Mengenal Suku Minangkabau Di Istana Pagaruyung, Catat Harga Tiket Dan Lokasinya

Bagi Orang Minangkabau Atau Warga Sumatera Barat, Kawasan Istana Pagaruyung Adalah Salah Satu Tempat Penting Yang Harus Tetap Dijaga Dan Dibangun Meski Istana Ini Pernah Terbakar Beberapa Kali.

Pasalnya Istana Pagaruyung Merupakan Simbol Kejayaannya Kerjaan Suku Minangkabau Atau Biasa Disebut Kerjaan Pagaruyung Yakni Pada Masa Raja Adityawarman Berkuasa.

Baca juga :

istana pagaruyung

istana pagaruyung

Istana Pagaruyung atau yang biasa dikenal sebagai Istana Basa Paguruyung Ini Hanya Berjarak Kurang Lebih 5 Kilometer Dari Pusat Kota Batusangkar Dan Lokasinya Tepat Berada Ditepi Jalan Raya.

Sebagai Pusat Kebudayaan Suku Minangkabau Dan Juga Wisata Budaya Yang Diunggulkan Pemerintahan Sumatera Barat, Istana Pagaruyung Bisa Dibilang Menjadi Salah Satu Istana Termegah Dan Terlengkap Fasilitasnya.

Istana Basa Paguruyung di batusangkar

Istana Basa Paguruyung di batusangkar

Apalagi Sebagai Pusat Wisata Ddan Budaya, Istana Ini Bisa Dengan Leluasa Dikunjungi Oleh Siapa Saja Dengan Hanya Membayar Tiket Masuk.

Lokasi Istana Pagaruyung

Lokasi Istana Pagaruyung sendiri berada di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Istana Basa Paguruyung

Istana Basa Paguruyung

Lokasi tepatnya Istana Basa Paguruyung ini berada di Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Tj. Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27281.

Istana ini berjarak kurang lebih 5 kilometer dari pusat kota Batusangkar atau jika dari kota Padang dibutuhkan waktu sekitar 4-5 Jam perjalanan darat.

Jika Kalian Ingin Datang Kesini Bisa Mengikuti Google Maps Dan Jalanya Sangat Bagus Bisa Dilalui Kendaraan Roda Dua Atau Roda Empat.

Bangunan Istana Pagaruyung

bagian dalam istana pagaruyung

bagian dalam istana pagaruyung

Istana Pagaruyung atau Istana Basa Paguruyung memiliki tiga lantai dengan 72 tiang dan gonjong seperti pada umumnya Rumah Gadang, yang dilengkungkan serupa tanduk dari 26 ton serat ijuk.

Didalam istano Basa Pagaruyung ini kita bisa melihat semua hal tentang kehidupan Suku Minangkabau baik dari Pakaiannya, Sejarahnya hingga tatanan kehidupan asli Suku Minangkabau.

ornamen istana pagaruyung

ornamen istana pagaruyung

berbagai properti kehidupan masyarat suku minangkabau

berbagai properti kehidupan masyarat suku minangkabau

Istana ini juga dilengkapi dengan lebih dari 100 replika furnitur dan artefak antik khas Minang yang bertujuan agar bisa menjadi pusat budaya Minangkabau serta objek wisata di Sumatera Barat.

Sejarah Istana Pagaruyung

Istana Basa Paguruyung tampak dari samping

Istana Basa Paguruyung tampak dari samping

Sejarah Mencatat Pada Tahun 1837 Istana Pagaruyung Ini Pernah Terbakar Akibat Perang Padri.

Kemudian Setelah Dibangun Kembali Tepatnya Pada Tahun 1966 Istana Ini Kembali Terbakar Dan Terakhir Pada Tahun 2007 Lalu, Kemegahan Istana Ini Harus Kembali Terbakar Hingga Akhirnya Selesai Dibangun Ulang Dan Terlihat Seperti Sekarang.

Demi Menjaga Eksistensi Budaya Restorasi Istana Basa Paguruyung Akhirnya Dilakukan Dengan Ditandai Dengan Pendirian Tunggak Tuo (Tiang Utama) Pada 27 Desember 1976 Oleh Gubernur Sumatra Barat Harun Zen.

rumah adat suku minangkabau di kawasan istana pagaruyung

rumah adat suku minangkabau di kawasan istana pagaruyung

Setelah Selesai Dibangun Kembali, Istana Pagaruyung Menjadi Lebih Dikenal Publik Sebagai Tempat Kunjungan Wisata Dan Museum Budaya.

Istana Pagaruyung Ini Tidak Dibangun Pada Situs Aslinya Tetapi Berpindah Lebih Selatan Dari Situs Aslinya.

kerbau tanda sejarah suku minangkabau

kerbau tanda sejarah suku minangkabau

Kebakarn Hebat Yang Sering Melanda Istana Agaruyung Ini Membuat Penjagaan Semakin Ketat. Kebakaran Terakhir Pada Tahun 2007  Silam Membuat Emerintah Harus Membangun Ulang Dengan Biaya Pendirian Kembali Istana Mencapai Lebih Dari Rp 20 Miliar.

Istana Pagaruyung Akhirnya Selesai Dibangun Selama Enam Tahun Dan Diresmikan Oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono Pada Oktober 2013.

Harga tiket masuk Istana Pagaruyung & Jam Operasional

Oh ya HTM atau  hargaTiket Masuk Istana Pagaruyung bisa dibilang cukup murah dan terjangkau semua kalangan yakni Dewasa dikenakan Rp 15.000 dan untuk Anak-anak dikenakan Tarif 7500.

Sementara Untuk Jam Operasional Istana Basa Paguruyung Yakni Setiap Hari Dari Senin – Minggu Mulai Pukul 07.30 Hingga 17.00 Sore.

banyak bangunan khas suku minangkabau dibangun di kawasan istana pagaruyung

banyak bangunan khas suku minangkabau dibangun di kawasan istana pagaruyung

Usahakan Datang Pada Pagi / Siang Hari Karena Kalian Bisa Berlama-Lama Di Istana Ini Mengingat Luasnya Bangunan Istana Yang Membuat Kalian Harus Eksplore Kawasan Istana Lebih Lama.

Apalagi Banyaknya Spot Foto Semakin Membuat Kalian Betah Berlama-Lama Ditempat Ini.

Sewa Pakaian Adat Minangkabau Di Istana Pagaruyung

foto di istana pagaruyung

foto di istana pagaruyung

Nah Yang Paling Menarik Dari Istana Pagaruyung Ini Selain Mengenal Kebudayaan Minangkabau Juga Bisa Mencoba Beragam Pakaian Adat Suku Minangkabau.

Beragam Jenis Pakaian Sesuai Dengan Status Mulai Dari Pakian Adat Raja,  Pakian Permai Suri, Datuk Hingga Pakaian Adat Minang Untuk Pengantin.

Harga Sewanya Juga Beragam Dan Murah Seperti Misalnya Baju Datuk Yang Saya Kenakan Ini Hanya Menyewa Rp 30.000 Saja Sedangkan Semakin Tinggi Level Baju Yang Dikenakan Harganya Semakin Mahal Hingga Ratusan Ribu.

Tapi Yang Jelas, Jika Kalian Sewa Baju Di Kawasan Pengelolaan Istana Pagaruyung Ini Kalian Akan Semakin Merasakan Kebudayaan Suku Minangkabau.

Apalagi Jika Kalian Swa Foto Dengan Latar Istana Pagaruyung Yang Megah Maka Akan Semakin Keceh Hasil Jepretanya.

 

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of