Rute Menuju Shoka Bukit Senja, Spot Baru Melihat Sunset Dan Paralayang di Gunung Kidul

Shoka Bukit Senja yang berlokasi di perbatasan antara Gunungkidul dan Bantul, menawarkan suatu wisata perbukitan yang memberikan suatu pemandangan pantai yang cantik. Tempatnya cocok buat pengunjung yang menyukai suasana romantis loh!

Tempat wisata ini sudah ramai dikunjungi, terutama oleh para milenial yang menyukai tempat eksotis dan tempat yang punya banyak spot selfie yang Instagramable.

Baca Juga ya:

Shoka Bukit Senja di Gunung Kidul dan Bantul

Shoka Bukit Senja di Gunung Kidul dan Bantul – foto milik @arkanantafau

Lokasi di bukit romantis ini juga menawarkan pemandangan sunset dan juga view Pantai Parangtritis dari ketinggian.

Tentunya ketika menikmati Sunset dari sisi yang paling tinggi tidak akan terhalang oleh apapun. Sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam dengan bebas merdeka.

Siapa sangka kalau spot selfie yang indah ini dulunya adalah lahan kosong yang sama sekali tidak dijamah oleh umum. Namun berhubung pemilik lokasi ini secara bertahap melakukan penataan lahan, maka muncullah ide untuk membuat lokasi wisata tersebut.

Sunset Shoka Bukit Senja

Sunset Shoka Bukit Senja – foto milik @rizky_anaz

Dan ternyata seiring berjalannya waktu dan juga ramainya media sosial yang berlomba-lomba memamerkan keindahan lokasi ini, perlahan tempat wisata ini menjadi booming terutama bagi para pecinta Instagram yang semakin membuat tempat ini menjadi semakin dikenal oleh para pecinta wisata.

Shoka Bukit Senja, Spot Baru Melihat Paralayang

Salah satu hal yang cukup menarik dari Soka Bukit Senja ini adalah saat diwaktu tertentu kita bisa melihat para pemain Paralayang yang dengan lihai sedang menerbangkan parasutnya disekitar Bukit Senja.

Shoka Bukit Senja spot melihat sunset di bantul dan Gunung Kidul

Shoka Bukit Senja spot melihat sunset di bantul dan Gunung Kidul – foto milik @rxz_wahid

Nah kita sambil bersantai di Soka Bukit Senja ini kita sudah bisa menyaksikan dengan jelas permainan dan ayunan paralayang yang bisa terlihat indah dari kejauhan.

Apalagi menjelang sore, para pemain paralayang yang menerbangkan paralayangnya seolah berpadu dengan senja sore hari dan hembusan angin berpadu dengan keindahan pantai Gunung Kidul semakin membuat betah berlama-lama berada di Soka Bukit Senja.

Lokasi Shoka Bukit Senja

Lokasi Soka Bukit Senja atau keberadaan tempat wisata ini ada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Atau kalian bisa cek google maps dibawah ini :

Rute Menuju Shoka Bukit Senja

Untuk menuju lokasi sampai dengan ke Shoka Bukit Senja, rute termudah menuju Soka Bukit Senja adalah sebagai berikut :

Dibutuhkan perjalanan darat sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta ke arah selatan.

Selain dari Kota Yogyakarta, lokasi wisata tersebut dapat dicapai dengan melakukan perjalanan darat dari Kota Wonosari sejauh 28 km ke arah selatan.

Rute menuju Shoka Bukit Senja

Rute menuju Shoka Bukit Senja – foto milik @shokabukitsenja

Selisih jarak dari dua tempat tersebut tidak begitu banyak, karena lokasi Shoka Bukit Senja yang terletak di perbatasan antara Gunungkidul dan Bantul.

Sesampainya di area parkir paralayang Watugupit, pengunjung akan menemui penunjuk jalan menuju lokasi wisata tersebut. Adapun jarak dari jalan raya menuju lokasi wisata berjarak sekitar 500 meter dengan kondisi jalan yang terbuat dari cor semen.

Jika kamu masih bingung, kamu bisa menggunakan bantuan Google Maps untuk mempermudah perjalanan sesuai maps yang ada di atas.

Fasilitas di Shoka Bukit Senja

Fasilitas yang ada di lokasi wisata Soka Bukit Senja belum terlalu banyak, hanya tersedia dua gazebo, dan beberapa kursi yang tersedia dan dibatasi oleh pagar kayu dan lampu.

Shoka Bukit Senja, Spot Melihat Sunset di Gunung Kidul

Shoka Bukit Senja, Spot Melihat Sunset di Gunung Kidul – foto milik @elisabetiwi

Semua fasilitas ini mengarah ke arah barat, agar dapat melihat sunset yang indah dan pemandangan laut serta deburan ombak yang dapat meneduhkan mata pengunjungnya. Pemilik lokasi wisata ini juga menyediakan hammock bagi para wisatawan yang ingin beristirahat dengan santai.

Baca Juga ya:

Gazebo di Shoka Bukit Senja

Gazebo di Shoka Bukit Senja – foto @shokabukitsenja

Tempat wisata yang unik ini, sudah pasti akan menyediakan spot-spot selfie yang unik juga. Tinggal dapat dipilih saja titik-titik yang terbaik untuk dapat diabadikan.

Terdapat warung sederhana dengan berbagai makanan tradisional seperti gorengan, kopi, dan sejumlah minuman kemasan.

Di tempat tersebut juga terdapat anak tangga yang terbuat dari bebatuan untuk menuju ke ujung tebing yang berada di bagian bawah bukit. Lokasi wisata juga dilengkapi dengan toilet dan tempat parkir.

Harga Tiket Masuk Soka Bukit Senja dan Jam Operasional Shoka Bukit Senja

Sunset di Shoka Bukit Senja

Sunset di Shoka Bukit Senja – Twitter

Tiket masuk lokasi wisata hanya dikenakan biaya parkir kendaraan yaitu Rp3.000 dimana biaya tiket masuk ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Dengan biaya yang sangat terjangkau para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah sambil beristirahat tanpa batas waktu.

Jam operasional lokasi wisata sendiri dari pagi hingga malam hari. Dan saat malam hari, setelah sunset para wisatawan dapat disuguhi oleh pemandangan aneka lampu yang berasal dari kapal-kapal yang berlayar di lautan dan juga yang berasal dari tempat-tempat yang berasal dari daerah sekitar.

Shoka Bukit Senja saat malam hari

Shoka Bukit Senja saat malam hari – foto milik @arif_josselalu

Kalian juga tak perlu khawatir kelaparan karena warung-warung makanan di Shoka Bukit Senja buka sampai mala dan akan tutup saat tempat ini sudah tutup.

Waktu Terbaik ke Bukit Shoka

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Shoka adalah pada saat sore hari, saat mendekati waktu matahari terbenam. Disaat tersebutlah para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan sunset yang sangat memanjakan mata dan meneduhkan pikiran.

Shoka Bukit Senja Sunset

Shoka Bukit Senja Sunset – Foto Gramho.com

Sekedar catatan saja, Shoka Bukit Senja akan sangat ramai dikunjungi wisatawan saat sore atau menjelang sunset. Biasanya banyak wisatawan yang sengaja datang menjelang sunset agar momen sunsetnya muncul pas.

Nah saat sunset inilah biasanya tempat duduk diwarung-warung yang ada disekitar Shoka Bukit Senja penuh. Jadi saran saya datanglah lebih awal agar kalian kebagian tempat duduk.

**

Nah, gimana cerita mengenai Shoka Bukit Senja yang fenomenal ini? Semoga informasi ini dapat membantu para pemburu tempat-tempat wisata, dan para pemburu spot-spot selfie yang unik.

Selamat berlibur!

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of