12 Nama Danau di Pulau Jawa Liburan Seru!

Danau di Pulau Jawa – Mengulas tentang destinasi wisata alam di Indonesia memang tak ada habisnya. Salah satu destinasi yang cukup banyak diminati oleh pemburu liburan tempat-tempat yang unik, adalah danau.

Sebagai wisata alam yang cukup banyak peminatnya, lokasi danau-danau tersebut pun banyak tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Salah satu lokasinya ada di Pulau Jawa.

Nah, nama danau mana sajakah di Pulau Jawa yang kabarnya punya panorama dan keindahan yang luar biasa dan cocok untuk liburan seru? Yuk, kita jelajahi sama-sama!

Baca Juga ya:

1. Danau Situ Patenggang

Sempatkan mengunjungi Danau Situ Patenggang kalau kamu ada di Bandung. Danau indah di tengah hutan pinus yang rimbun. Sensasional!

danau Situ Patenggang Bandung Jawa Barat – Photo By Indonesia Traveler

Situ Patenggang adalah nama sebuah danau eksotik yang terletak di bawah kaki Gunung Patuha.

Tepatnya berada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, keindahan Situ Patenggang sudah tersohor di seluruh penjuru negeri.

Danau yang memiliki permukaan air yang begitu tenang semakin terlihat mempesona karena keberadaannya yang dikelilingi oleh hutan pinus yang tinggi dan rimbun.

Suasana yang tenang serta udara sejuknya dijamin deh, membuat kamu betah berkunjung ke sana.

2. Danau Situ Gede

Jangan lupa ke Danau Situ Gede ya!. Destinasi wisata yang jadi kalangan milenial yang suka jalan-jalan.

Danau Situ Gede Bogor Jawa Barat – Photo By Tribunnews

Di Kota hujan Bogor memang layak disebut juara loh!. Pasalnya, di Kota Hujan ini ternyata memiliki sebuah daya tarik wisata yang luar biasa indahnya.

Disinilah terdapatnya lokasi Situ Gede atau yang lazim juga disebut Telaga Gede atau Danau Gede. Danau yang dikelilingi hutan ini merupakan kawasan obyek wisata seluas 6 hektar.

Mantapnya lagi, tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Bogor.

3. Telaga Warna

Nikmati liburan sambil trekking berpetualang menyusuri goa di Danau Telaga Warna yang memiliki keindahan panorama alamnya

Danau Telaga Dringo Dieng Jawa Tengah – Photo By Super Adventure

Terletak di kawasan Dieng juga, ada sebuah danau yang juga tak kalah tersohor dari Telaga Warna. Namanya Telaga Dringo! Lokasi telaga ini tidak jauh dari Kawah Candradimuka.

Nama “Dringo” berasal dari nama tumbuhan yang banyak tumbuh di sekitar telaga, sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan Telaga Dringo.

Sayangnya akses menuju telaga ini masih terbilang kurang memadai. Namun seperti tidak peduli, jumlah wisatawan yang berkunjung pun tetap banyak lho!

5. Kawah Ijen

kawah ijen banyuwangi

kawah ijen banyuwangi – foto ig @surya_kavy

Danau Asam di Kawah Ijen Banyuwangi yang sudah tersohor ke seluruh penjuru negeri. Merupakan Destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi!

Terletak di kawasan Taman Nasional Baluran, yang jaraknya sekitar 225 km dari Surabaya atau Malang. Jika kamu berasal dari kedua kota tersebut, kamu akan memerlukan waktu sekitar 7 jam berkendara dengan mobil atau sepeda motor.

Untuk dapat menyaksikan danau kawah ini pun, kamu harus terlebih dahulu melakukan pendakian. Namun dijamin deh, rasa lelahmu selama pendakian akan terbayar lunas dengan penampilan panorama Kawah Ijen yang menakjubkan dari atas ketinggian.

6. Danau Ranu Kumbolo

Sejenak luangkan waktu untuk dapat mensyukuri ciptaan Tuhan. Keindahan Danau Ranu Kumbolo akan membuat kamu menyatu dengan alam!

Danau Ranu Kumbolo – Photo By Ngetripkemana

Nama Ranu Kumbolo tentu sudah begitu awam dikalangan para pendaki. Mereka yang pernah mendaki Gunung Semeru setidaknya pernah sejenak transit di danau ini sebelum melanjutkan perjalanan.

Danau yang mempunyai luas area sekitar 15 hektar ini kabarnya memiliki debit air yang selalu deras loh!

Ditempat ini kamu juga dapat merasakan pengalaman tak terlupakan dengan camping sambil menantikan matahari terbit. Momen indah tersebut sayang kalau dilewatkan dan dinikmati, setidaknya seumur hidup sekali.

Dan saat malam tiba, konon gugusan bintang dari galaksi Bima Sakti juga akan terlihat jelas dari sekitar danau ini.

Baca Juga ya:

**

 

Nah, sudahkah kamu menyiapkan diri untuk mengunjungi salah satu danau-danau yang luar ini?

Ayo! Jangan berlama-lama lagi! Segera luangkan dan sempatkan waktu untuk jalan -jalan sambil bertualang ke sana!

Selamat liburan!

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of