KATA OMED

Lokasi Curug Gleweran Pamijahan Bogor Dan Harga Tiketnya

Curug Gleweran – Bogor selalu menjadi tempat wisata favorit, bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Selain karena jaraknya yang dekat, Bogor memiliki keindahan alam yang luar biasa, dan udara yang sejuk.

Bukan hanya mendapatkan julukan sebagai Kota Hujan, Bogor juga terkenal sebagai kota dengan sejuta air terjun atau curug. Semua air terjun tersebut pun, memiliki daya tarik, dan ciri khas yang berbeda-beda.

Salah Satunya Ialah Curug Gleweran Yang Berlokasi Di Pamijahan Bogor.

Baca Juga :

curug gleweran pamijahan bogor

curug gleweran pamijahan bogor – foto milik ig @heri_swn

Curug Gleweran relatif lebih rendah. Tingginya hanya sekitar 6 meter saja, dengan kedalaman 1-2 meter. Uniknya, air yang mengalir ke curug ini ialah air yang berasal dari Curug cikawah.

Saat menuju ke lokasi air terjun Curug Gleweran jalanya searah dengan rute menuju curug Cikawah.

Keistimewaan dari Curug Gleweran ini, kolamnya terlihat sangat indah dan menyejukkan. Siapapun yang melewatinya, pasti tidak langsung dapat menahan diri untuk singgah terlebih dulu.

curug gleweran

curug gleweran – foto miliki ig @putradejavu

Biasanya yang sering mampir ke lokasi Gleweran, paling sedikit akan berdiam sekitar 3-4 jam, sebelum melanjutkan perjalanan ke curug Cikawah. 

Hal lainnya yang membedakan Curug Cikawah dan curug Gleweran adalah, airnya ini lebih deras dari Cikawah. Pasalnya, air yang bermuara di Curug Gleweran, merupakan gabungan dari beberapa mata air, termasuk yang berasal dari Curug Cikawah.

Selain itu, Curug Gleweran juga memiliki temperatur airnya yang menyegarkan. Di dasar kolamnya, banyak terdapat batu-batu kecil yang berwarna kemerahan, karena airnya yang mengandung belerang.

Oleh sebab itu, air di dalam kolam curug ini cukup dingin, namun tidak membuat kita sampai menggigil.

Di bagian sebelah kiri curug, terdapat tangga kayu menuju Cikawah. Untuk melanjutkan perjalanan menuju Curug Cikawah, dapat melewati tangga tersebut.

Trekking Menuju Gleweran Bogor

rute menuju curug gleweran

rute menuju curug gleweran – foto ig @apanjimotret

Perjalanan menuju Curug Gleweran memang terbilang tidak mudah, karena lokasinya yang terletak di kaki Gunung Salak dan sangat terpencil.

Lintasan trekking akan berawal dari daerah persawahan milik warga, hingga menuju kawasan hutan yang hijau dan teduh.

Namun jalan setapak di dalam hutan, ternyata jauh lebih sulit medannya, karena sangat kecil dan licin. Setelah menyusuri jalan setapak tersebut, perjalanan akan berakhir di lokasi suatu air terjun yang tak terlalu tinggi. 

Namun air terjun tersebut memiliki dua aliran air yang berbeda, yang satu alirannya lebih lebar dan deras sedangkan yang satunya kecil. Air terjun tersebut adalah Curug Gleweran.

Keseluruhan waktu trekking yang dibutuhkan untuk menuju kedua tempat ini, sekitar kurang lebih 2.5 jam tracking. 

Dari lokasi Curug Gleweran ini jika masih punya waktu banyak maka kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju curug Cikawah.

treking menuju curug cikawah

treking menuju curug cikawah – foto ig @yogigunawann

perjalanan akn lebih banyak menyusuri sebuah sungai yang terdapat banyak sekali bebatuan yang cukup besar. Arah sungai ini akan membawamu semakin dekat menuju Curug Cikawah.

Sebaiknya tetap berhati-hati, saat menapaki bebatuan, karena kondisinya yang licin, sehingga mudah sekali terperosok, walaupun airnya sangat jernih. Selama perjalanan, keindahan alami dari suatu wilayah hutan sangatlah terasa. 

Sejuknya udara yang bebas dari polusi, serta deburan air sungai yang mengiringi perjalanan, seolah dapat menghilangkan kelelahan.

Terutama setelah melalui perjalanan cukup panjang. Apabila dari kejauhan terlihat kepulan asap, artinya lokasi Cikawah sudah semakin dekat .

Tiket Masuk Curug Gleweran Bogor

Buat  Temen Temen Yang Tertarik Berkunjung Ke Curug Gleweran Harga Tiket Masuknya Masih Terjangkau Yakni  Rp 10.000/ Orang Dan Untuk Biaya Parkir Kendaraan Motor Yakni Rp 5.000.

Jika Kalian Ingin Lebih Aman Lebih Baik Sewa Guide Lokal Dan Bisa Dibayar Sesuai Kesepakatan.

Lokasi Curug Cikawah Dan Gleweran Bogor

lokasi curug gleweran

lokasi curug gleweran – foto ig @putradejavu

Lokasi dan Alamat Curug Gleweran berada di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Kalian Bisa Menggunakan Maps Hingga Sampai Ke Desa Ciasmara. Meski Jalanya Berbatu Tapi Sudah Cukup Baik Karena Sudah Bisa Dilalui Kendaraan Motor Atau Mobil.

Rute Menuju Gleweran Bogor

curug gleweran ciasmara pamijahan bogor

curug gleweran ciasmara pamijahan bogor – foto ig milik@ frns.hndk

Dari Kota Bogor Dengan Transportasi Umum

  • Perjalanan berawal dari Stasiun Bogor, kemudian naik angkot ke terminal Bubulak. Dari sana ambil angkot jurusan Leuwiliang atau Jasinga, dan turun di pertigaan Cibatok atau Polsek Cibungbulang.
  • Dari pertigaan Cibatok naik angkot no 52 jurusan gunung Picung turun. Turun di pertigaan Abah AA, dan sewa ojek sampai gerbang masuk Curug Cikawah

Dari Jakarta Dengan Kendaraan Pribadi

  • Perjalanan dari Jakarta, akan mengarah ke Cibubur, hingga melewati  Cileungsi, Citeureup dan Sirkuit Sentul. Dari Sirkuit Sentul arahkan kendaraan menuju Jl.Raya Bogor,  menuju Yasmin/Bubulak, hingga tiba di IPB Darmaga.
  • Dari sana lurus terus hingga melewati  Pertigaan Cibatok dan Pertigaan Cemplang. Setelah itu akan sampai di Desa Cibitung, sebelum sampai di Desa Ciasmara.

Baca Juga:

Keindahan alam di Curug Gleweran memang luar biasa. Sayang kalau kamu tidak merasakannya sendiri. Yuk, segera siapkan peralatan dan kamera, untuk segera berangkat ke destinasi wisata yang keren ini.

Selamat berlibur!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of