KATA OMED

Jadwal dan Info Keberangkatan Kapal Pelni dari Tanjung Emas Semarang ke Sampit September 2019

Pelabuhan Tanjung Emas adalah sebuah pelabuhan Besar yang ada di Semarang Ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Pelabuhan Tanjung Emas atau Tanjung Mas, dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sejak tahun 1985. Pelabuhan ini merupakan satu-satunya pelabuhan di Kota Semarang. Pelabuhan Tanjung Emas ke arah Tugu Muda Semarang berjarak sekitar 5 km atau kira-kira 30 menit dengan kendaraan sepeda motor/mobil.

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang – foto medcom

Fasilitas-fasilitas yang berada di pelabuhan Tanjung Emas antara lain: 1. Pemecah Gelombang 2. Alur Pelayaran 3. Kolam Pelabuhan 4. Dermaga 5. Fender 6. Gudang 7. Terminal seluas 3000 m². Fasilitas Dermaga pada pelabuhan ini: Nusantara, Pelabuhan Dalam II, Dermaga Gd. VII, DUKS PLTU, DUKS Pertamina, DUKS BEST, serta DUKS Sriboga.

Pelabuhan Tanjung Emas juga didukung dengan peralatan: Kapal Tunda, Kapal Pandu, Kapal Kepil, Gudang, Lapangan Penumpukan dan alat Bongkat, serta dengan pelayanan meliputi Pelayanan Kapal, Pelayanan Barang, Pelayanan Terminal, Palayanan Tanah, Bangunan, Air, dan Listrik (wikipedia).

Baca Juga : Jadwal lengkap keberangjatan kapal Pelni dari Surabaya ke Balikpapan

Pelabuhan Tanjung Mas – foto emaritim

SEMARANG – SAMPIT

Sampit adalah ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur di Kalimantan Tengah, Indonesia. Sampit merupakan salah satu permukiman tertua di Kabupaten Kotawaringin Timur. Sampit sebagai ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan salah satu kota terpenting di Provinsi Kalimantan Tengah. Di samping karena secara ekonomis merupakan daerah kabupaten yang relatif maju juga karena terletak di posisi yang strategis.

Baca Juga : Mau Liburan ke Sampit, Kunjungi destinasi wisata ini

Sampit adalah kota ditepian Sungai dan Muara – foto kompasiana

Dilihat dari peta regional Kalimantan Tengah, kota Sampit sebelumnya terletak di tengah-tengah dan ini menyebabkan posisinya sangat strategis. Misalnya, warga dari Buntok mau ke Pulau Jawa, maka akan lebih dekat jika melewati Kota Sampit daripada harus ke Kota Banjarmasin.

Begitu pun kalau dari Palangkaraya, Kuala Pembuang, maupun Kasongan. Jadi, posisi strategis tersebut akan meningkatkan keunggulan komparatif pelabuhan laut Sampit yang dimiliki daerah ini, terutama akan menarik perekonomian dari kabupaten yang ada di sekitar wilayah Kotawaringin Timur (wikipedia).

Baca Juga yaUniknya icon baru sampit ini, lokasinya tepat ditepian sungai mentaya

Bundaran Kota Sampit – foto situsbudaya

Saat ini tercatat ada 4 kapal pelni yang beroperasi melayani rute Semarang ke Sampit maupun Sampit ke Semarang. Keempat kapal tersebut adalah KM Leuser, Km Kelimutu, Km Egon dan KM Lawit. Masing2 Kapal pelni tersebut memilki jadwalnya sendiri-sendiru disetiap minggunya. Berikut ini detail infonya.

Via Kapal KM.LEUSER

Kapal : KM.LEUSER
Berangkat : 16-06-2019 pukul 12:00
Tiba : 17-06-2019 pukul 18:00
Tarif : Dewasa Rp 218.000 dan Anak2 Rp 26.000

Via kapal KM.KELIMUTU

Kapal : KM.KELIMUTU
Berangkat : 23-06-2019 pukul 05:00
Tiba : 24-06-2019 pukul 12:00
Tarif : Dewasa Rp 653.000 dan Anak2 Rp 69.000

Via kapal KM.EGON

Kapal : KM.EGON
Berangkat : 24-06-2019 pukil 12:00
Tiba : 25-06-2019 pukul 14:00
Tarif : Dewasa Rp 218.000 dan Anak2 Rp 26.000

Via Kapal KM.LAWIT

Kapal : KM.LAWIT
Berangkat : 28-06-2019 Pukul 04:00
Tiba : 29-06-2019 pukul 15:00
Tarif : Dewasa Rp 218.000 dan Anak2 Rp 26.000

Baca juga : Museum Kayu Sampit, Bukti jika kota ini pernah berjaya dengan Perkayuan di Indonesia

Lalu lintas kapal disungai Mentaya pelabuhan Sampit

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
5. Jadwal kapal diatas hanya contoh sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of