Tips Memilih Kamera Vlog Untuk Traveling, Pemula Wajib Tahu!

Traveling banyak dilakukan orang-orang untuk mengurangi stres, membuat tubuh dan pikiran rileks, hingga meningkatkan semangat ketika kembali bekerja.

Oleh sebab itu, traveling mempunyai dampak positif untuk tubuh. Salah satu alat yang wajib dibawa saat liburan atau traveling adalah kamera vlog.

Vlogging saat ini tengah meramaikan internet untuk menampilkan aktivitas sehari-hari. Termasuk aktivitas traveling tidak luput dari kepentingan untuk membuat vlog.

Namun, terkadang banyak yang belum memahami jenis kamera terbaik seperti apa untuk kegiatan vlogging ini.

Tips Memilih Kamera Vlog Terbaik

Tips memilih Kamera Vlog untuk Para Vlogger pemula

Tips memilih Kamera Vlog untuk Para Vlogger pemula – foto fintechmove.com

Vlogging merupakan kegiatan membuat konten berupa video, biasanya menggunakan kamera vlog dari beberapa brand.

Hingga saat ini, banyak orang yang membuat vlog untuk berbagai tujuan atau kepentingan. Sebenarnya tidak ada spesifikasi khusus terkait kamera yang dibutuhkan.

Kamera apapun dapat Anda gunakan, seperti kamera DSLR untuk kualitas video terbaik atau kamera smartphone. Selain itu, bisa juga memakai mirrorless, yaitu kamera yang minimalis.

Mengingat traveling merupakan aktivitas berpindah-pindah, maka untuk memproduksi konten membutuhkan kamera vlog yang nyaman. Salah satu pilihan terbaik adalah menggunakan vlogging camera khusus travel vlogger.

Jika Anda seorang pemula, pasti akan merasa bingung dalam menentukan kamera yang tepat. Keberadaan pasar kamera vlog pasti akan membuat Anda merasa pusing dengan banyaknya pilihan.

Hal yang sering menjadi bahan pertimbangan biasanya adalah pada aspek resolusi hingga stabilisasi.

Bagi Anda yang menyukai traveling, jangan sampai merasa bingung ketika menentukan kamera vlog yang tepat.

Tips memilih kamera yang cocok untuk Anda bawa traveling adalah dengan beberapa pertimbangan berikut ini:

1. Kualitas Gambar

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan ketika mencari kamera untuk vlogging adalah kualitas gambar. Kamera dapat disesuaikan untuk merekam vlog Full HD 1080 atau UHD 4K.

Jika menginginkan kamera yang support 4K, maka harus mempunyai komputer untuk edit video 4K. Karena kebanyakan orang menyaksikan konten di smartphone dengan resolusi relatif kecil.

Sehingga vlog 4K Anda kemungkinan tidak akan terlihat sepenuhnya dan memerlukan editing.

2. Stabilisasi Kamera

Pada dasarnya, stabilisasi kamera berpengaruh pada metode untuk menghindari guncangan selama menangkap objek bergerak. Sehingga membutuhkan stabilisasi kamera vlog untuk pengalaman menonton video terbaik.

Agar rekaman tidak goyah, maka memerlukan stabilisasi gambar optik dengan elemen bergerak di dalam lensa kamera vlog.

Sebagai alternatif, beberapa kamera menggunakan perangkat lunak untuk mengoreksi goyangan kamera.

3. Input Mikrofon

input microphone kamera vlog

input microphone kamera vlog – foto sindonews.com

Vlog membutuhan audio yang bagus untuk menjadikan video Anda terlihat rapi dan profesional. Biasanya, mikrofon internal memberikan kualitas audio lebih rendah.

Berbeda dengan mikrofon eksternal yang langsung terhubung ke input mikrofon kamera. Pemakaian mikrofon internal untuk aktivitas vlog dapat mengurangi kebisingan.

Saat membeli kamera vlog, sebaiknya pastikan mempunyai mikrofon internal yang berkualitas.

Selain itu, carilah yang memiliki koneksi jack audio 3.5 mm untuk dihubungkan dengan mikrofon eksternal.

4. Layar LCD

Terdapat dua fitur utama pada layar kamera yang fungsinya tergantung dari desainnya. Pertama ada layar sentuh untuk fokus manual, kemudian terdapat layar lipat yang sepenuhnya mengartikulasikan.

Kelebihan layar sentuh adalah memungkinkan pengguna untuk mengubah fokus dengan mudah. Sementara layar lipat bisa difungsikan untuk merekam sendiri. Bahkan bisa memantau proses tersebut pada waktu yang bersamaan.

5. Performa Ketika Low Light

Tentu saja kegiatan vlogging bisa berlangsung siang atau malam hari sesuai keinginan Anda atau kebutuhan konten.

Nah, ketika kondisi minim cahaya seperti malam hari atau di dalam ruangan, maka memerlukan kamera vlog dengan performa yang mumpuni ketika low light.

Meskipun sensor pada smartphone saat ini banyak yang meningkat secara signifikan, namun untuk kinerja yang lebih baik saat low light memerlukan kamera lebih baik.

Alternatif yang bisa dijadikan pilihan adalah kamera DSLR atau Mirrorless.

6. Konektifitas WiFi

live streaming

live streaming

Selain performa, rekomendasi kamera untuk vlog terbaik adalah mempunyai konektifitas seperti WiFi. Hal tersebut sangat berguna untuk mentransfer file video dengan cepat.

Dengan begitu, Anda bisa segera transfer file ke smartphone dan mengunggahnya ke berbagai media sosial. Lebih dari itu, konektivitas WiFi ini sangat berguna untuk kegiatan live streaming.

Hal tersebut akan memberikan kemampuan untuk live streaming ke platform yang dikehendaki. Jika kamu membutuhkan jasa live streaming profesional bisa mampir ke website https://impresif.id/.

Jika tidak ada konektivitas WiFi, maka Anda harus menyambungkan kabel USB dan menunggu file untuk ditransfer. Tentu saja hal itu merepotkan, tidak seperti WiFi lebih praktis dan bisa langsung terkoneksikan.

Dukung Aktivitas Vlogging dengan Kamera Terbaik

Insan kreatif bisa membuat vlog yang berisi konten apapun tergantung kreativitas masing-masing. Mulai dari menceritakan keseharian seperti kegiatan traveling. Membuat vlog akan sangat menguntungkan, terutama dari segi marketing.

Vlog dapat menjangkau banyak audiens. Vlog juga bisa membangun hubungan yang lebih personal. Sehingga konten yang Anda buat akhirnya dapat meningkatkan engagement, bahkan bisa mempengaruhi orang lain.

Bagi Anda seorang pemula yang serius ingin membuat vlog, carilah kamera dengan segudang fitur dan teknologi pendukung di dalamnya.

Rekomendasi kamera vlog untuk traveling adalah dengan dukungan format perekaman berkualitas. Kemudian mempunyai teknologi fokus otomatis yang canggih.

Baca : 7 Gereja Instagenik Di Indonesia Yang Bisa Kamu Kunjungi

Cara Membuat Vlog Traveling Lebih Menarik

Membuat Vlog Traveling Lebih Menarik

Membuat Vlog Traveling Lebih Menarik – foto uzne.id

Setelah mendapat kamera yang tepat, selanjutnya rencanakan konten yang berkualitas. Buat konten yang bermanfaat, salah satunya vlog tentang traveling. Berbagi informasi travel ke audiens menjadi ide yang menarik.

Jika sudah mengetahui jenis konten Anda, maka tentukan audiens yang tepat. Buatlah video, grafis, dan hal lainnya yang sesuai dengan target.

Saat ini, banyak sekali video blog di berbagai media sosial. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat video yang lebih unik dan mudah ditemukan.

Pilihlah background atau lokasi shooting yang terlihat menarik. Kemudian atur pencahayaan sebaik mungkin dan hindari bayangan yang membuat vlog terlihat tidak profesional.

Perhatikan audio, jangan sampai suara Anda tidak terdengar, bila perlu gunakan alat recording. Bersikap percaya diri dan seakan Anda berbicara dengan orang lain. Posisikan diri Anda di bagian tengah depan kamera vlog dengan postur yang baik.

Jika rekaman vlog seleksi, lakukan editing untuk hasil terbaik. Langkah yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah membuat judul menarik dan mengoptimasi video supaya mudah ditemukan di Google.

Selanjutnya Anda bisa membagikan vlog traveling ke audiens melalui akun media sosial yang dimiliki.

Ada banyak merek ternama yang menawarkan kualitas kamera vlog mumpuni. Spesifikasi dan fitur yang ditawarkan setiap kamera berbeda.

Jadi Anda harus memperhatikannya secara jeli. Anda juga bisa menyesuaikannya berdasarkan budget yang tersedia.

Sekarang ini, semua orang dapat membuat konten karena telah tersedia platform untuk menampung. Selain itu, alat yang dibutuhkan sudah semakin mudah untuk menjangkaunya. Pasalnya alat yang paling utama hanyalah kamera.

Kebanyakan orang berpatokan pada megapiksel saat memilih kamera vlog. Akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena untuk memproduksi video, yang lebih dibutuhkan adalah resolusi.

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of