Rute & Tranportasi menuju Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Saat ini para traveller tengah dihebohkan oleh keberadaan objek wisata baru yang cukup unik dan berbeda dari wisata pada umumnya. Sebuah jembatan Gantung yang terbentang cukup panjang di Sukabumi Jawa Barat tengah menjadi pusat perhatian. Pasalnya jembatan gantung ini tak hanya panjang saja tetapi juga cukup tinggi dan membentang diantara lebatnya hutan kayu Damar.
Secara lokasi Jembatan Gantung di Sukabumi ini masuk kedalam wilayah Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Jembatan setinggi 150 meter ini juga membentang cukup jauh yakni sepanjang 240 meter. Tak heran bila dari kejauhan sangat terlihat cantik namun juga bisa memacu adrenalin. Jembatan ini menjadi bagian dari kawasan Situ Gunung Sukabumi.
Situ Gunung sendiri merupakan sebuah kawasan wisata danau yang ada di taman Nasional Gede Pangrango. Di situ Gunung Sukabumi sendiri ada banyak sekali destinasi wisata yan bisa kamu kunjungi seperti danau atau Situ, Curug Sawer, Hutan dan alam kawasan gede pangrango dan juga Jembatan Gantung yang kini sudah semakin ngehits di media sosial.

Jembatan Gantung Sukabumi menjadi icon baru kawasan wisata situ Gunung. Banyak yang penasaran dengan bentuk jembatan yang konon terpanjang di Jawa Barat ini. Jembatan yang pada bagian bawahnya dibuat dari papan ini semakin terlihat keren dengan adanya besi dan tali disepanjang pinggir sisi jembatan. Selengkapnya soal jembatan Gantung sukabumi bisa baca disini : Inilah Jembatan Gantung Situ Gunung, Terpanjang Di Sukabumi Jawa Barat

Kembali ketopik awal soal Rute dan akses menuju Kawasan Situ Gunung ala backpacker. Disini akan saya beri 2 pilihan moda transportasi yang bisa kalian pilih untuk tiba dikawasan Situ Gunung atau Jembatan Gantung Sukabumi.

VIA – KERETA API

  • Ambil kereta Jakarta tujuan – St Bogor (Rp 8000)
  • dilanjutkan naik kereta Pangrango, Kereta Tujuan Bogor palegan – Sukabumi (Rp 35.000 ) dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.
  • Ambil pemberhentian di Stasiun Cisaat (Sebelum stasiun Sukabumi dan setelah Stasiun Karang Tengah)
  • Tiba di Stasiun Cisaat bila tidak ada angkot yang mengarah langsung ke Situgunung kalian bisa naik angkot apapun dan minta diturunkan di Polsek Cisaat, waktunya sekitar 10 menitan karena dekat (Rp 5000)
  • Tiba dipolsek Cisaat lalu disambung Angkot merah ke arah Situ Gunung (Rp 12.000).
  • Begitu tiba digerbang situgunung jangan lupa bayar tiket masuk & izin camp (35.000).

Total Biaya yang dibutuhkan ke Situ Gunung dengan Kereta adalah Rp. 95.000 termasuk izin camp / biaya masuk kawasan situ gunung.

VIA – ELF/ BUS

  • Ambil kereta Jakarta tujuan – St Bogor (Rp 8000)
  • Dari Stasiun Bogor lanjut naik angkot 03 menuju terminal Baranangsiang (Rp 6000)
  • Tiba di terminal Baranangsiang, ambil Elf / Bus tujuan Bogor – Sukabumi & jangan lupa berhenti atau minta diurunkan dipertigaan Cisaat (Rp 30.000) dengan waktu tak tentu tergantung kemacetan.
  • Sesampainya di pertigaan Cisaat, lanjut Naik angkot merah ke arah Situ Gunung (Rp 12.000)
  • Begitu tiba digerbang situgunung jangan lupa bayar tiket masuk & izin camp (35.000).

Total Biaya yang dibutuhkan ke Situ Gunung dengan ELF/ Bus adalah Rp. 91.000 termasuk izin camp / biaya masuk kawasan situ gunung.

CATATAN PENTING

1. Disana disekitaran area camp dan gerbang banyak sekali yang berjualan makanan jadi ga perlu bingung n takut kelaperan.
2. Sinyal yang bagus hanya Telkomsel
3. Bilahari libur yang camping banyak jadi siap2 gak kebagian lapak
4. Tiket kreta tujuan Sukabumi cepat habisnya jadi pesen jauh-jauh hari
5. Kereta ke sukabumi sudah bagus, ada colokan dan ada kantinya dikerata.
6. Usahaka tiba disukabumi atau pertigaan cisaat siang / paling sore jam 15.00 karena angkot ga selalu ada
7. Disana sangat dingin apalagi malam jadi bawa jaket atau yang menghangatkan
8. Cuaca disana gak menentu kadang panas kadang ujan, siapin perlengkapnmu
9. Jalan menuju curug sawer dan danaunya sudah bagus.
10. Spot area camp banyak pilihanya

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
TYRA Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
TYRA
Guest

indah dan bagus juga ya