KATA OMED

Harga Tiket Curug Rahong Bogor Dan Rutenya

Curug Rahong, adalah air terjun yang terletak di Cigudeg, Bogor, atau tepatnya tersembunyi di tengah hutan liar yang masih alami.

Namun karena hal tersebut, malah menjadikan air terjun ini menjadi destinasi wisata yang cukup populer. Terutama, bagi yang suka tantangan.

Curug Rahong, Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Curug Rahong, Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, Indonesia – foto ig @idhayhidayat

Sumber airnya berasal dari Sungai Cibodas, yang lokasinya berada di atas tebing. Bentuk alirannya unik, dan airnya melimpah dalam kondisi bersih.

Dengan ketinggian sekitar 15 meter, air terjun Rahong menawarkan panorama yang memanjakan mata, bagi pengunjungnya.

Baca Juga:

Rute Menuju Lokasi Curug Rahong

Lokasi dari Curug Rahong terletak jauh dari keramaian Kota Bogor. Air terjun ini berada di sebuah Kampung bernama Kedaung, yang masuk sebagai bagian dari wilayah Kecamatan Cigudeg.

Curug Rahong di jawa barat

Curug Rahong di jawa barat – foto ig @zay01039

Jika berangkat dari Kota Bogor, rutenya akan melewati kawasan tambang pasir. Pemandangannya memang kurang elok, karena penuh dengan jalanan berdebu dan gersang. 

Namun setelah melewati wilayah yang penuh dengan truk-truk besar tersebut, suasana akan berubah, saat memasuki kawasan pedesaan Cigudeg.

Pemandangan akan tergantikan oleh jalanan sempit persawahan dan perbukitan, serta aliran sungai  jernih berbatu-batu. 

Rute selanjutnya hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki. Apabila membawa kendaraan, dapat parkir di halaman rumah warga. 

Arah menuju lokasi curug, mengikuti petunjuk jalan yang telah dibuat warga sekitar.

rute menuju curug rahong

rute menuju curug rahong – foto ig @byueatworld

Jalan setapak berupa tanah yang dilalui, akan membawa perjalanan, menyusuri kawasan hutan yang cukup banyak hewan liarnya. Perlu waspada terhadap Ular, selama trekking berjalan.

Jalan setapak tersebut, juga bersisian dengan aliran sungai berbatu. Setelah melewati hutan, harus siap-siap, untuk beberapa kali menyeberangi sungai yang licin tersebut.

Pada intinya, jalur trekking menuju lokasi, memang cukup memompa adrenalin.

Panorama Curug Rahong

Curug Rahong

Curug Rahong – foto ig @idhayhidayat

Setelah berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit menyusuri sungai berbatu dan melewati hutan liar, maka akan tiba di lokasi.

Pemandangan air yang menghempas deras dari atas tebing batu setinggi 15 meter, akan menyambut pengunjungnya.

Suara deburan air dari tempat yang terisolasi, terasa seperti nyanyian indah yang menyejukkan telinga.

Air terjun ini memiliki kontur yang unik, karena tebing batunya yang menonjol. Sehingga, aliran airnya tidak tegak lurus, namun berbentuk  cembung.

Aliran tumpahan airnya juga cukup unik, karena terbagi menjadi beberapa tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Jadi tidak heran, jika tampias dari tumpahan airnya, meninggalkan hawa sejuk yang menyegarkan..

Aktivitas di Curug Rahong

Aktivitas di Curug Rahong

Aktivitas di Curug Rahong – foto ig @lutfiasungkarcell

Telaganya di air terjun tidak terlalu dalam, sehingga cukup aman jika ingin berenang atau sekedar bermain air di dalamnya.

Bagi yang menyukai aktivitas ekstrem, melompat dari atas bebatuan air terjun, akan menjadi uji nyali yang mengasyikkan.

Coba rasakan sensasi melompat dari ketinggian 3 meter, dan langsung mendarat ke kolam dengan air yang menyegarkan. Berani ambil tantangan ini?

Jika rasa lapar mulai menyerang, di lokasi terdapat warung makan, lengkap dengan saungnya, sambil melepas lelah.

Bagi para pemburu foto, saat itu adalah momen yang tepat, untuk mengabadikan keberhasilan perjalanan yang menarik.

Curug Rahong Batujajar

Curug Rahong Batujajar – foto ig @frns.hndk

Sedikit tips untuk mengambil foto di air terjun, sebaiknya dilakukan sebelum tengah hari. Saat matahari sudah tinggi, akan sulit memotret, karena pencahayaan yang kurang baik. 

Posisi curug yang berada di ketinggian, akan menimbulkan efek backlight. Sehingga, akan sulit untuk mengambil gambar yang bagus.

Fasilitas Umum di Curug Rahong

Sebelum populer, curug ini tidak memiliki fasilitas. Namun seiring berjalannya waktu, sejumlah fasilitas umum kini telah tersedia. Beberapa diantaranya seperti:

  • Toilet. 
  • Kamar bilas. 
  • Warung makan dengan bangku-bangku dan saung. 

Sayangnya, kebutuhan parkir masih terbatas, dan harus menggunakan lahan rumah warga sekitar. Selain itu, jalan setapak menuju lokasi curug, kondisinya termasuk sulit untuk dilewati, dengan petunjuk yang sangat minim. 

Harga Tiket Curug Rahong

Curug Rahong Cigudeg

Curug Rahong Cigudeg – foto ig @frns.hndk

Harga tiket untuk memasuki kawasan Curug Rahong juga cukup murah. Mulai dari biaya retribusi sebesar Rp 5.000 dan biaya parkir Rp 10.000.

Lokasi Curug Rahong

Destinasi wisata air terjun ini, terletak di:

Kampung Kedaung, Desa Rengas Jajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasinya tidak jauh dari Situs Gunung Munara dan Danau Quarry Jayamix. Dari arah Tangerang, posisi air terjun ini dapat dicapai melalui rute Parung Panjang.

Sedangkan dari arah Bogor Kota, dapat melalui rute Leuwiliang atau Rumpin.

Baca Juga:

Okay Guys! Selesai sudah ulasan kali ini tentang destinasi wisata Curug Rahong, beserta keterangan harga, dan rutenya yang menantang jiwa!. 

Semoga dapat menjadi referensi berguna, bagi kamu yang menyukai wisata petualangan yang seru dan ‘memorable’. Selamat berlibur!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of