KATA OMED

7 Tempat Wisata Di Pulau Sabu NTT Yang Bisa Dikunjungi

Published · Updated

Pulau Sabu Adalah Satu Pulau Indah Yang Berada Di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pulau Sabu Atau Juga Yang Sering Disebut Pulau Sawu Adalah Terletak Di Sebelah Selatan Perairan Laut Sawu Di Sebelah Timur Pulau Sumba Dan Sebelah Barat Pulau Rote.

Secara Administratif, Pulau Sabu Ini Termasuk Wilayah Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia Yang Memiliki Luas Sekitar Adalah 414 Km².

peta pulau sabu

peta pulau sabu

Kabupaten Sabu Raijua sendiri merupakan Daerah Otonom baru yang terbentuk pada tahun 2008 lalu dan merupakan bagian dari pemekaran Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk sampai di pulau sabu, kalian bisa menggunakan banyak alternatif transportasi mulai dari pesawat maupun menggunakan kapal laut. nah untuk lengkap info menuju pulau sabu, silahkan simak ulasanya disini : cara ke pulau sabu

Nah, Di Artikel Kali Ini Akan Dijelaskan Beberapa Tempat Wisata Yang Hits Di Pulau Sabu NTT. Semuanya Pasti Layak Dikunjungi Karena Memiliki Keunikan Dan Pesona Tersendiri. Yuk Simak Ulasannya Berikut Ini :

1. Desa Raeloro / Kampung Adat Namata

kampung adat namata pulau sabu

kampung adat namata pulau sabu

Tempat wisata Pulau Sabu yang pertama yang bisa kalian datangi adalah Desa Raeloro atau yang lebih dikenal dengan nama kampung adat namata adalah tempat wisata di Pulau Sabu NTT yang mengelaborasikan antara wisata alam dengan wisata budaya.

Pasalnya, selain alamnya asri dan indah, di kampung adat Namata juga dipenuhi dengan acara adat dan ritual masyarakat setempat. Bahkan, di kampung adat namata ini juga kalian bisa mengenal sejarah Pulau Sabu NTT secara lengkap.

Salah satu keunikan Desa Raeloro Pulau Sabu Raijua yang berikutnya ialah, traveler bisa belajar untuk menenun.

Tidak tanggung-tanggung yang akan mengajarinya adalah pengusahanya sendiri yang merupakan masyarkat setempat di sana.

Selain Itu Juga Kita Bisa Mencoba Mengenakan Pakaian Adat Khas Kampung Adat Namata Atau Khas Sabu.

2. Pantai Hailape

Pantai Hailape pulau sabu

Pantai Hailape pulau sabu – foto ig @habalena_yao

Tempat wisata Pulau Sabu yang kedua yang bisa kalian kunjungi adalah Pantai Hailape Sempruna. Ini merupakan destinasi wisata alam yang luar biasa dengan berbagai spot alami yang instagenik.

Selain itu, di pantai ini kalian bisa berenang sepuasnya karena ombak tidak terlalu kencang.

Keunikan berikutnya ialah Pantai Hailape berpagar batu karang dengan berbagai ukuran. Jika dilihat dari kejauhan terlihat seperti raksasa yang menjaga air laut supaya tidak tumpah ke daratan.

Nah, angle inilah yang paling disukai pengunjung untuk dijadikan latar foto selfie.

3. Bukit Lede Pemulu

Bukit Lede Pemulu

Bukit Lede Pemulu – foto ig @richodacosta

Tempat wisata di Pulau Sabu Raijua yang ketiga adalah Bukit Lede Pemulu. Ini merupakan wisata perbukitan yang lapang dengan kontur tanahnya tepat menghadap pada laut lepas.

Maka dari itu, banyak masyarakat yang datang ke tempat ini hanya untuk menikmati sunsite dan sunrise.

Jika datang ke Lede Pemulu jangan lupa untuk membawa tenda untuk bermalam. Karena suasana malam di puncak sangat luar biasa apalagi jika mendatanginya ketika bulan purnama dan langit bersih.

Sekalipun demikian pastikan sebelum melakukannya meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola wisata.

4. Gua Mabala

Gua Mabala pulau sabu

Gua Mabala pulau sabu – foto ig @kataomed

Situs Gua Alam Lie Mabala Atau Singkatnya Disebut Gua Lie Mabala Adalah Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sabu Yang Banyak Didatangi Wisatawan Selain Klabba Madja.

Gua Mabala Ini Berada Di Desa Eimau Kecamatan Sabu Tengah Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi NTT.

Akses Menuju Gua Mabala Juga Sudah Cukup Baik. Gua Mabala Dapat Ditempuh Dengan Berkendara Sekitar 20-30 Menit Dari Kota Seba Yang Menjadi Ibu Kota Dari Kabupaten Sabu Raijua.

Gua Mabala Menjadi Sangat Menarik Karena Memiliki Banyak Sekali Kelebihan Yakni Salah Satunya Pemandangan Didalam Gua Yang Terlihat Dengan Jelas Tanpa Perlu Penerangan Lampu.

Hal Ini Dikarenakan Cahaya-Cahaya Dari Luar Atau Dari Langit Langsung Turun Kedalam Area Gua Sehingga Saat Kita Berada Didalam Gua Sudah Tidak Terasa Menyeramkan.

5. Pantai Koloudju

Pantai Koloudju pulau sabu

Pantai Koloudju pulau sabu – foto ig @stef.vedo

Pantai Koloudju merupakan pantai indah lainnya yang ada di Pulau Sabu Nusa Tenggara Timur (NTT). Biasanya destinasi ini ramai ketika sudah tiba waktu matahari akan terbenam atau sunsite.

Hal ini wajar karena matahari yang akan terbenam di tengah laut beserta warna emasnya yang temaram menghadirkan suasana yang begitu luar biasa.

Apalagi di sini juga sudah dipenuhi dengan fasilitas wisata yang lengkap. Termasuk spot foto buatan yang jumlahnya mencapai puluhan Unit. Jadi wajar, kalau Pantai Koloudju dianggap ikon wisata di Pulau Sabu.

6. Kelabba Madja

Kelabba Madja Sabu Raijua

Kelabba Madja Sabu Raijua – foto ig @kataomed

Tempat wisata paling eksotis di Pulau Sabu Raijua dan paling terkenal adalah Grand Canyon Calabba Madja atau Kelabba Madja.

Kelabba Madja Ini merupakan satu kawasan perbukitan warna-warni yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi.  Apalagi pihak pengelola sudah mempersiapkan beberapa angle foto berlatar bebatuan yang instagramable.

Grand Canyon Kalabba Madja sendiri adalah jejeran tebing batu yang besar dan menjulang. Uniknya bentuknya melingkar seperti pagar raksasa yang membuat pengunjung seakan berada di negeri antah barantah.

Nah, keunikan berikutnya ialah jika batu tersebut terkena cahaya matahari maka akan membiaskan warna kehijauan.

7. Pantai Rae Mea

Pantai Rae Mea

Pantai Rae Mea – foto ig @alhynda_oktofianus22

Pulau Sabu terkenal dengan pantainnya yang indah. Salah satu pantai indah di pulau sabu yang juga wajib kalian datangi adalah Pantai Rae Mea.

Pantai Raemea terletak di Desa Limaggu, Kecamatan Sabu Timur, Kabupaten Sabu Raijua. Anda bisa mencapai pantai ini dengan menempuh jarak 28 kilometer dari Kota Seba dengan jarak tempuh sekira 50 menit.

Pantai Rae Mea ini memang belum setenar Kelabba Madja yang lebih dulu ngetop sebagai pemenang kategori Surga Tersembunyi Terpopuler yang diselenggarakan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018.

Tapi setelah diadakanya Festival Kelabba Madja Jelajah Pesona Sabu Raijua 9-12 September 2019 lalu, Pantai Rae Mea juga dijadikan sebagai salah satu lokasi festival dan banyak dikunjungi wisatawan.

 

**

Nah kini sudah tahu bukan tempat wisata yang ada di Pulau Sabu NTT. Jadi silakan persiapkan budget kalian sekarang juga untuk bekal mendatanginya.

Jangan lupa untuk singgah ketika pandemi sudah selesai, karena saat ini destinasi masih banyak yang ditutup untuk umum.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of