KATA OMED

5 Kota Dan Kabupaten Terindah Di Pulau Sumbawa

Pulau Sumbawa merupakan pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat. Salah satu keunikan dari pulau ini adalah, terdapat Pulau Bungin di wilayahnya, yang merupakan pulau terpadat di dunia. Kepadatannya sendiri mencapai hingga 15000 jiwa/km persegi.

Hal tersebut menjadi unik, karena luas pulau yang hanya seluas 8 hektar, namun memiliki penduduk hingga 3000 jiwa.

Baca Juga:

Peta Sumbawa dan Kota Bima – foto Wikipedia

Secara administratif, Sumbawa terbagi menjadi beberapa wilayah. Beberapa dari kota dan kabupaten tersebut adalah Kota Sumbawa Besar, Kota Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Kali ini penulis akan mengulas tentang kelima kota dan kabupaten tersebut, dari segi eksotisme keindahannya, dan juga budaya serta wisatanya.

1. Kota Sumbawa Besar 

istana dalam loka sumbawa besar

istana dalam loka sumbawa besar

Kota Sumbawa Besar adalah  ibu kota dari Kabupaten Sumbawa, yang juga merupakan salah satu kota terpadat di Pulau Sumbawa. Bagi para pecinta budaya, di kota ini memiliki beberapa wisata budaya yang cukup menarik.

Kota ini juga merupakan ibu kota dari Kabupaten Sumbawa di Nusa Tenggara Barat. Selain itu, Kota Sumbawa Besar juga mendapat julukan sebagai salah satu kota terpadat di Pulau Sumbawa. Namun sejauh mata memandang, pulau ini dikelilingi oleh sekelompok pulau kecil yang Instagramable seperti Pulau Moyo.

Sumbawa besar juga kaya dengan wisata budayanya. Keunikan wisata tersebut tercermin dari arsitektur tradisional yang sarat dengan nilai sejarah.

2. Kota Bima

Museum Asi Mbojo Kota Bima

Museum Asi Mbojo Kota Bima

Salah satu kota eksotis di teluk Pulau Sumbawa adalah Kota Bima. Julukannya sebagai Kota Tepian Air ini, memiliki berbagai ragam budaya yang sangat mempesona. Salah satunya yang terkenal adalah Museum Asi Mbojo, yang wajib masuk dalam bucket list tempat liburan.

 Museum ini awalnya adalah Istana Kesultanan Bima, yang menyimpan kekayaan benda pusaka peninggalan kesultanan. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat bersejarah, karena pernah menjadi tempat menginap Presiden RI Pertama, Bapak Soekarno.

 Kota ini juga terkenal akan rumah adatnya yang bernama  Uma Lengge, dan juga tarian adat untuk penyambutan, berupa Tarian Wura Bongi Monca. Keindahan Kota Bima menjadi lengkap, dengan keelokan Pantai Lariti yang berpasir putih, dan ciamik sebagai spot selfie!

3. Kabupaten Dompu

Suku Dompu

Suku Dompu – foto travelkompas.com

Kabupaten Dompu adalah Ibu Kota Sumbawa Tengah, yang terkenal sebagai kota para peselancar, dan juga petualang. Beberapa pilihan wisata yang cukup menarik bagi para pengunjungnya adalah beberapa tempat pada daftar berikut ini.

Madaprama merupakan wisata mata air, yang terletak sekitar 4 km dari Kota Dompu. Jika ingin berkunjung kesana, posisinya berada di hutan hujan tropis. Jadi jangan kaget, jika sesekali akan bertemu monyet unik yang datang menyapa.

Doro Bata, adalah sisa dari peninggalan Istana Dompu yang megah. Istana ini telah menemui kehancurannya, ketika gunung Tambora meletus pada tahun 1815, dan menenggelamkan seluruh kota dengan abu vulkanik.

Lapadi merupakan arena pacuan kuda, yang hidup pada setiap hari Minggu, dan lokasinya terletak 5 km sebelah selatan Kabupaten Dompu. Tempat ini pastinya merupakan salah satu lokasi wisata yang terkeren.

Pantai Hu’u adalah surga bagi para peselancar, yang lokasinya terletak sekitar 40 km dari Kabupaten Dompu. Pantai Instagenic ini, juga mendapat julukan sebagai pantai terbesar yang memiliki gelombang terindah  di Nusa Tenggara.

4. Kabupaten Bima

Pantai Pasir Putih di Sape Bima

Pantai Pasir Putih di Sape Bima

Sebagai sebuah kabupaten, Kota Bima adalah salah satu Daerah Otonom di Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang terletak di ujung timur Pulau Sumbawa. Lokasinya sendiri tepat bersebelahan dengan Kota Bima, dan memiliki ibukota bernama Woha.

Tempat ini juga terkenal dengan pegunungannya yang menjadi tempat populer bagi para pecinta alam.  Beberapa pegunungan yang terdapat di Kabupaten Bima adalah:

  • Tambora di Kecamatan Tambora
  • Sangiang di Kecamatan Wera
  • Maria di Kecamatan Wawo
  • Lambitu di Kecamatan Lambitu
  • Soromandi di Kecamatan Donggo

5. Kabupaten Sumbawa Barat

Yellow House di Kabupaten Sumbawa Barat

Yellow House Kabupaten Sumbawa Barat, Photo By @ Sira Padang

Sumbawa Barat merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan sudah terkenal akan keindahannya yang indah menawan. Cocok loh, untuk menjadi materi Instastory kalian!

Selain itu, kabupaten ini juga memiliki berbagai ragam wisata budaya yang khas, sehingga cukup menarik untuk dijelajahi. Beberapa dari tempat wisata budaya yang kece itu, terdapat pada daftar berikut ini.

Desa Poto adalah salah satu desa di kabupaten Sumbawa, yang selalu memelihara kelestarian budayanya. Salah satu bentuk dari bentuk pelestarian tersebut adalah tenunan tradisional yang mempesona

Bala Kuning  atau “The Yellow House”, yang merupakan tempat tinggal keluarga Sultan  terakhir di Sumbawa Barat. Di rumah ini, dapat tersimpan berbagai benda-benda purbakala kerajaan, seperti  Bodong, Sarpedang, Payung Kamutar, tombak, Keris, dan juga Al Qur’an.

Pelabuhan Bima Pulau Sumbawa NTB

Pelabuhan Bima Pulau Sumbawa NTB – foto @fendykurniadi

Berwisata ke destinasi Indonesia Bagian Timur memang menyenangkan. Suasananya pasti akan berbeda dengan destinasi wisata tetangganya seperti Bali dan Lombok. Namun banyak yang belum mengetahui, bahwa Pulau Sumbawa ternyata juga memiliki banyak obyek wisata.

Jadi, tunggu apalagi Sobat!. Yuk, segera rencanakan perjalanan liburan kamu berikutnya ke Pulau yang luar biasa indahnya. Jangan lupa untuk dapat berbagi informasi melalui media sosial kamu ya.

 

Selamat berlibur!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of