KATA OMED

Harga Tiket Jembatan Gantung Rengganis Bandung Dan Harga Paketnya

Published · Updated

Satu lagi jembatan gantung yang kini sangat viral di Indonesia dan juga dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara yakni Rengganis Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Rengganis.

Jembatan Gantung Rengganis ini merupakan sebuah objek wisata baru yang ada di kabupaten Bandung Jawa Barat.

Mungkin sebelumnya, kalian sudah mengenal jembatan gantung situgunung yang ada di kabupaten Sukabumi yang juga sama-sama panjang dan pernah dinobatkan menjadi jembatan gantung Terpanjang di Asia tenggara juga.

Namun kini, setelah Jembatan Gantung Rengganis Rancabali selesai dibangun dan dibuka untuk wisatawa, gelar tahta juara sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, harus direlakan kepada Jembatan Gantung Rengganis ini.

Baca juga : Inilah 8 tempat wisata di bandung selatan yang ngehits

Pesona Jembatan Gantung Rengganis Bandung

Jembatan Gantung Rengganis di Bandung

Jembatan Gantung Rengganis di Bandung

Rengganis Suspension Bridge atau yang disebut Jembatan Gantung Rengganis yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini memang sekilas mirip dengan jembatan gantung situgunung yang ada di Sukabumi.

Selain karena bentuknya mirip dan berada ditengah hutan serta berada diantara perbukitan yang terjal yang dipenuhi kabut, juga sama-sama panjang.

Untuk Jembatan Gantung Rengganis di Bandung ini memiliki panjang bentangan hingga 370 meter dan ketinggianya mencapai 70 meter di atas tanah.

Sedangkan Jembatan gantung Situgunung panjangnya hanya 243 meter lebar 1,2 meter dan terletak pada ketinggian 107 meter dari bagian permukaan tanah.

Jembatan Gantung Rengganis Bandung

Jembatan Gantung Rengganis Bandung – foto @muhammad_riidwaan

Jembatan Gantung Rengganis di Kabupaten Bandung ini sebenarnya menghubungkan ke akses Wisata Kawah Rengganis di Ciwidey.

Seperti yang kita tahu jika objek wisata Kawah Rengganis sendiri adalah tempat wisata yang masih dibilang cukup tersembunyi namun memiliki banyak daya tarik dan salah satunya air panas belerangnya.

Nah Jembatan Gantung Rengganis ini akan bermuara di lokasi kawah Rengganis atau yang bagi penduduk lokal disebut  air panas Cibuni.

Kawah Rengganis Ciwidey

Kawah Rengganis Ciwidey – foto @kuraesin57

Di dekat lokasi Jembatan Gantung Rengganis ini, kita juga bisa menikmati keindahan pesona alami kawah Renggani yang masih alami.

Keindahan pesona alam tersebut berpadu dengan pemandangan air panas Cibuni di kawah Ciwidey Rengganis yang tercatat memiliki nilai-nilai sejarah yang kuat.

Hal itu dikarenakan kawasan kawah ini adalah hasil dari letusan gunung sunda purba yang telah terjadi selama jutaan tahun silam.

Jembatan Gantung Rengganis Rancabali

Jembatan Gantung Rengganis Rancabali – foto @rafi.film

Sama dengan jembatan gantung yang ada di sukabumi, Jembatan gantung Rengganis Bandung ini jug terbuat dari kayu ulin atau kayu besi yang terkenal sangat kuat dan tahan lama berasal dari daerah Kalimantan.

Kemudian untuk penahanya, Jembatan gantung Rengganis diikat dengan konektor kawat sling yang juga kuat sehingga sangat aman untuk dilewati wisatawan.

Konektor kawat tersebut kemudian diikat baik di sebelah kiri maupun sebalah kanan dan juga dipasang jaring sebagai pengaman tambahan.

pemandangan dari atas Jembatan Gantung Rengganis

pemandangan dari atas Jembatan Gantung Rengganis – foto @sobar_rdn

Hal seru yang akan kita rasakan saat melewati jembatan rengganis ini adalah adrenalin yang akan terpacu terutama saat kita bergerak perlahan melintasi jembatan.

Kita akan merasakan sedikit adanya goncangan atau goyangan dari jembatan rengganis ini.

Ketika tubuh kita bergerak untuk melanjutkan penyebrangan, perlahan jembatan ini semakin akan terasa berayun sehingga menghadirkan perasaan adrenalin yang menantang.

Lokasi Dan Rute Menuju Jembatan Gantung Rengganis

Jembatan Gantung Kawah Rengganis Ciwidey

Jembatan Gantung Kawah Rengganis Ciwidey – foto @pilotlieur

Bagi kalian yang penasaran dengan Jembatan Gantung Rengganis Ciwidey Bandung ini, kalian bisa langsung datang mengunjunginya.

Seperti yang sudah disampaikan diatas, jika lokasi Jembatan gantung Rengganis berada di kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey atau tepatnya berada di Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jika kita datang dari arah alun-alun ciwidey Kabupaten Bandung, kita akan diarahan menuju kawasan wisata Ciwidey.

Lalu jalan melalui objek wisata Kawah Putih hingga sampai ke area Situ Patenggang.

Setelah beberapa meter, kita akan dibelokkan dan diarahkan ke sebelah kiri yang berada di atas bukit.

Nah dari atas ini maka akan terlihat pemandangan kawasan Situ Patenggang.

Selanjutnya, kita bisa jalan terus sampai ke arah pos retribusi atau pos tiket Jembatan Gantung Rengganis.

Fasilitas Jembatan Gantung Rengganis

Untuk fasilitas wisata yang ada di Jembatan Gantung Rengganis ini sudah sangat lengkap dan sangat baik.

Seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, kawasan ini semakin terus diperbaiki dan ditingkatkan oleh pengelola.

Di kawasan Jembatan Gantung Rengganis sudah ada toilet, tempat makan alias warung lalu ada area parkiran yang luas dan juga mushola untuk beribadah.

Jembatan Gantung Rengganis Ciwidey

Jembatan Gantung Rengganis Ciwidey – foto ig @gunawananyen

Jadi kalian tak perlu khawatir kelaparan saat berada di Jembatan Gantung Rengganis karena banak yang menjual makanan maupun minuman.

Fasilitas lainnya tentunya penjagaan dan pengamanan area sekitar hingga fasilitas perlengkapan kemanan bagi wisatawan yang akan menyebrangi Jembatan Gantung Rengganis.

Harga Tiket Jembatan Gantung Rengganis Ciwidey

Jembatan Gantung Rengganis

Jembatan Gantung Rengganis – foto @sigotik91

Bagi wisatawan yang ingin masuk dan mencoba langsung sensasi melintasi Jembatan Gantung Rengganis di Bandung ini maka kalian harus membayar tiket masuk yang bisa dibilang cukup murah.

Ada 3 paket yang bisa kalian ambil jika ingin berkunjung ke Jembatang Gantung Rengganis di Rancabali ini.

Semua paket tersebut memiliki kelebihan dan keuntungan tersendiri dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan wisata kalian.

Harga Paket Pertama Jembatan Gantung Rengganis

Harga Tiket Jembatan Gantung Rengganis

Harga Tiket Jembatan Gantung Rengganis – foto @rizky_dwinov

Untuk harga Paket pertama, Harga Tiket Jembatan Gantung Rengganis Ciwidey ini kita akan dikenakan biaya full service alias sudah termasuk semua fasilitas dan wahana yang ada di kawasan Ciwidey ini.

Harga tiket Jembatan Gantung Rengganis Bandung untuk paket  pertama ini adalah Rp Rp 130.000/orang.

Dengan harga tiket tersebut, kita sudah mendapat fasilitas perengkapan keamanan untuk bisa melewati kedua arah jembatan ini pulang pergi.

Selain itu kita juga akan mendapatkan welcome drink alias minuman gratis dan juga sudah termasuk tiket masuk ke objek wisata Kawah Rengganis.

Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali

Tak hanya itu saja, dengan harga tiket tersebut, kita juga akan mendaptkan fasilitas lainnya yakni semua wahana yang ada di Glamping Lakeside dan juga objek wisata Situ Patenggang.

Wahana Glamping Lakeside terdiri atas Pinisi Resto, Walking Track Lakeside, Strawberry Farm, Golesat Circuit, Bukit Kelinci, dan Balcone Spider.

Objek wisata Glamping Rancabali ini berada di kawasan Situ Patenggan, tepatnya di Kecamatan Rancabali, atau sekitar 47 kilometer dari pusat Kota Bandung.

Tempat wisata di Ciwidey ini sangat mudah ditemui karena ditandai bangunan ikonis berupa perahu pinisi yang difungsikan sebagai resto.

Harga Paket kedua Jembatan Gantung Rengganis

Harga Paket Jembatan Gantung Rengganis

Harga Paket Jembatan Gantung Rengganis – foto @deyyamannda

Untuk Harga Tiket Paket kedua Jembatan Gantung Rengganis Ciwidey akan dikenakan biaya seharga Rp 100.000 ribu/ orang.

Paket kedua ini akan memberikan wisatawan tiket mengunjungi wisata Kawah Rengganis dan menyebrangi Jembatan Gantung Rengganis hanya 1 kali saja.

Paket ini ini juga akan memberikan wisatawan welcome drink berupa teh walini yang bisa diambil di Kinara Resto.

Harga Paket ketiga

Kawah Rengganis, Rancabali

Kawah Rengganis, Rancabali – foto @zulfizulkarnain

Untuk harga paket ketiga ini kita bisa memilih sesuai dengan wahana wisata yang akan kita kunjungi.

Jika kita hanya ingin melewati Jembatan Terpanjang di Bandung atau Jembatan Gantung Ciwidey saja, maka kita akan dikenakan biaya Rp70 ribu/ orang.

Namun apabila kita tidak ingin melewati Jembatan Gantung Rengganis, kita hanya perlu membayar uang tiket masuk ke area kawah Rengganis saja sebesar Rp  23.000 / Orang.

**

Itulah tadi sedikit review dan pembahasan mengenai Jembatan Gantung Rengganis yang tengah viral ini.

Selamat berlibur ke Jembatan Gantung Kawah Rengganis Ciwidey Bandung, bersama teman dan keluargamu guys.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of