Sejarah Candi Tanjung Medan Pasaman Dan Rutenya

Candi Tanjung Medan Adalah Salah Satu Situs Candi Bersejarah Yang Ada Diwilayah Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat.

Seperti Yang Kita Tahu Jika Diwilayah Sumatera Barat Banyak Terdapat Candi Dimasa Kerajaan Hindu Budha Seperti Candi Padang Roco Di Wilayah Dharmasraya Dan Candi Tanjung Medan Ini Yang Berada Di Pasaman.

Candi Tanjung Medan Ini Adalah Peninggalan Kebudayaan Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Hal Ini Bisa Dikuatkan Dengan Penamaan Tempat Di Mana Candi Itu Berada Yang Disebut Biaro (Biara, Vihara).

Sejarah Ditemukanya Candi Tanjung Medan

Kompleks Candi Tanjung medan

Kompleks Candi Tanjung medan – foto @ianpiliang

Awal Mula Candi Tanjung Medan Ditemukan Adalah Pada Saat Pembuatan Saluran Irigasi Panti-Rao Sekitar Tahun 1992.

Alat Berat  Yang Digunakan Dalam Pekerjaan Irigasi Tersebut Tiba-Tiba Terhenti Setelah Tertumpu Pada Tumpukan Bata Berukuran Tidak Lazim.

candi Tanjung Medan di panti sumbar

candi Tanjung Medan di panti sumbar – foto @ianpiliang

Akhirnya Masyarakat Melaporkan Kejadian Itu Ke Pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Baratuntuk Diteliti.

Nah Sejak Tahun 1992 Akhirnya Pemerintah Secara Intensif Memberi Perhatian Terhadap Temuan Tersebut Hingga Akhirnya Dilakukan Pembangunan Perlindungan Area Candi Untuk Diamankan Dan Diteliti.

Situs Candi Tanjung Medan

Situs Candi Tanjung Medan

Pada Wilayah Area Candi Tanjung Medan Terdapat 4 Struktur  Bangunan Utama Yang Ukurannya Beragam.

Situs Candi Tanjung Medan Paling Besar Yakni Berukuran 14 X 8,80 M Dimana Banyak Fragmen Yang Ditemukan Di Lokasi Tersebut.

Salah Satunya Adalah Lempeng Prasasti Berukuran Kecil Berbentuk Kelopak Bunga Teratai Yang Pernah Dibaca Oleh F.D.K. Bosch.

Lokasi Situs Candi Tanjung Medan Dan Rutenya

lokasi candi tanjung medan

lokasi candi tanjung medan – foto ig @meldiyapict

Lokasi Situs Candi Tanjung Medan Terletak Di Dusun Tanjungmedan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat.

Bagi Kalian Yang Ingin Melihat Langsung Candi Tanjung Medan Ini Dapat Dengan Mudah  Dikunjungi Karena Lokasinya Berada Cukup Dekat Dari Jalan Raya Padang-Medan.

Jika Naik Kendaraan Motor Atau Mobil Kalian Bisa Berhenti Di Kilometer 189 Dari Padang Atau Km 98 Dari Arah Bukittinggi, Atau Km 80 Dari Kotanopan.

Situs Candi Tanjung Medan di pasaman

Situs Candi Tanjung Medan di pasaman

Nah Setibanya Di Tonggak Kilometer Kotanopan Tersebut Kita Harus Berjalan Sekitar 200 Meter Lagi Ke Arah Utara Dan Di Sebelah Kanan Akan Terlihat Sebuah Persimpangan Jalan Tanah Tepatnya 20 Meter Sebelum Bertemu Jembatan .

Kemudian Ikuti Jalan Tanah Tersebut Ke Arah Timur Dan Kira-Kira Sekitar 200 Meter Kita Akan Bertemu Sebuah Saluran Irigasi Panti-Rao.

Di Seberang Saluran Irigasi Inilah Lokasi Candi Tanjung Medan Berada.

 

 

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of