KATA OMED

8 Kota Terbesar Di Kalimantan Barat Berdasarkan Jumlah Penduduknya

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di pulau Kalimantan dengan ibu kota atau pusat pemerintahan berada di kota Pontianak.

Luas wilayah provinsi Kalimantan Barat sendiri mencapai 147.307,00 km² dan merupakan provinsi terluas keempat di Indonesia setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Pada tahun 2020, jumlah penduduk Kalimantan Barat mencapai 5.414.390 jiwa dengan kepadatan 37 jiwa/km2.

Baca juga :

peta kalimantan barat

peta kalimantan barat

Kalimantan Barat dijuluki provinsi “Seribu Sungai”. Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dan sering dilayari.

Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan. Kalimantan Barat juga berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak Malaysia.

Berikut ini adalah Daftar 8 Kota Terbesar Di Kalimantan Barat Berdasarkan Jumlah Penduduknya :

1. Kota Pontianak – 655.572 Jiwa

Kota Pontianak Malam Hari

Kota Pontianak Malam Hari – foto ig @winmarts

Kota Pontianak  Adalah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota Ini Dikenal Sebagai Kota Khatulistiwa Karena Dilalui Garis Khatulistiwa.

Di Utara Kota Pontianak, Tepatnya Siantan, Terdapat Tugu Khatulistiwa Yang Dibangun Pada Tempat Yang Dilalui Garis Khatulistiwa.

Selain Itu, Kota Pontianak Dilalui Oleh Sungai Kapuas Dan Sungai Landak. Kedua Sungai Itu Diabadikan Dalam Lambang Kota Pontianak.

Kota Pontianak Terdiri Dari 6 Kecamatan Dan 29 Kelurahan. Pada Tahun 2017, Jumlah Penduduknya Mencapai 655.572 Jiwa Dengan Luas Wilayah 107,80 Km² Dan Sebaran Penduduk 6.081 Jiwa/Km².

Kota Pontianak Memiliki Beberapa Julukan, Seperti Kota Khatulistiwa, Kota Seribu Parit Dan Pontianak Kota Bersinar.

2. Kota Singkawang – 246.306 Jiwa

Singkawang Grandmall kalbar

Singkawang Grandmall kalbar – foto tribunkalbar

Kota Singkawang Adalah Sebuah Kota (Kotamadya) Di Kalimantan Barat, Indonesia. Kota Ini Terletak Sekitar 145 Km Sebelah Utara Dari Kota Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, Dan Dikelilingi Oleh Pegunungan Pasi, Poteng, Dan Sakok.

Nama Singkawang Berasal Dari Bahasa Hakka, San Khew Jong Yang Mengacu Pada Sebuah Kota Di Bukit Dekat Laut Dan Estuari.

Kota Singkawang Merupakan Salah Satu Pecinan Di Indonesia Karena Mayoritas Penduduknya Adalah Orang Hakka (Dengan Persentase Sekitar 42%) Dan Selebihnya Adalah Orang Melayu, Dayak, Tio Ciu, Jawa Dan Pendatang Lainnya.

Populasi Penduduknya Terus Mengalami Peningkatan Setiap Tahun Dengan Laju Pertumbuhan Penduduk Pada Tahun 2006 Adalah 5,6 Persen.

Berdasarkan Data Dinas Sosial Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Singkawang Pada Tahun 2011, Tercatat Jumlah Penduduk Sebanyak 246.306 Jiwa.

3. Kota Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya –  230,930 Jiwa

Kota Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya

Kota Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya

Sungai Raya Merupakan Kecamatan Di Kabupaten Kubu Raya Yang Memiliki Luas Wilayah 929,30 Km² Dan Terdiri Dari 20 Desa.

Luas Wilayahnya Ini Hampir 13 Persen Dari Luas Kabupaten Kubu Raya Dengan Jumlah Penduduk Hingga Semester I 2018 Sejumlah 230,930 Jiwa Dengan Perbandingan 118,451 Laki-Laki Dan 112,479 Perempuan.

Adapun Batas Wilayah Kecamatan Sungai Raya, Bagian Utara Berbatasan Dengan, Kota Pontianak Dan Kecamatan Sungai Ambawang.

Di Sebelah Selatan Berbatasan Dengan Kecamatan Kubu Dan Kecamatan Terentang. Di Sebelah Barat Dengan Kecamatan Sungai Kakap Dan Sebelah Timur Berbatasan Dengan Kabupaten Sanggau.

Kabupaten Kubu Raya Sendiri Adalah Salah Satu Kabupaten Yang Berada Di Provinsi Kalimantan Barat. Ibu Kotanya Kabupaten Kubu Raya Berada Di Kecamatan Sungai Raya, Dan Memiliki Luas Wilayah 6.985,24 Km2 Dan Berpenduduk Sebanyak Jiwa 609.392 Jiwa (2020).

Kabupaten Ini Merupakan Pemekaran Dari Kabupaten Mempawah.  Kabupaten Kubu Raya Secara Umum Merupakan Daerah Dataran Yang Relatif Datar Dengan Garis Pantai Sepanjang 149 Km.

4. Kota Ketapang – 151,961 Jiwa

kota ketapang kalimantan barat

kota ketapang kalimantan barat – foto monga.id

Ketapang Adalah Sebuah Kota Yang Terletak Di Provinsi Kalimantan Barat. Secara Administratif, Kota Ketapang Bukanlah Suatu Kota Namun Kecamatan Delta Pawan Yang Menjadi Pusat Pemerintahan Dan Pusat Perdagangan Bagi Kabupaten Ketapang.

Kota Ini Teletak Di 1°51′S 109°59′E, Di Delta Sungai Pawan, Di Pulau Kalimantan. Pendapatan Utama Kota Ketapang Berasal Dari Bisnis Kayu, Pertambangan, Perkebunan Kelapa Sawit, Sarang Burung Walet, Dan Jasa Perdagangan.

Pendapatan Utama Kota Ketapang Berasal Dari Bisnis Kayu, Pertambangan, Perkebunan Kelapa Sawit, Sarang Burung Walet, Dan Jasa Perdagangan.

Kota Ketapang Adalah Kota Yang Multi Suku Dan Etnis. Mayoritas Melayu Dan Suku Dayak Serta Tionghua Yang Merupakan Tiga Suku Terbesar Di Kota Ini. Selain Itu Juga Ada Suku Jawa Dan Madura.

Orang Melayu Menggunakan Dialek Melayu Seperti Yang Terdapat Di Negara Malaysia, Sedangkan Dayak Berbagai Macam Jenis Bahasa Dayak, Seperti Ahe, Iban Dan Orang Tionghua.

5. Kota Mempawah – 77,381 Jiwa

kota mempawah

kota mempawah – foto youtube Susanto Gunawan

Kota Mempawah Adalah Ibu Kota Kabupaten Mempawah Yang Memiliki Julukan Kota Bestari Atau Bumi Galaherang Dengan Luas 264,40 Km2.

Kota Ini Terletak Di Jalur Perdagangan Antara Pontianak,Singkawang Dan Sambas Dengan Jumlah Penduduk Mencapai 77,381 Jiwa.

Kota Ini Terdiri Dari 9 Kecamatan Yaitu Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Sungai Kunyit, Sungai Pinyuh, Siantan, Segedong, Anjongan, Toho Dan Sadaniang .

Kota Ini Bukan Lah Kota Madya Melainkan Hanya Kota Kabupaten Di Provinsi Kalimantan Barat. Kota Ini Di Belah Oleh Sungai Mempawah Yang Membagi Kota Ini Menjadi 2 Bagian Yaitu Hilir Dan Timur

6. Kota Ngabang Kabupaten Landak – 76.990 Jiwa

Kota Ngabang

Kota Ngabang

Ngabang Adalah Sebuah Kecamatan Yang Berada Di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Kecamatan Ngabang Juga Merupakan Ibukota Dari Kabupaten Landak Sehingga Semua Jenis Aktivitas Ekonomi, Fasilitas Umum Dan Transportasi Serta Pemerintahan Kabupaten Landak Berpusat Di Wilayah Ini

Jumlah Penduduk Kecamatan Ini Berjumlah 76.990 (2020), Dengan Luas Wilayah 1.148,10 Km², Dan Kepadatan Penduduk 67,06 Jiwa/Km².

Ditengah Kota Ngabang Mengalir Sebuah Sungai Yaitu Sungai Landak Yang Membelah Pusat Kota Ngabang. Kota Ngabang Berjarak 81 Km Ke Arah Timur Laut Dari Kota Pontianak.

Kota Ngabang Dilintasi Dua Jalur Vital Yakni Jalan Trans Kalimantan Serta Jalan Lintas Negara. Di Atas Sungai Landak Juga Terdapat Dua Buah Jembatan Yang Menghubungkan Antara Kedua Daerah Yakni Ngabang Barat Dan Ngabang Timur.

7. Kota Sambas – 52.538 Jiwa

kota sambas

kota sambas

Sambas Adalah Sebuah Kecamatan Sekaligus Ibu Kota Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. Kota Sambas Secara Geografis Terletak Hampir Di Tengah-Tengah Wilayah Kabupaten Sambas.

Kecamatan Sambas Memiliki Luas Wilayah 246,66 Km², Dengan Jumlah Penduduk 52.538 Jiwa (2020) Dan Kepadatan Penduduk 213,00 Jiwa/Km².

Masyarakat Kota Sambas Didominasi Oleh Suku Melayu, Yaitu Melayu Sambas.  Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Sambas Tahun 2020 Mencatat Bahwa 88,14% Penduduknya Memeluk Agama Islam, Kemudian Budha 7,79%, Kekristenan 3,86% (Katolik 2,55% Dan Protestan 1,31%) Dan Konghucu 0,21%.

8. Kota Sintang – 59,410 Jiwa

kota sintang kalimantan barat

kota sintang kalimantan barat – foto ig @markariuskrismade

Sintang Adalah Sebuah Kecamatan Di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Dan Juga Merupakan Ibu Kota Kabupaten Sintang.

Kabupaten Sintang Memiliki Luas Wilayah 21.638,00 Km² Dan Berpenduduk Sebesar 418.785 Jiwa (2020). Kepadatan Penduduk 19,35 Jiwa/Km2 Yang Terdiri Dari Multietnis Dengan Mayoritas Suku Dayak Dan Melayu.

Daerah Pemerintahan Kabupaten Sintang, Pada Tahun 2018, Terbagi Menjadi 14 Kecamatan, 16 Kelurahan, Dan 361 Desa.

Kecamatan Terluas Adalah Kecamatan Ambalau Dengan Luas 29,52 Persen Dari Total Luas Wilayah Kabupaten Sintang, Sedangkan Luas Masing–Masing Kecamatan Lainnya Hanya Berkisar 1–29 Persen Dari Luas Kabupaten Sintang.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of