KATA OMED

Jadwal Kapal Pelni dari Bima ke Ambon, Bima ke Bau-bau dan Bima ke Wanci Wakatobi

Salah satu kota yang pernah saya datangi dan saya sukai adalah kota Bima. Selain kot aini berada ditepian teluk dan lautan, kota Bima juga sangat cantik apalagi kalo sore dan pagi hari. Bima adalah sebuah kota otonom yang terletak di Pulau Sumbawa bagian timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Dikota ini ada sebuah pelabuhan besar bernama Pelabuhan Kota Bima. Pelabuhan ini menjadi pintu utama masuknya penumpang, barang dan jasa dipulau Sumbawa. Pelabuhan Bima dibangun pada Tahun 1963, merupakan pelabuhan laut utama di wilayah pengembangan Pulau Sumbawa Bagian Timur sebagai Pelabuhan Feeder.

Baca Juga :

Pelabuhan kota Bima – foto media ntb

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal pelni yng berlayar dari Kota bima menuju kota-kota lainnya seperti kota Wanci Wakatobi, Kota Bau bau Pulau Buton dan kota Ambon Maluku menggunakan kapal pleni km Tilongkabila dan km Leuser.

BIMA – BAU-BAU

Sebagai salah satu kota terbesar di provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Bau-bau menjadi salah satu pusat perekonomian dikawasan kepulauan tersebut. Kota Baubau adalah sebuah kota besar yang berada di Pulau Buton, provinsi Sulawesi Tenggara. Bahkan Baubau menduduki peringkat ke-8 sebagai kota terbesar di Sulawesi berdasarkan jumlah populasi tahun 2010 atau urutan ke-2 untuk Provinsi Sulawesi Tenggara. Hasil registrasi penduduk pada akhir tahun 2006 berjumlah 122.339 jiwa. Nah dari kota Larantuka kini kita juga bis amenuju ke Baubau di Buton Sulawesi Tenggara. Berikut Informasinya.

Baca juga ya :

Pelabuhan Baubau Buton – foto google

Kota Baubau mempunyai wilayah daratan seluas 221,00 km², luas laut mencapai 30 km² merupakan kawasan potensial untuk pengembangan sarana dan prasarana transportasi laut. Tak heran bila hampir setiap hari kapal-kapal besar singgah dikota ini baik kapal yang ingin menuju ke Timur Indonesia seperti Maluku dan Papua atau kapal yang akan menuju Sulawesi.

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal pelni dari kota Bima menuju kota baubau di Buton sulawesi tenggara menggunakan kapal pelni KM Tilongkabila.

Rute pelayaran : BIMA – LABUAN BAJO – MAKASSAR – BAU-BAU
Nama Kapal Pelni: KM.TILONGKABILA
Berangkat dari pelabuhan Bima : 14-07-2019 | 13:00
Tiba dikota Baubau buton : 16-07-2019 | 20:00
Tarif penumpang dan Harga tiket Kapal pelni km Tilongkabila dari Kota bima ke Baubau : Dewasa Rp 310.000 dan balita Rp 37.000

BIMA – AMBON

Sebagai salah satu kota pelabuhan tersibuk di Timur indonesia, Kota ambon sangatlah memegang peranan penting dalam penyaluran barang dan jasa ke kawasan Timur. Kota Ambon adalah ibu kota dan kota terbesar dari Provinsi Maluku. Kota yang berdiri di selatan Pulau Ambon ini berawal dari pendirian sebuah benteng yang senantiasa menjadi pusat pertumbuhan kota.

Kota ini didirikan oleh bangsa Portugis yang menamainya dengan istilah Nossa Senhora da Anunciada. Sejak zaman VOC dan Belanda, kota ini berkembang cepat sebagai pusat pembudidayaan dan perdagangan rempah dan salah satu kota penting di Nusantara hingga sekarang berkedudukan sebagai ibu kota provinsi.

Monumen Kota Ambon – foto A Musical Promenade

Baca juga :

Kota Ambon merupakan pusat pelabuhan, pariwisata, dan pendidikan bagi wilayah Kepulauan Maluku. Dari antara beberapa pelabuhan di kota, Pelabuhan Yos Sudarso di kota ini menjadi pelabuhan utama kota dan provinsi. Pada tahun 2016, Ambon memiliki perkiraan penduduk sebesar 427.934 jiwa dan hal ini menjadikan Ambon kota terbesar di provinsi Maluku.

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal pelni dari kota Bima menuju kota Ambon Maluku menggunakan kapal pelni KM Leuser.

Rute pelayaran : BIMA – LABUAN BAJO – MAKASSAR – BAU-BAU – WANCI – NAMROLE – AMBON
Nama Kapal Pelni: KM.LEUSER
Berangkat dari pelabuhan Bima : 28-06-2019 | 15:00
Tiba di pelabuhan Kota Ambon : 02-07-2019 | 18:00
Tarif penumpang dan Harga tiket Kapal pelni km Luser dari Kota Bima ke kota Ambon : Dewasa Rp 451.000 dan balita Rp 50.000

BIMA – WANCI WAKATOBI

Tau Wakatobi kan ? yap kawasan wisata mendunia yang terkenal dengan keindahan lautnya ini memang menjadi destinasi utama liburan para penyelam dari seluruh dunia. Bagi masyarakat Sulawesi Tenggara, Wakatobi lebih dikenal dengan sebutan Wanci alias Wangi-Wangi mengingat pusat pemerintahan dan pusat perekonomian warga kabupaten Wakatobi berada di Wanci. Nah bagi mereka yang ingin berepergian keluar dari kota Wanci ini bisa naik kapal laut pelni dengan berbagai tujuan seperti ke Raha Muna, Kaendari dan juga ke Baubau.

Wanci adalah sebuah Kota yang berada dipulau Wangi-Wangi bagian dari Kepulauan Wakatobi Sulawesi Tenggara. Nah pelabuhan Wanci ini berada tepat dikota Wangi-wangi. Kabupaten Wakatobi yang terletak pada dua jalur pelayaran Internasional yaitu Laut Banda dan Laut Flores menempatkan Wakatobi sebagai daerah transit bagi pelayaran Nasional maupun Internasional baik ke wilayah Barat maupun Wilayah Timur Indonesia. Dan salah satu rute pelayaranya adalah menuju Kota Baubau Pulau Buton melalui pelabuhan Kamaru.

Baca juga :

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal pelni dari kota Bima menuju kota Wanci Wakatobi Sulawesi tenggara menggunakan kapal pelni KM Leuser.

Rute pelayaran : BIMA – LABUAN BAJO – MAKASSAR – BAU-BAU – WANCI
Nama Kapal Pelni: KM.LEUSER
Berangkat dari pelabuhan Bima : 28-06-2019 | 15:00
Tiba dikota Wanci Wakatobi : 01-07-2019 | 08:000
Tarif penumpang dan Harga tiket Kapal pelni km Leuser dari Kota Bima ke kota Wanci Wakatobi : Dewasa Rp 363.000 dan Balita Rp 41.000

Baca juga :

Kantor Walikota Bima – foto Repubilka

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
5. Jadwal kapal diatas hanya contoh Sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id
6. Jika kalian ingin bertanya soal rute dan jadwal kapal, silahkan searching dikolom pencarian dan kalo gak ketmu juga silahkan tinggalkan komentar. Nanti saya bales.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of