KATA OMED

Info Rute dan Lokasi Curug Nyogong Garut

Curug Nyogong Garut – Lembah yang hijau, hutan yang rimbun serta pegunungan tinggi yang mengelilingi Garut membuat Garut terlihat seperti kuali raksasa. Karena kekayaan Alamnya yang melimpah ruah, kota berjuluk Swiss Van Java ini memiliki pemandangan dan daerah yang indah.

Curug Nyogong Garut

Curug Nyogong Garut – Sumber : digarut.com

Banyaknya dataran tinggi membuat Garut memiliki banyak curug yang terkenal sebagai tempat wisata. Salah sarunya adalah Curug Nyogong yang berada di Cihurip ini, sebuah curug eksotis yang tersembunyi di daerah Garut Selatan.

Agar dapat menambah list destinasi wisata rekomendasi bagi kalian, kali ini kita akan membahas tentang Curug Nyogong.

Mengenal Curug Nyogong

Curug Nyogong adalah salah satu destinasi wisata yang memiliki potensi wisata air terjun andalan di Kecamatan Cihurip. Nama dari curug Nyogong ini memiliki arti menikung yang menggambarkan arah aliran jatuhan air terjun yang memang sedikit berbelok dari aliran utama di atasnya.

curug Nyogong

curug Nyogong- foto @ariswbr

Curug Nyogong memiliki aliran air yang cukup jernih. Udara disekitar curug sejuk serta kondisi lingkungan masih sangat alami. Jika dilihat dari kejauhan Air terjun ini terlihat seperti membelah bukit.

Suasana yang sangat tenang khas pegunungan yang alami dan disertai dengan air yang menyejukan menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Curug Nyogong sendiri adalah curug yang tidak terlau tinggi atau rendah, namun cukup lebar, dengan aliran air yang cukup deras.

Keindahan yang ada di Curug Nyogong

Curug Nyogong merupakan salah satu destinasi yang fasilitasnya masih belum dikelola secara baik, sehingga fasilitas disini juga masih sangat terbatas.

curug Nyogong Garut Jawa Barat

curug Nyogong Garut Jawa Barat – foto @warmanwardhani

Namun, hal inilah menjadi salah satu penyebab wisata ini sangat diminati bagi para pengunjung yang menyukai wisata alam yang masih asli. Di sekitar curug Nyogong terdapat beberapa warung kecil yang hanya buka disaat weekend atau hari libur.

Di Curug Nyogong, anda dapat menikmati jernihnya air dengan mandi-mandi kecil di sekitar area curug maupun hanya sekedar bersantia menikmati panorama alam yang disuguhkan disertai alunan suara deburan air terjun.

Selain menikmati pemandangandangan juga bermain air, curug Nyogong  ini juga bisa menawarkan beragam spot foto yang sangat photogenic dan tentunya unik. Bersantai dan menikmati indahnya Curug Nyogong pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Lokasi Curug Nyogong

Lokasi Curug Nyogong

Lokasi Curug Nyogong – Sumber : wisatajabar.com

Curug Nyogong sendiri terletak di Kampung Sawahpasir, Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akses jalan menuju Curug Nyogong ini cukup sulit. Masih belum memadainya aksesibilitas ke destinasi yang satu ini membuat anda harus ekstra hati-hati.

Namun, semua ini cukup sepadan dengan pemandangan yang akan anda dapatkan jika sampai di curug Nyogong. Selain itu, dalam perjalanan menuju curug Nyogong ini juga, ada akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang masih alami.

Tips berkunjung ke Curug Nyogong

Rute menuju curug Nyogong

Rute menuju curug Nyogong – foto @gina.yuliana

Sedikit tips untuk kalian yang berkunjung ke Curug Nyogong ini, pastikan anda berkunjung ke Curug Nyogong pada muim kemarau. Hal ini dikarenakan jalanan yang terjal dan licin disaat musim hujan. Selain itu,  dengan datang di musim panas atau musim kemarau, anda akan dapat menikmati keindahan dari curug Nyogong secara Maksimal.

Kemudian, pastikan anda mebawa perbekalan makanan dan minuman dari rumah. Persiapkan segala kebutuhan dengan matang. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa warung – warung yang ada disekitar Curug Nyogong ini hanya buka pada weekend atau hari libur saja.

Jika anda adalah orang yang baru pertama kali berkunjung ke Curug Nyogong ini, sebaiknya anda menyewa jasa Guide untuk mengantar Anda agar tidak tersesat dijalan.

Curug Nyogong

Curug Nyogong, Garut – Gunawanblog.com

Lokasi dari curug Nyogong ini tidak jauh dari curug Cibadak. Curug Cibadak Berada di bagian hulu dari Curug Nyogong. Jadi, jika Anda berwisata ke Curug Cibadak  jangan lupa untuk sekalian singgah di Curug Nyogong ini.

Jika sudah kesini, Anda baru akan percaya bahwa Garut memang diselimuti oleh keindahan-keindahan alam yang tersembunyi dan mempesona.

Demikian ulasan tentang Curug Nyogong ini. Ingat jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dan jadilah wisatawan yang ramah lingkungan.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of