KATA OMED

Info Lengkap Bukit Embun Paser Kalimantan Timur Dan Harga Tiketnya

Published · Updated

Bukit Embun Paser – Pernah bayangin gimana rasanya berada di atas awan?

Kalau kalian berkunjung ke Bukit Embun atau yang lebih dikenal dengan nama bukit boga oleh warga sekitar, kalian gak perlu lagi bayangin gimana rasanya berada di awan-awan.

Kalian bisa merasakan langsung berada di antara awan-awan karena di atas bukit ini terhampar awan-awan dan kabut yang rendah. Rata-rata sih ke pinggang orang dewasa.

Bukit Embun Paser

Bukit Embun Paser – foto dari instagram @fiantsyah

Awalnya sih bukit ini gak terlalu diperhatikan oleh orang-orang, akan tetapi semenjak viral di media sosial bukit ini jadi banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah.

Bukit Embun menghadirkan perasaan seperti di awan. Kabut yang tebal di atas bukit Embun memberi ilusi seperti berada di awan sehingga pengunjung dpat berfoto layaknya berada di awan.

Di bukit embun juga tersaji pemandangan lereng yang hijau dan gunung di latar belakangnya ketika kabut yang bak awan ini sudah menghilang di siang hari.

Walaupun kabut bak awannya sudah hilang, tentunya pemandangannya gak kalah dong sama dataran tinggi yang lain.

Lokasi Bukit Embun Paser

Bukit Embun Paser

Bukit Embun Paser – foto instagram @liandriliandra

Bukit Embun ini berada di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Bukit ini berada di kawasan perkebunan sawit milik PT Anugerah Abadi Mukti Usaha (AAMU).

Karena Bukit Embun merupakan lahannya masih milik PT AAMU, pembangunannya pun belum maksimal. Jalan yang harus dilalui masi terjal dan tidak ada fasilitas mendukung seperti kawasan wisata lain.

Hal ini dikarenakan PT AAMU memang bukan bergerak di bidang wisata dan pemanfaatan lahan ini sebagai tempat wisata merupakan inisiatif warga sekitar.

Pembangunan Bukin ini menjadi lokasi wisata masih dirundingkan antara pemerintah daerah setempat dengan PT AAMU.

Rute perjalanan menuju Bukit Embun Paser

Bukit Embun Paser

Bukit Embun Paser – foto ig @ridwansyahridwan

Dengan menggunakan motor, perjalanan dapat ditempuh ke bukit embun melalui simpang tiga lolo, sekitar tiga puluh menit perjalanan dari tanah grogot.

Sesampainya disana, kalian bisa mengambil jalan ke arah desa luan yang kira-kira akan memakan waktu sekitar empat puluh lima menit.

Dari desa Luan puncak bukit paser terlihat dan perlu perjalanan sekitar sepuluh menit untuk sampai ke puncaknya.

Untuk mencapai puncak dengan sepeda motor diperlukan kehati-hatian ekstra. Jalanan yang ditempuh adalah jalanan yang licin dan berbatu.

bukit embun desa luan kecamatan Muara samu, kabupaten Paser

bukit embun desa luan kecamatan Muara samu, kabupaten Paser

Selain itu, angin juga berhembus kencang sehingga cukup menghambat para pengunjung. Memang, lokasi ini masih memerlukan pembangunan jalan karena memang belum lama dijadikan tempat wisata.

Sesampainya di puncak para pengunjung dapat melepas lelah dengan bersantai sambil jajan di warung-warung milik warga sambil memulihkan energi.

Disana, warga sudah didirikan warung yang menjual aneka gorengan dan kopi.  Pasti asik kan ngopi diatas awan.

Harga makanan di warung-warung ini pun masih terjangkau dengan kisaran lima hingga sepuluh ribu rupiah.

Camping Bukit Embun Paser

Camping Bukit Embun Paser

Camping Bukit Embun Paser – foto instagram @s161t_gunawan

Kalian bisa mengunjungi bukit ini kapan aja karena memang belum ada jadwal buka tutupnya.

kalian juga bisa ngecamp disini untuk dapetin moment yang pas buat ambil foto mengingat waktu banyak-banyaknya awan dan kabut yang terbentuk adalah pagi hari.

Dengan ngecamp di Bukit Embun kalian juga gak akan kelewatan momen tersebut karena biasanya awan-awannya bakal hilang kalau kalian telat datang.

Selain itu di Bukit embun ini ada warung yang beroperasi dua puluh empat jam.  Warung tersebut menyediakan berbagai jajanan dan kopi.

Jadi kalau kalian ngecamp atau dateng pagi-pagi buta kalian gak perlu khawatir menunggu kapan warung akan buka ketika kalian datang atau ketika kalian kedinginan dan butuh kopi panas untuk menghangatkan badan.

Waktu berkunjung dan berfoto yang ideal di Bukit embun, Paser, Kalimantan Timur yang ideal adalah pada pukul enam hingga delapan pagi. Pada saat itu awan paling banyak melingkupi bukit.

Selain itu, kalian harus memastikan datang saat hari cerah agar awan terlihat jelas dan medan menuju bukit aman. Ketika hujan kalian ebaiknya tidak memaksakan untuk mengunjungi bukit ini.

karena keselamatan memang hal yang paling penting, saat hujan jalan menuju bukit ini akan licin dan berlumpur sehingga sangat berbahaya untuk dilintasi.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of