KATA OMED

Harga Tiket Bukit Manggala Cilongok Banyumas Dan Rutenya

Bukit Manggala Cilongok – Tidak perlu pergi ke Luar Negeri, untuk dapat merasakan sensasi padang bukit ala Eropa dan Selandia Baru. Cukup mampir ke Cilongok Banyumas, kamu sudah dapat melihat sabana hijau perbukitan yang terhampar luas.

Bukit Manggala Cilongok atau yang juga disebut Baturraden Farm Manggala ini Lokasi tepatnya berada di Dusun 4 Karangnangka, Depok, Karangtengah, Cilongok, Banyumas atau yang dekat dengan daerah wisata Curug Cipendok.

Walaupun Bukit Manggala Cilongok ini sebenarnya belum resmi menjadi objek wisata, namun karena keindahan alamnya, sehingga berpotensi untuk dikembangkan menjadi edu wisata.

Bukit Manggala Cilongok Banyumas

Bukit Manggala Cilongok Banyumas – foto ig @dillasasi

Kehijauan sabana yang saat ini merupakan wilayah peternakan besar ini, secara tidak sengaja telah membuat banyak orang jatuh hati.

Pemandangan Sapi dan Domba yang merumput di kehijauan perbukitan, merupakan layaknya pemandangan di sabana luar negeri.

Banyak pengunjung yang mengagumi keindahan lukisan alam di tempat ini. Jadi tidak heran, jika peternakan yang sekaligus merupakan pusat pembibitan sapi perah ini, sempat viral di media sosial.

Baca Juga:

Aktivitas di Bukit Manggala Cilongok

Beberapa aktivitas seru yang dapat dilakukan, selama berkunjung ke Bukit Manggala Cilongok adalah, seperti ulasan di bawah ini.

Selfie di Bukit Teletubies

Selfie di Bukit Manggala Cilongok

Selfie di Bukit Manggala Cilongok – Photo by @Retno1933

Wilayah sabana di atas Bukit Manggala, memang sering menjadi spot foto yang keren. Mulai dari selfie, hingga sesi foto untuk prewedding yang Instagramable!.

Selain itu, cukup banyak wisatawan lokal yang sudah merasakan keindahan, dan juga kesejukan alamnya.

Mereka bahkan menyebut sabana ini sebagai Bukit Teletubbies. Tanahnya yang ditumbuhi hamparan rumput hijau berbukit, semakin terlihat sensasional, karena kawanan Sapi perah dan Domba yang hilir mudik dengan bebasnya.

Bukit Teletubbies memang tempat untuk penangkaran Sapi dan Domba, yang sudah mulai ramai dikunjungi para wisatawan lokal.

Gabungan antara panorama keindahan Gunung Slamet dan kesejukan suasananya yang hijau alami, memang  cocok sebagai tempat beristirahat.

Tempat Edu Wisata

View Bukit Manggala Cilongok

View Bukit Manggala Cilongok – Photo by @yunithahyunk

Bukit Manggala, merupakan tempat yang tepat untuk melakukan edu wisata. Karena di tempat ini, kamu dapat berwisata sambil belajar beternak, dan memerah susunya secara bersamaan.

Selain itu, kamu juga dapat menggendong dan memberi susu anak domba secara langsung.

Dan bagi pengunjung yang datang, dapat juga belajar menggembalakan Domba di alam terbuka, dari pagi hingga sore hari. Pengalaman ini, pastinya akan memberikan pengalaman yang sangat mengesankan, sebagai pengisi  liburan kamu.

Trekking

Bukit Manggala Cilongok

Bukit Manggala Cilongok – Photo by @malika.art04

Bagi kamu yang pecinta trekking kegiatan outdoor yang cukup menguji nyali, lokasi menuju Bukit Manggala sangat pas untuk melakukan kegiatan tersebut. Sebab untuk sampai di lokasi, kamu harus melalui jalan yang naik-turun, dan juga tikungan yang cukup banyak.

Namun semua kelelahan tersebut akan terbayarkan, jika kamu sudah sampai di lokasi. Kesejukan udara serta kehijauan alam sabananya, akan terasa menyenangkan, sebagai tempat untuk  beristirahat.

Fasilitas Bukit Manggala Cilongok

Bukit Manggala Cilongok

Bukit Manggala Cilongok – foto ig @febypradina

Sayangnya, belum ada fasilitas pendukung seperti toilet atau tempat kuliner yang memadai di tepat ini. Hanya  ada warung sederhana, yang menjual minuman dan makanan ringan.

Harga Tiket Bukit Manggala Cilongok

Untuk masuk ke lokasi Bukit Manggala, tidak akan dikenakan tarif alias gratis. Kamu hanya perlu sekadar membayar biaya retribusi parkir, sebesar  Rp. 2.000 –  Rp.3.000 per setiap kendaraan.

Lokasi Bukit Manggala Cilongok

Lokasi Bukit Manggala Cilongok

Lokasi Bukit Manggala Cilongok – Photo by @febrianaa62

Alamat Bukit Manggala, terletak di:

Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Area bukit Manggala. Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Rute Bukit Manggala Cilongok

Untuk menuju lokasi Bukit Manggala, hanya memerlukan waktu tempuh selama 45 menit, dari pusat kota Purwokerto. Namun untuk amannya, tetap gunakan Google Maps, kemudian  ketikan Farm Manggala Cilongok.

Baca Juga:

Nah, gimana Guys?!  Yuk, segera siapkan diri kamu, untuk menuju ke Bukit Manggala Cilongok, sebagai destinasi wisata berikutnya.

Dan jangan lupa untuk membawa kamera, agar dapat merasakan berselfie di tengah sabana hijau ala Eropa!

Selamat berlibur!

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of