KATA OMED

Istana Pangeran Mangkubumi, Wisata Sejarah di Pangkalanbun

Istana Pangeran Adipati Mangkubumi atau Rumah kediaman Pangeran Adipati Mangkubumi adalah salah satu Istana atau tempat bersejarah yang ada di kota Pangkalanbun Kabupaten Kotawaringin Barat, provinsi Kalimantan Tengah.

Banyak wisatawan yang datang ke Pangkalanbun hanya lebih mengenal Istana Kuning dibanding Istana Pangeran Adipati Mangkubumi. Wajar sih secara lokasi, Istana Kuning berada dipusat kota dan tepi jalan hingga nampak dari kejauhan saat kita melintasi didepanya.

Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Begitupun dengan seaya yang awalnya memang tidak tau dan tidak mengenal keberadaan Istana Pangeran Adipati Mangkubumi ini. Beruntung setelah saya explore Taman Nasional Tanjung Puting beberapa hari sebelumnya bersama teman-teman dari Bacpacker Jakarta, Ka Yuli dan Ka Chacha membawa saya ke Istana Pangeran Adipati Mangkubumi ini.

Sekilas Tentang Sejarah Istana Mangkubumi

Rumah atau Istana Pangeran Adipati Mangkubumi ini diperkirakan dibangun pada tahun 1850 dan merupakan rumah pribadi warisan Ratu Kuning (Ratu Adipati Mangkubumi I) yang berasal dari warisan orang tuanya yaitu Pangeran Ratu Anum Kesumayuda.

Baca Juga ya :

Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Rumah ini bukan rumah pejabat kerajaan, melainkan rumah tempat tinggal pribadi yang dimiliki dan ditempati oleh Pangeran Adipati Mangkubumi Kerajaan Kotawaringin. Pangeran Adipati Mangkubumi adalah mantu dari Pangeran Ratu Anum Kesumayuda yang merupakan sultan ke-XI dari Kerajaan Kotawaringin (1865-1904).

Pada masa revolusi, Istana Pangeran Adipati Mangkubumi digunakan sebagai tempat persembunyian pejuang ekspedisi I (Rahadi Usman CS) dari tahun 1946-1949 yang terutama berasal dari pejuang luar daerah yang akan melanjutkan perjalanan ke Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan melalui rumah-rumah penduduk.

Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi

Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi

Menurut keterangan dari beberapa ahli warisnya, rumah tradisional di Kotawaringin khususnya yang berada di Kota Pangkalan Bun memiliki bentuk yang hampir sama dengan banguan tradisional yang ada di Kotawaringin Lama. Sepertinya peran Kyai Gede yang berasal dari Jawa (Demak) sangat berpengaruh dalam konsep pembuatan rumah di kawasan ini.

Mungkin sebelumnya kalian sudah membaca tentang wisata bersejarah yang ada dikawasan Kotawaringin Lama seperti Astana Alnursari atau Masjid Kyai Gede yang menjadi salah satu tokoh penting dalam penyebaran agam islam di Tanah Kotawaringin dan dia berasal dari Demak Pulau Jawa.

Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi

Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi

Saat ini Kondisi rumah Pangeran Adipati Mangkubumi masih terlihat utuh dan cukup terawat dengan baik. Meski saat ini  Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi sudah tidak dihuni dan masih perlu perhatian serta perawatan yang konsisten agar tetap bertahan ditengah gempuran usia.

Oh ya salah satu Juru jaga Istana Pangeran Adipati Mangkubumi bernama Gusti Samudera SE bertugas mengawasi cagar budaya dan lingkungan sekitar dari ancaman kerusakan atau kehilangan. Biasanya orang yang datang ke Pangeran Adipati Mangkubumi ini harus meminta izin beliau terlebih dahulu.

Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Lokasi Istana Pangeran Mangkubumi

Secara administrasi atau secara Lokasi, Istana Pangeran Adipati Mangkubumi berada di Desa Raja, Kota Pangkalan Bun, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Sedangkan secara astronomis berada pada 10 19’-30 36’ Lintang Selatan dan 1100 25’-1120 50’ Bujur Timur. Untuk lebih jelasnya bisa kalian liat Maps dibawah ini :

Lokasi Istana Pangeran Adipati Mangkubumi memang masih berada dipusat kota Pangkalanbun. Jadi kalian gak perlu bingung atau khawatir mengenai lokasinya. Yah meski tidak ada kendaraan umum sejneis angkot namun kalian bisa ke Istana Pangeran Adipati Mangkubumi menggunakan taxi bandara atau Grab yang sekarang sudah tersedia disana (Masih Grab car). Atau jika ingin lebih gampang lagi kalian tinggal naik ojek saja dan minta diantarkan ke Istana Pangeran Adipati Mangkubumi.

Bangunan Istana Pangeran Mangkubumi

Istana Pangeran Adipati Mangkubumi ini merupakan istana dengan bangunan tipe rumah panggung. Struktur pendukung utama Istana Pangeran Adipati Mangkubumi terbuat dari bahan kayu baik itu lantainya, dinding, tiang, hingga atapnya. Kayu yang digunakan adalah jenis kayu ulin kualitas terbaik.

Ruangan Ddidalam Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi

Ruangan didalam Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi

Seperti yang kita tahu jika bangunan rumah tradisional di Kalimantan pada umumnya adalah berbentuk rumah panjang (Lamin), namun bangunan rumah Adipati Mangkubumi ini adalah bangunan dengan bentuk pengembangan dari bangunan tradisional limasan yang pada umumnya adalah bentuk rumah tradisional di Jawa.

Rumah tradisional ini atau Istana Pangeran Adipati Mangkubumi terdiri dari 5 bangunan yaitu; bangunan induk berukuran 21×23 meter, bangunan penerima tamu (semacam pendopo) berukuran 7×13 meter, bangunan tempat tinggal pembantu/pelayan berukuran 8×6,5 meter, bangunan depan berukuran 10×15 meter, dan bangunan dapur serta gudang berukuran 9×5 meter.

Istana Adipati Mangkubumi

Istana Adipati Mangkubumi

Denah bangunan Istana Pangeran Adipati Mangkubumi ini berupa empat persegi panjang berukuran 25,70×20,75 meter, dengan panjang bangunan keseluruhan 95,67 meter, tinggi bangunan utama 8,20 meter, bentuknya berkolong (panggung) ± 1,40 meter dari permukaan tanah, dan disangga oleh tiang-tiang utama sebanyak 30 buah tiang berbentuk bulat, dan 14 buah tiang berbentuk segi empat yang langsung ditancapkan ke tanah.

Beberapa potret atau foto masalalu di Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Beberapa potret atau foto masalalu di Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi ini tidak terdapat hiasan alias polos. Satu-satunya hiasan yang ada di Istana Pangeran Adipati Mangkubumi adalah berupa ukiran berbentuk suluran berada di bagian pintu. Ukiran ini dipahat pada pinggiran pintu, dicat warna kuning keemasan, merah, dan hijau.

Ruang Tamu Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Ruang Tamu Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Hal ini dikarenakan kondisi bahan bangunan Istana Pangeran Adipati Mangkubumi yang terbuat dari kayu dan dirasa cukup rentan terhadap cuaca seperti panas, hujan, angin, dan tingkat kelembapan yang sifatnya merusak.

Perabotan Yang ada di Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi

Saat saya masuk kedalam Istana atau rumah ini, saya melihat ada beberapa Perabotan Yang ada di Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi. Seperti halnya rumah umum yang diisi kursi dan meja hingga perabotan seperti barang-barang kehidupan sehari-hari gelas,piring, kendi hingga perabotan memasak.

Perabotan di dalam Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Perabotan di dalam Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Didalam Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi juga ada beberapa ruangan yang digunakan sebagaimana mestinya seperti ruangan Dapur, Ruang Tamu, Ruang Istirahat atau bersantai dan juga Ruang Tidur alias Kamar. Nah kamar yang dulunya digunakan sebagai tempat tidur diisi dengan ranjang, bantal, kasur hingga beberapa pakaian sehari-hari yang sering digunakan oleh Pangeran Adipati Mangkubumi.

Kamar dan Ranjang Pangeran Adipati Mangkubumi

Kamar dan Ranjang Pangeran Adipati Mangkubumi

Beberapa potret masa lalu juga tampak digantung didinding dan menjadi hiasan kamar maupun ruangan-ruangan lainnya. Bahkan saya melihat ada banyak benda atau barang-barang kuno yang cukup unik yang masih ada di Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi seperti Tas Tua dari besi, kendi yang antik, piring antik peninggalan dan pemebrian kerajaan lainnya hingga senjata yang menurut saya cukup mistis.

Perabotan di dalam Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

Perabotan di dalam Istana Pangeran Adipati Mangkubumi

**

Setelah dirasa puas mengelilingi kawasan area dalam Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi, saya dan teman-teman memutuskan untuk berpamitan dan melanjutkan kunjungan ketempat lainnya yang juga tak kalah bersejarahnya yakni Pemandian Tujuh Putri yang lokasinya juga tak jauh dari kediaman Rumah Pangeran Adipati Mangkubumi.

Sumber Refrensi: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of