Inilah 4 Kota Di Sumba Yang Terbesar Dan Paling Ramai

Kota Di Sumba – Beberapa Tahun Terakhir Ini Pulau Sumba Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Yang Banyak Diminati, Baik Oleh Wisatawan Lokal Maupun Mancanegara.

Pulau Sumba Adalah Sebuah Pulau Yang Masuk Kedalam Wilayah Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas Wilayahnya 10.710 Km² Menjadikanya Sebagai Pulau Terbesar Ke 73 Di Dunia. Titik Tertinggi Pulau Sumba Terletak Di Gunung Wanggameti.

Pulau Sumba Berbatasan Dengan Pulau Sumbawa Di Sebelah Barat Laut, Pulau Flores Di Sebelah Timur Laut, Dan Pulau Timor Di Sebelah Timur, Dan Negara Australia Di Sebelah Selatan Maupun Di Sebelah Tenggara.

Peta Pulau Sumba

Peta Pulau Sumba

Sebelum Kamu Berlibur Ke Pulau Sumba, Ada Baiknya Untuk Riset Terlebih Dahulu, Mana Saja Kota Di Sumba Yang Harus Kamu Tahu. Terutama Tentang Kota-Kota Yang Akan Kita Singgahi Nantinya.

Secara Administratif Pulau Sumba Di Nusa Tenggara Timur Ini Dibagi Menjadi 4 Kabupaten Yang Berbeda Yakni :

  1. Kabupaten Sumba Timur Dengan Ibu Kotanya Waingapu
  2. Kabupaten Sumba Barat Dengan Ibu Kotanya Wakaibubak
  3. Kabupaten Sumba Tengah Dengan Ibu Kota Waibakul
  4. Kabupaten Sumba Barat Daya Dengan Ibu Kota Tambolaka

Nah Dari Ke 4 Kabupaten Di Sumba Tersebut Masing-Masing Memliki Ciri Dan Karakter Kota Yang Berbeda-Beda.

Berikut Ini Kita Akan Mengulas Satu Persatu Daftar Kota Di Sumba Nusa Tenggara Timur.

1. Kota Waingapu – Sumba Timur

kota Waingapu Sumba Timur

kota Waingapu Sumba Timur – foto youtube Sonic Raga

Waingapu Merupakan Salah Satu Kota Di Sumba Yang Paling Ramai Saat Ini. Di Kota Ini Terdapat Bandara Umbu Mehang Kunda Yang Menjadi Jalur Keluar Masuk Wisatawan Yang Ingin Berlibur Ke Pulau Ini.

Ibukota Kabupaten Sumba Timur Ini Merupakan Kota Terluas Di Pulau Sumba Dengan Luas Sebesar 77.30 Km². Kota Ini Menawarkan Berbagai Macam Destinasi Wisata, Mulai Dari Savana, Danau, Hingga Kampung Adat Dapat Kamu Temukan Di Kota Ini.

Salah Satu Destinasi Wisata Yang Sangat Terkenal Di Kota Ini Adalah Bukit Wairinding. Bukit Wairinding Mulai Dikenal Masyarakat Luas Karena Menjadi Lokasi Syuting Film Pendekar Tongkat Emas.

bukit warinding sumba

bukit warinding sumba

Terang Saja, Hamparan Savana Yang Sangat Luas Dengan Pemandangan Hijau Sejauh Mata Memandang Membuatmu Merasa Menemukan Sekeping Surga Yang Hilang.

Pada Musim Kemarau Bukit Hijau Ini Akan Menguning Dan Menjadi Semakin Eksotis, Membuatmu Merasa Seperti Sedang Berada Di Afrika.

Bukit Wairinding Terletak Sejauh 25 Km Dari Kota Waingapu. Kamu Bisa Menyewa Jasa Travel Atau Menaiki Angkutan Umum Untuk Mengunjungi Bukit Ini.

Umbu Mehang Kunda Airport, bandar udara di waingapu sumba timur

Umbu Mehang Kunda Airport, bandar udara di waingapu sumba timur – foto g maps Markus Sanarko

Selain Wisata Alam, Kota Waingapu Juga Terkenal Dengan Wisata Budayanya. Berjarak Dua Km Dari Pusat Kota Waingapu, Terdapat Kampung Adat Prailiu.

Kampung Adat Ini Terbuka Untuk Umum Baik Peneliti Yang Ingin Melakukan Riset Atau Wisatawan Umum Yang Sekadar Ingin Berlibur.

Di Sini Kamu Masih Bisa Menemukan Rumah Adat Dengan Atap Tinggi Yang Terbuat Dari Jerami. Selain Itu Kamu Juga Dapat Menemukan Pemakaman Leluhur Yang Terbuat Dari Batu.

Di Kampung Prailiu Kamu Dapat Belajar Menenun Dengan Penduduk Lokal Asli Setempat.

2. Kota Waikabubak – Sumba Barat

Kota Waikabubak - Sumba Barat

Kota Waikabubak – Sumba Barat – foto g maps LKBH Sarnelli

Waikabubak Merupakan Ibukota Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Kota Ini Merupakan Kota Terbesar Kedua Di Pulau Sumba Setelah Kota Waingapu.

Waikabubak Merupakan Salah Satu Kota Di Sumba Yang Harus Kamu Tahu Karena Destinasi Wisatanya. Mulai Dari Taman Nasional Yang Luasnya ±88,000 Ha, Hingga Villa Nihiwatu Yang Menjadi Villa Termahal Di Indonesia Bisa Kamu Temukan Di Kota Ini.

Taman Nasional Dengan Luas ±88,000 Ha Ini Adalah Taman Nasional Manupeu Tanah Daru.

Taman Nasional Ini Berada Dalam Tiga Kabupaten, Yaitu Sumba Barat, Sumba Tengah, Dan Sumba Timur. Bisa Dibilang Taman Nasional Ini Merupakan Surga Bagi Para Pecinta Burung.

Terdapat 87 Jenis Burung Yang Bersarang Di Sini. Bahkan Tujuh Spesies Burung Yang Terdapat Di Sini Merupakan Fauna Endemik Yang Hanya Dapat Ditemukan Di Pulau Sumba.

kampung adat praijing sumba

kampung adat praijing sumba – foto ig @kataomed

Di Dalam Taman Nasional Ini Ada Banyak Destinasi Wisata Lain Yang Bisa Kamu Kunjungi, Seperti Air Terjun Matayangu, Pantai Konda Maloba, Hingga Padang Savana Dan Gua Bakul.

Budaya Dan Adat Di Pulau Sumba Masih Dipegang Teguh Oleh Masyarakatnya. Rasanya Di Setiap Penjuru Pulau Masih Bisa Ditemukan Perkampungan Adat, Tidak Terkecuali Di Kota Waikabubak.

Rumah Adat Dengan Atap Tinggi Yang Terbuat Dari Jerami Masih Bisa Kamu Temukan Di Kampung Adat Praijing, Desa Tebara, Waikabubak. Di Kampung Ini Kamu Masih Bisa Menemukan Pemakaman Menggunakan Kubur Batu.

Gollu Potto di wakaibubak

Gollu Potto di wakaibubak – foto ig @vjbasten

Kampung Praijing Berada Di Atas Bukit, Terlihat Indah Dengan Alam Sekeliling Yang Masih Asri Dan Alami. Tidak Jauh Dari Kota Waikabubak Tepatnya Di Kecamatan Kodi, Upacara Adat Pasola Rutin Diadakan Sekitar Bulan Februari Atau Maret.

Salah Satu Destinasi Wisata Religi Terbaru Di Wakaibubak Adalah Gollu Potto Di Wakaibubak Dimana Ada Sebuah Patung Yesus Berukuran Sangat Besar Diatas Bukit Menjadikanya Sebagai Salah Satu Patung Yesus Terbesar Dan Tertinggi Di Sumba.

3. Kota Waibakul – Sumba Tengah

kantor bupati sumba tengah

kantor bupati sumba tengah – foto heikaku.com

Kota Besar Di Sumba Selanjutnya Adalah Kota Waibakul Yang Mejadi Pusat Pemeritahan Kabupaten Sumba Tengah. Kabupaten Sumba Tengah Seni Merupakan Pemekaran Dari Kabupaten Sumba Barat. Peresmian Kabupaten Ini Dilakukan Pada Tanggal 22 Mei 2007 Lalu.

Kabupaten Sumba Tengah Terdiri Dari 5 Kecamatan Dan 65 Desa. Pada Tahun 2017, Jumlah Penduduknya Mencapai 84.174 Jiwa Dengan Luas Wilayah 1.868,74 Km² Dan Sebaran Penduduk 45 Jiwa/Km².

Kabupaten Sumba Tengah

Kabupaten Sumba Tengah

Karena Berbatasan Langsung Dengan Samudera Hindia Banyak Pantai Yang Ada Di Sumba Tengah Bagaikan Surga Yang Tersembunyi Dan Masih Alami.

Potensi Pantai Di Kawasan Sumba Tengah Memang Masih Belum Banyak Diketahui Wisatawan Lokal Maupun Mancanegara. Padahal Pemandangannya Sangat Eksotik.

Seperti Contohnya Pantai Konda Maloba Dengan Pasir Hitam Membentang Sejauh Mata Memandang. Lalu Ada Pantai Aili Yang Bisa Menjadi Referensimu Saat Ingin Menikmati Matahari Terbenam Dengan Nyaman dan ada banyak pantai indah di sumba lainnya yang wajib didatangi.

Makam Raja Anakalang

Makam Raja Anakalang – foto g maps Yosua Umbu Umbu

Di Kabupaten Sumba Tengah Masih Bisa Ditemukan Daerah-Daerah Yang Memiliki Nilai Historis, Baik Dari Segi Sejarah Maupun Sosial Budayanya.

Di Kampung Makatakeri, Desa Anakalang, Kecamatan Katikutanal Terdapat Makam Raja Anakalang Seberat 70 Ton. Konon, Makam Itu Dikerjakan Oleh 2.000 Orang Selama Tiga Tahun. Di Kampung Lai Tarung Yang Terletak Di Atas Gunung, Terletak Makam Nenek Moyang 12 Klan.

4. Kota Tambolaka – Sumba Barat Daya

Kabupaten Sumba Barat Daya

Kabupaten Sumba Barat Daya – foto wikipedia

Bandar Udara Lain Yang Dimiliki Pulau Sumba Berada Di Kota Tambolaka Sumba Barat Daya, Dengan Nama Bandara Tambolaka. Bandara Ini Merupakan Bandara Terbesar Dan Paling Modern Yang Ada Di Pulau Sumba.

Tambolaka Juga Merupakan Ibukota Dari Kabupaten Sumba Barat Daya. Salah Satu Kota Di Sumba Yang Harus Kamu Tahu Adalah Tambolaka.

Karena Menjadi Salah Satu Pintu Masuk Ke Pulau Sumba, Banyak Destinasi Wisata Yang Bisa Kamu Temukan Di Sekitar Kota Tambolaka.

Bandara Tambolaka

Bandara Tambolaka – foto g maps Nanik Ayay

Berbatasan Langsung Dengan Samudera Hindia, Kota Tambolaka Memiliki Banyak Pantai Yang Seperti Surga Bagi Para Peselancar. Salah Satu Pantai Yang Wajib Kamu Kunjungi Adalah Pantai Watu Maladong.

Tidak Berada Persis Di Kota Tambolaka, Pantai Ini Berada Di Kecamatan Kodi Balaghar, Sumba Barat Daya.

Masih Belum Banyak Pengunjung Yang Menjamah Pantai Ini, Kamu Akan Terhipnotis Saat Melihat Keindahannya. Daya Tarik Utama Pantai Ini Adalah 5 Gugusan Karang Besar Dan Kecil Yang Tersebar.

pantai mbawana sumba

pantai mbawana sumba

Terdapat Karang Yang Menyerupai Cangkang Penyu Hingga Rumah Adat Sumba Dengan Empat Tiang Penyangga.

Selain Pantai, Di Sekitar Kota Tambolaka Juga Terdapat Bukit Savana Yang Terbentang Luas Dan Indah, Yaitu Bukit Lendongara.

Oleh Masyarakat Sekitar Bukit Ini Kerap Disebut Dengan Bukit LDR. Bukit LDR Terletak Di Desa Karunni, Kecamatan Loura, 30 Menit Dari Bandara Tambolaka.

Hamparan Rumput Hijau Kecoklatan Dapat Kamu Saksikan Sejauh Mata Memandang. Kamu Juga Bisa Menikmati Sunrise Maupun Sunset Di Lokasi Yang Sama.

**

Itulah Tadi Daftar 4 Kota Besar Di Pulau Sumba Yang Harus Kamu Tahu.

Biasanya Wisatawan Yang Akan Explore Pulau Sumba Akan Beragkat Dari Bandara Tambolaka Atau Wakaibubak Di Sumba Barat Daya Lalu Trip Berakhir Di Sumba Timur Atau Waingapu.

 

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of