KATA OMED

7 Gereja Paling Instagenik Di Indonesia Yang Bisa Kamu Kunjungi

Sebagai negara yang memiliki beraneka ragam kebudayaan, kultur dan agama, Indonesia memiliki banyak tempat menarik untuk dapat kamu kunjungi.

Mulai dari destinasi wisata alam, hingga destinasi wisata tempat-tempat indah yang menampilkan keragaman kultur dan budaya.

Salah satunya adalah tempat peribadatan yang memiliki keunikan pada konsep arsitektur dan interiornya, sehingga cukup menarik juga untuk dapat dikunjungi sebagai destinasi wisata.

Ulasan kita kali ini adalah mengenai beberapa gereja unik dan indah di Indonesia yang bisa kamu datangi, bukan hanya sebagai tempat wisata, tetapi juga sebagai spot foto yang paling Instagenik!

Penasaran? Yuk, kita lihat aja list Gereja Paling Instagenik di Indonesia. Langsung Scroll ke bawah Ya Guys!

Baca Juga ya:

1. Gereja Maria Annai Velangkanni

Gereja Maria Annai Velangkanni

Gereja Maria Annai Velangkanni – foto ig @arjuna_photos

Gereja ini berdiri sejak tahun 2005 silam di Medan. Seperti namanya, gereja ini dipersembahkan untuk Bunda Maria. Nama gereja tersebut mencerminkan adanya pengaruh kebudayaan India dalam pembangunannya.

Pasalnya, Bunda Maria di India dikenal sebagai Annai Velangkanni Arokia Matha atau yang berarti sang penyembuh.

Gereja ini dibangun oleh, seorang pendeta dari India yang sudah tinggal di Indonesia selama lebih dari 50 tahun lamanya yang bernama Bapa James Bharataputra.

Gereja ini merupakan Gereja Katolik yang memiliki gaya bangunan khas India-Mughal. Dari kejauhan, bentuknya pun mirip sebuah kuil yang ada di daerah India atau Kathmandu.

Salah satu fitur arsitektur unik dari gereja ini adalah menara di bagian atasnya, yang terdiri dari 7 tingkat. Konon, merupakan lambang dari filosofi bahwa setiap orang selalu memiliki tempat di surga.

Tertarik untuk berkunjung ke gereja yang Instagenik ini?

2. Gereja Pohsarang, Kediri

Gereja Pohsarang

Gereja Pohsarang – foto ig @luckymarsal

Gereja yang terletak di Kota Kediri ini dibuka sejak tahun 1936. Bentuk gereja yang memiliki arsitektur unik ini merupakan hasil rancangan Ir Maclaine Pont dan Romo Jan Wolters CM.

Sekilas, gereja ini tak terlihat seperti gereja biasa, bahkan lebih mirip candi atau rumah adat Jawa. Konsep dari gereja ini memang mengadopsi gaya arsitektur Jawa

Gereja ini terletak di lereng Gunung Wilis yang memiliki udara sangat sejuk. Di kompleks Gereja Pohsarang juga terdapat Gua Maria Pohsarang.

Di bangunan gereja unik ini, kamu juga bisa mendapatkan spot-spot selfie yang ciamik, sambil berwisata loh!

3. Gereja Katolik Kepanjen, Surabaya

Gereja Katolik Kepanjen

Gereja Katolik Kepanjen – foto @catholic.photography

Bangunan gereja ini memiliki penampakan yang cukup berbeda dengan  bangunan lain di sekitarnya.

Ornamen batu bata merah yang dominan pada dinding dan jendela-jendelanya,  lingkarannya yang berhias bunga, membuat bangunan gereja ini menjadi landmark tersendiri di area tersebut.

Arsitektur bangunannya yang memiliki pengaruh neo-gothic, akan dapat mengundang banyak likers di halaman Instagram kamu begitu selesai di posting! Yakin deh!

4. Gereja Santo Fransiskus Assisi, Paroki Berastagi

Paroki Berastagi

Paroki BerastagiParoki Berastagi – foto archdioceseofmedan

Gereja ini  terletak di dataran tinggi, dimana konsep arsitektur dan interior bangunannya dipengaruhi oleh rumah tradisional dan budaya Suku Karo yang kental.

Dindingnya bahkan dilukis dengan pola dan simbol tribal yang khas. Dipadu dengan simbol-simbol agama. 

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, gereja ini adalah cagar budaya yang wajib kita pelihara.

Sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat destinasi wisata religi umat Kristiani saat ke Berastagi sembari mengabadikan foto-foto bangunannya yang Instagenik!

5. Gereja Palasari, Bali

Gereja Palasari

Gereja Palasari – @martinusdanang

Bukan suatu hal yang baru jika  Bali menjadi salah pulau  yang selalu menonjolkan budayanya. Maka tidak heran bila gereja di Bali pun akan mengikuti konsep arsitektur tradisional bangunan di Pulau Dewata tersebut. 

Gereja Palasari merupakan Gereja Katolik yang lokasinya berada di tengah-tengah banyaknya pura-pura yang bertebaran di sekelilingnya.

Hal tersebut menjadi terlihat sangat unik, karena mencerminkan adanya perpaduan budaya dan agama.

Gereja yang dibangun tahun 1955 ini, desain arsitekturnya sangat menarik. Tidak hanya terlihat dari penggunaan gapura Bali pada bagian luar bangunan.

Pada interior dalam bangunannya yang banyak menggunakan  ornamen Bali, juga sangat  mencerminkan pengaruh budaya yang sangat kental.

Keunikan lainnya adalah, pengaruh budaya tradisional tersebut, digabungkan dengan sedikit aksen arsitektur Eropa. Keren deh, pokoknya!

Hal lainnya lagi yang perlu mendapat kalimat RESPECT adalah, umat Katolik yang beribadah di sini pun menggunakan pakaian adat Bali, sama dengan saat warga Hindu yang datang ke Pura. Thumbs Up!

6. Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta – foto ig @samosir.dts

Gereja neo-gothic yang sangat terkenal di ibukota Jakarta ini merupakan salah satu gereja terindah yang Instagenik!

Bangunannya yang megah dengan aksen penggunaan batu alam di bagian eksteriornya, membuat gereja ini tampak earthy dan elegan.

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, gereja ini juga memiliki museum yang dibuka untuk umum. Siapkan lensa kamera kamu, untuk dapat membidik  gambar-gambar yang Instagramable!

7. Gereja Blenduk, Semarang

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk – foto ig @adi_mrizal

Mungkin karena bentuk gerejanya yang menyerupai dome, gereja tertua di Jawa Tengah ini pun dinamakan “blenduk” yang dalam bahasa Indonesia artinya “lengkungan” .

Lokasi gereja ini  ada di kawasan Kota Tua Semarang. Bentuk domenya yang unik dan indah, terbuat dari perunggu. Interior dalam nya yang menggunakan warna serba putih, membuat gereja ini tampak elegan dan classy. Sangat Instagramable!

Baca Juga ya:

Nah Guys! Sampai disini dulu ulasan mengenai 7 gereja paling instagenik di Indonesia.

Ayo, jangan lewatkan untuk berburu foto-foto unik di tempat ibadah yang indah ini ya!

Selamat berlibur!

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of