KATA OMED

Jadwal Kapal Pelni KM Lambelu dari Tarakan Ke Pantoloan Donggala Palu

Pelabuhan Maludung yang barada di pusat kota Tarakan adalah salah satu pelabuhan utama dikota tarakan Provinsi Kalimantan Utara yang melayani rut epelayaran ke kota-kota Besar di Sulawesi dan juga Pulau jawa bahkan kota Provinsi di Kalimantan Juga melalui kapalo Pelni. Ada 2 kapal pelni yang beoperasi melayani salah satu lintasan yakni dari pelabuhan Malundung Tarakan adalah ke pelabuhan Pantoloan Donggala yang ada di Sulawesi Tengah.

kapal pelni km lambelu – foto Radar Tarakan

SEKILAS TENTANG KOTA TARAKAN

Kota Tarakan adalah sebuah kota di Provinsi Terbaru yakni Kalimantan Utara, Indonesia dan juga sekaligus menjadi kota terbesar di Kalimantan Utara saat ini. Kota Tarakan pernah dinobatkan sebagai kota terkaya ke-17 di Indonesia
karena kot aini memiliki banyak sumber energi dan minyak. Kota Tarakan memiliki luas wilayah 250,80 km² dengan jumlah penduduk Kota Tarakan sebanyak 253.026 jiwa.

Pusa Kota Tarakan – foto kaltra.prokla

Tarakan mempunya pelabuhan pelayanan transportasi laut dengan tujuan wilayah lain di Kalimantan Utara dan daerah lainnya di Sulawesi dan pulau Jawa. Bahkan rute pelayaranya juga melayani rute Internasional seperti ke kota Tawau, Sabah di negara Malaysia.

Baca juga dong :

Tercatat ada 4 pelabuhan yang beroperasi di Kota Tarakan yaitu Pelabuhan Tengkayu I, Pelabuhan Tengkayu II, Pelabuhan Malundung dan Pelabuhan Juwata Laut. Untuk Pelabuhan Tengkayu I digunakan sebagai pelabuhan untuk Speed Boat ke wilayah lain di Kalimantan Utara seperti ke Tanjung Selor dan Nunukan. Sementara untuk Pelabuhan Tengkayu II digunakan biasa digunakan sebagai pelabuhan bongkar muat barang karena lokasianya sangat dekat sekali dengan pusat kota Tarakan.

Pelabuhan Malundung Tarakan – Pelitanews.co.id

Selanjutnya adalah Pelabuhan Malundung yang digunakan sebagai pelabuhan untuk kapal besar seperti kapal pelni tujuan Jawa, Sulawesi dan Malaysia. Jarak Pelabuhan Maludung dari pusat kota Tarakan juga cukup dekat yakni hanya sekitar 1,5 km. Terakhir adalah Pelabuhan Juwata Laut yang baru saja dibangun digunakan sebagai pelabuhan kapal roro Ferry. Pelabuhan jauwata ini lokasinya cukup jauh dari pusat kota tarakan yakni sekitar 10 km.

TENTANG PELABUHAN PANTOLOAN DONGGALA

Pelabuhan Pantoloan adalah salah satu pelabuhan yang dulunya terdapat di Kota Palu dan karena telah dipindahkan lokasinya ke Donggala maka pelabuhan Pantoloan kini lebih dikenal sebagai pelabuhan Donggala, Sulawesi Tengah.  Secara administratif, Pelabuhan Pantoloan termasuk ke dalam Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu. Nama Pantoloan sendiri di ambil dari nama Kelurahan tempat pelabuhan ini berada, di pelabuhan ini juga terdapat terminal peti kemas.

Baca juga :

pelabuhan-pantoloan Donggala – foto makassar.tribunnews.com

Pantoloan merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di Provinsi Sulawesi Tengah dan juga sebagai pusat perdagangan menuju kawasan Indonesia bagian timur.Pelabuhan pantoloan merupakan pelabuhan utama di propinsi sulawesi tengah yang terbuka untuk pelayaran dalam dan luar negeri sekaligus merupakan pintu gerbang utama perekonomian Propinsi Sulawesi Tengah.

Pelni Tarakan ke Donggala

Berikut ini adalah jadwal keberangkatan kapal dari Tarakan menuju Pelabuhan Pantoloan Donggala yang berlayar 1 kali sebulan menggunakan kapal pelni KM Lambelu.

Rute pelayaran: TARAKAN – NUNUKAN – PANTOLOAN (DONGGALA)
Nama Kapal : KM.LAMBELU
Berangkat dari pelabuhan Maludung Tarakan : 29-06-2019 pukul 09:00
Tiba di pelabuhan Pantoloan Donggala : 30-06-2019 pukul 13:00
Tarifpenumpang kapal KM Lambelu dari Tarakan ke Donggala: Rp 326.000 Rp 38.000

Baca Juga :

Pelabuhan Parepare Sulsel – foto koleksifotolandscap

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
5. Jadwal kapal diatas hanya contoh Sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of