat disebelahnya atau didepanya.

Luas Bangunan Masjid Islamic Center Samarinda

Baca Juga ya :

Masjid Islamic Center Kota Samarinda

Masjid Islamic Center Kota Samarinda – foto ig @symsdn

Masjid Islamic Center Samarinda memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi.

Sementara lantai dasar Masjid Islamic Center Samarinda adalah seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. Dengan area Masjid Islamic Center Samarinda yang begitu luas tentunya masjid ini mmapu menampung Ribuan jemaah.

Masjid Islamic Center Samarinda sering dijadikan tidak hanya sebagai pusat Ibadah dan kajian islami saja namun juga Masjid Islamic Center Samarinda sering dijadikan sebagai kawasan ekonomic halal terutama saat ada acara keagamaan khususnya Islam.

Lokasi Masjid Islamic Center Samarinda

Islamic Center Samarinda Kalimantan Timur

Islamic Center Samarinda Kalimantan Timur – foto ig @symsdn

Lokasi Masjid Islamic Center Samarinda ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Saat ini sepenuhnya area Masjid Islamic Center Samarinda menjadi kawasan atau wilayah tanggung jawab pemerintah Kalimantan Timur untuk menjadikan kawasan ini sebagai area umum.

Masjid Islamic Center Samarinda berada di Jl. Slamet Riyadi No.1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75126. Lokasi Masjid Islamic Center Samarinda ini berada dipusat Kota Samarinda dan berada ditepi sungai Mahakam dekat dengan Jembatan Mahkota 2 Samarinda.

Menara Masjid Islamic Center Samarinda

Islamic Center Samarinda City

Islamic Center Samarinda City – symsdn

Bangunan Masjid Islamic Center Samarinda ini memiliki  7 menara di mana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter.

Jika dari kejauhan Maka Menara Masjid Islamic Center Samarinda akan terlihat menjulang tinggi dengan sangat megahnya. Menara Masjid Islamic Center Samarinda juga didesign sangat unik dan indah sehingga bisa terlihat dari kejauhan bahkan dari Sebrang sungai Mahakam. Saat malam hari menara Masjid Islamic Center Samarinda juga ikut bercahaya menambah kesan semakin megah dan mewahnya masjid ini.

Selain menara utama, bangunan Masjid Islamic Center Samarinda juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun.

Bangunan Utama Masjid Islamic Center Samarinda

Islamic Center Samarinda

Islamic Center Samarinda

Memasuki bangunan utama Masjid Islamic Center Samarinda, pengunjung akan melewati 33 anak tangga yang dimaknai sebagai sepertiga jumlah biji tasbih. Setelah melewati anak tangga, pengunjung akan disambut serambi masjid yang sangat mewah. Sentralisasi visual tertuju pada beduk raksasa yang diletakkan di tengah ruang.

Pada bagian Serambi Masjid Islamic Center Samarinda sudah dihiasi lampu gantung kristal dan lampu dinding yang unik bertuliskan kaligrafi huruf Arab. Masjid dilengkapi elevator, lift, serta jalur khusus penyandang cacat untuk memudahkan orang mencapai lantai yang lebih tinggi.

Masjid Islamic Center Samarinda di tepian sungai mahakam

Masjid Islamic Center Samarinda di tepian sungai mahakam – foto ig @deni_setiawan_93

Ruang utama shalat Masjid Islamic Center Samarinda juga menampilkan kesan yang tak kalah megah namun menyejukkan. Penggunaan material granit pada lantai dengan pilihan warna krem muda beraksen garis vertikal hitam semakin padu dengan dinding mihrab berwarna gelap.

Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama Masjid Islamic Center Samarinda Kalimantan Timur jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda – foto ig @@brillyajikurnia_nasution

Plafon ruang utama yang mengikuti bentuk kubah berhias lukisan garis abstrak geometris bermotif bintang dan lampu gantung kuningan yang mengelilingi sisi luar lingkaran daiarr. kubah, menimbulkan kesan megah.

Menurut rencana, pembangunan Masjid lslamic Center ini merupakan tahap awal pembangunan pusat peradaban Islam di Kalimantan Timur. Diharapkan, keberadaan masjid in dapat membangkitkan semangat kebersamaan masyarakat setempat.

Untuk area parkir Masjid Islamic Center Samarinda juga sangat luas mampu menampung ribuan kendaraan bermotor baik mobil atau motor. Bahkan area depan Masjid Islamic Center Samarinda sudah di faving block sehingga tidak akan becek dan kotor atau kebanjran.

Masjid Agung Samarinda

Masjid Agung Samarinda – foto ig @faizal.adinugroho

Taman disekitar area Masjid Islamic Center Samarinda juga dibuat sangat indah. Banyak pepohonan yang ditanam disekitar area keliling Masjid Islamic Center Samarinda membuat suasana teduh dan nyaman akan begitu terasa saat kita berada di sekitarnya. Oh ya jangan lupa selalu jaga kebersihan saat kalian berada di area Masjid Islamic Center Samarinda.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of