Wisata Ledok Sambi, Desa Wisata Kaliurang Pakem Yang Bersatu Dengan Alam

Wisata Ledok Sambi – Di Sleman, terdapat sebuah desa wisata yang selalu menjadi daya tarik wisatawan. Desa tersebut bernama Ledok Sambi. Salah satu alasan kenapa desa ini masih ramai hingga sekarang adalah karena kondisinya yang masih alami.

Wisata Ledok Sambi berlokasi di Jalan Kaliurang Km 19,2 Padukuhan Sambi Desa Pakembinangun, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sebuah desa yang memiliki banyak hal  yang tidak boleh kamu lewatkan.

Salah satu pemandangan yang membuat wisatawan takjub ketika pertama kali sampai di Ledok Sambi adalah Gunung Merapi.

baca juga :

wisata ledok sambi

wisata ledok sambi – foto ig @yusnimar12

Wisatawan bisa melihat kemegahan Gunung Merapi serta lahan pesawahan yang membentang sejauh mata memandang. Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi rumah Joglo yang memiliki halaman cukup luas.

Potensi yang dimiliki desa ini memang cukup menjanjikan dan berbeda dengan tempat wisata lain.

Di sini wisatawan benar-benar merasakan seperti apa hidup di desa, suasana di desa, dan kegiatan adat apa saja yang biasanya ada di desa. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen liburanmu di sini.

Aktivitas di Ledok Sambi

camping di ledok sambi

camping di ledok sambi – foto ig @budi_ratna_mawarflorist

Ada beberapa akitivitas yang bisa kamu lakukan selama berlibur di Ledok Sambi, antara lain:

1. Pertanian di ledok sambi

Ledok Sambi merupakan daerah yang terkenal memiliki lahan pertanian yang luas. Bagi kamu yang ingin belajar bagaimana cara bertani yang benar, kamu bisa belajar di sini.

Masyarakat setempat akan dengan senang hati mengajarimu dan memperkenalkan bagaimana cara bercocok tanam yang biasanya dilakukan di desa ini. Bukan hanya bercocok kamu juga akan diajak bagaimana cara membajak sawah.

Bagian inilah yang membuat banyak orang antusias dan ingin merasakan seperti apa rasanya membajak sawah. Kamu juga nanti akan diajarkan bagaimana cara budidaya jamur. Sebuah liburan yang pastinya sangat meyenangkan.

2. Menjelajah alam ledok sambi

Ledok Sambi

Sumber: travelspromo.com

Memiliki panorama yang indah membuat desa ini sayang untuk kamu lewatkan. Wisatawan yang datang ke sini biasanya akan memanfaatkan waktunya untuk menelusuri desa dan melihat apa saja keindahan yang ditawarkan oleh desa tersebut.

Jika kamu berencana melakukan penjelajahan di desa ini, kami sarankan kamu untuk mengajak seorang pemandu. Tujuannya tidak lain agar kamu tidak tersesat dan kamu benar-benar bisa mendapatkan pemandangan yang kamu inginkan.

3. Mengunjungi Peternakan di ledok sambi

ledok sambi – foto ig @teguhsuprayogi

Selain bercocok tanam, wisata Ledok Sambi juga menawarkan beberapa hewan ternak. Kamu bisa datang untuk belajar bagaimana cara memerah sapi yang benar.

Kamu juga bisa belajar bagaimana cara beternak sapi dan menjaganya agar tetap sehat dan mampu menghasilkan susu kualitas terbaik.

4. Outbound di ledok sambi

outbond di ledok sambi

outbond di ledok sambi – foto ig @nurrahmadhakim

Setelah kamu selesai melakukan tiga hal di atas, aktivitas lain yang juga bisa kamu lakukan adalah outbound.

Wisata Ledok Sambi lokasinya tidak jauh dengan Kali Kuning yang membuat wisatawan bisa melakukan kegiatan outbound di sini. Beberapa fasilitas outbound yang tersedia antara lain: meniti tali, flying fox, dan lain sebagainya.

5. wisata budaya di ledok sambi

Beberapa kebudayaan yang masih terjaga hingga sekarang yaitu sadranan, kenduri, ruwahan, dan lain sebagainya. Jika kamu beruntung, kamu bisa ikut melihat atau bahkan berpartisipasi dalam salah satu kegiatan tersebut.

wisata budaya di ledok sambi

wisata budaya di ledok sambi – foto ig @keanu.uci_

Masyarakat yag tinggal di sini memang masih menjaga nilai-nilai kebudayaan dan kebiasaan yang sudah dilakukan selama puluhan atau bahkan ratusan tahun.

Inilah yang bisa menjadi kesempatan emas bagimu untuk menambah wawasan seputar kebudayaan masyarakat Indonesia, khususnya yanga ada di Yogyakarta.

6. Kesenian

Aktivitas yang juga tidak boleh kamu lewatkan dan sudah menjadi kegiatan rutin di desa Ledok Sambi adalah kesenian.

Di sini wisatawan bisa menyaksikan berbagai kegiatan kesenian, seperti karawitan Jawa, wayang kulit, uyon-uyon, dan masih banyak yang lainnya. Kamu juga berkesempatan untuk belajar sekilas tentang beberapa kesenian tersebut.

Rute Menuju Ledok Sambi

Ledok Sambi

Ledok Sambi – Sumber: blog.samanata.id

Setelah mengetahui semua informasi tentang kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di Ledok Sambi, informasi selanjutnya berkaitan dengan akses jalan menuju desa tersebut.

Untuk Lokasi Google Maps Menuju Ledok Sambi, Kalian Bisa Ikuti Arah Maps Dibawah Ini :

Perlu kamu tahu bahwa lokasi desa ini tidak sulit ditemukan dan aksesnya pun cukup mudah. Kamu bisa datang dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Jika kamu berangkat dari UGM, kamu bisa mengarah ke utara dengan melalui Jalan Kaliurang hingga kilometer 19,2. Untuk kamu yang mengunjunginya dengan naik angkutan umum, bisa melalui jalur transportasi Sambi dimulai dari bundaran UGM.

Kamu bisa naik angkutan jurusan Jogya – Kaliurang. Jika masih belum sampai ke lokasi, kamu bisa bertanya ke orang-orang di sana dan mereka akan dengan senang hati menunjukkan arah Desa Ledok Sambi kepadamu.

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of