KATA OMED

Tips, Info Penyebrangan dan Cara Ke Gili Trawangan Ala Backpacker

Salah satu pulau surga dunia untuk mereka yang suka dengan pesta dan ingin bebas dari kendaraan bermotor serta suka dengan aktifitas di pantai, Trawangan adalah salah satu tempat yang sangat cocok.

Tentang Gili Trawangan

Cara menuju Gili Trawangan

Cara menuju Gili Trawangan

Gili Trawangan atau pulau Trawangan adalah sebuah pulau wisata yang berada dikawasan Lombok Barat provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebenarnya disekitar Gili Trawangan ada 2 gili lainnya yang juga cukup terkenal yakni Gili Air dan Gili Meno namun memang yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili tersebut adalah Trawangan.

Gili Trawangan memilki panjang sekitar 3 km dan lebar 2 km. Gili Trawangan juga berpopulasi sekitar 1000 jiwa baik yang menetap dan bekerja dipulau ini maupun yang berbisnis dipulau wisata yang menjadi salah satu tempat party terseru di dunia.

Selain fasilitasnya yang cukup lengkap mulai dari penginapan mewah sekelas Hotel, resort hingga hostel, dipulau ini juga ada rumah sakit, klinik, Cafe2 dan klub2 malam juga berbagai minimarket dan masjid.

Harga paket Explore 3 gili trawangan meno dan air

Harga paket Explore 3 gili trawangan meno dan air

Untuk aktiftas yang bisa kita lakukan dipulau Trawangan adalah Menikmati sunset dan sunrise, bisa berkeliling pulau dengan sepeda atau kuda, snorkling dan diving hingga hiburan malam yang bebas untuk siapa saja tanpa perlu berpakaian rapi atau memakai sepatu.

Oh ya yang unik dari pulau yang mayoritas dihuni oleh 80 persen lebih bule-bule dari mancanegara ini adalah tidak diperbolehkanya kendaraam bermotor masuk kepulau ini. Jadi yah aktifitas keseharianya menggunakan Sepeda atau delman atau Bendi alias kuda. Jauh dari polusi kan, itulah salah satu yang saya suka dari pulau indah ini.

Cara Menujun Gili Trawangan

Nah setelah kalian mendapat sekilas gambaran tentang Gili Trawangan, sekarang saya mau sedikit berbagai tips atau berbagai info tentang cara menuju gili trawangan dengan Backpackeran.

Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan Lombok

Yang pastinya karena gili trawangan ini ada di Lombok NTB, pastinya kalian harus sampai terlebih dahulu di Lombok. Untuk tips biar bisa backpackeran murah ke Lombok, kalian bisa baca info lengkapnya disini : Tips dan Cara Backpackeran Murah ke Lombok Lewat Jalur Darat.

Bagi teman-teman yang naik pesawat dan tiba dibandara Praya Lombok, cara terdekat menuju Gili Trawangan adalah bisa menggunakan Taxi bandara atau naik bus Damri dengan Rute Bandara – Pantai Senggigi Lombok harganya 40.000 per penumpang.

Kendaraan di gili trawangan hanya sepeda dan kuda

Kendaraan di gili trawangan hanya sepeda dan kuda

Nah dari pantai senggigi ini kita harus naik mobil penumpang seperti avanza atau omprengan atau bisa grab or gojek kalo dapat n ada yang lewat menuju pelabuhan Bangsal. Lama perjalanan dari Senggigi ke pelabuhan Bangsal adalah 30 menitan melintasi jalan berbukit dan berliku. Tenang saja sebab pemandangan selama diperjalanan sangat indah sekali.

Spot sunset di gili trawangan adalah sunset point

Spot sunset di gili trawangan adalah sunset point

Harga Tiket Kapal penyebrangan Dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan

Perlu diketahui jika penyebrangan menuju Gili Trawangan itu bisa dilakukan dengan 2 cara yakni Melaui private boat yang cepat atau public boat alias kapal umum. Harganya juga jauh berbeda jika private boat sekali menyebrang dikenakan Rp 100.000 maka untuk public boat alias kapal umum hanya dikenakan Tarif Rp 15.000/ penumpang + 2000 tiket masuk gili Trawangan.

Jadwal penyebrangan kapal dari bangsal lombok ke gili trawangan

Jadwal penyebrangan kapal dari Pelabuhan bangsal lombok ke gili trawangan

Setibanya dipelabuhan Bangsal kita tinggal menuju Loket pembelian tiket kapal. Pilih kapal penumpang umum atau public boat seharga 15.000 dan nanti akan diberi tiket yang warna kertasnya bereda2. Nah kapal akan mulai berangkat setelah penumpngnya cukup dan akan diumumkan oleh petugas jika kapal dengan tujuan Trawangan dan berwarna pink (misalnya) sudah siap berangkat.

Harga tiket penyebrangan kapal dari bangsal lombok ke gili trawangan

Harga tiket penyebrangan kapal dari bangsal lombok ke gili trawangan

Lama Penyebrangan dari Bangsal menuju gili Trawangan adalah hanya 25 menitan saja. Waktu keberangkatan kapal sendiri akan ada setiap 30 menit – 1 jam sekali jadi kalian tak perlu kehabisan tiket kapal. Namun penyebrangan ke gili trawangan akan berakhir atau ditutup alias penyebrangan terkahir adalah jam 17.00. Lewat dari jam tersebut sudah tidak ada kapal public boat lagi yang menyebrang mamun kapal jet atau kapal express masih ada.

Cara Lain Menuju Gili Trawangan

Jika teman2 sedang berada di Bali, saat ini kapal boat atau express juga ada yang langsung menyebrang dari Pelabuhan Sanur Bali menuju Gili Trawangan Langsung selama kurang lebih 3-4 jaman. Nah kapal ini akan berlayar setiap hari mulai pukul 08.00 pagi dan harga tiketnya sekitr 250-350 per penumpang.

Sunset gili Trawangan

Sunset gili Trawangan

Gimana guys, tertarik dan ingin ke gili Trawangan Langsung? Oh ya berikut ini saya share info penting terkait Gili Trawangan.

1. Kendaraan bermotor dilarang, hanya ada sewa sepeda Rp 40-50/ sepeda atau naik kuda bisa ber 4 orang sekali jalan 150.000
2. Rate hotel di gili trawangan bervariasi dan sangat lengkap. Bisa dicek diaplikasi booking mula dari 100ribuan hingga jutaan.
3. Banyak bar atau klub malam gratis untuk masuk tanpa harus dandan rapi.
4. Kunjungi sunset point disebelah sisi pulau. Untuk menuju kesana kalian nak sepeda saja.
5. Banyak Atm, cafe, toko, apotik dan juga tempat pijat dipulau ini jadi sangat aman.
6. Jika ingin ikut paket snorkling di 3 gili hargaya 100ribuan saja.

 

Selamat berlibur guys.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

13
Leave a Reply

avatar
10 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
10 Comment authors
Kata OmedFaliqUffaHalimah NPaminto Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Dije
Guest

passsss bgt aku belum pernah nih ke Lombok pengen ke Gili Trawangan dan sekitarnya .. thanks for sharing ka Omeddd 😀

Sita
Guest

Halo kaka.. baru ini nemu yg lengkap begini. Makasih bgt ya kak. Infonya 👍👍 jadi pengen kesana lagi. Semoga bsk ps mau nyebrang sdh ada dermaganya

Sita
Guest

Halo kaka.. baru ini nemu yg lengkap begini. Makasih bgt ya kak. Infonya 👍👍 jadi pengen kesana lagi. Semoga bsk ps mau nyebrang uda ada dermaganya

Melati Raya Sihotang
Guest
Melati Raya Sihotang

Wahh jadi kangen sepedaan mutrerin gili trawangan naik sepeda bareng bule dari berbagai negara. Hehehee. Dulu aku jga backpacker an ke sini… waktu mau naik kapal menuju gili agak bingung, soalnya dipanggilnya gak jelas rame bgt.. tp seru sihh backpackeran ke Gili trawangan.

Suha miranda
Guest

Ihhh waktu itu aku pake private boat dari gili trawangan ke bali tapi katanya ombaknya gede jadi harus naik kapal bisa dari lombok.. dan itu jadi lamaaaa banget dari gili jam 8/9 pagi sampe balinya tuh tengah malem 🙁

Itsnain
Guest

Mau juga dong diajak ke gili sama kak omed yang hits abiiiis

Paminto
Guest

Waahh lengkap banget infonya, Med. Pengen deh main lagi ke Gili T setelah 9 tahun. Sunsetnya bagus bangeet

Halimah N
Guest

wah info nya berguna bgt nih kak buat aku, bisa banget dicoba nanti kalo mau holiday rame2 kesana.. mantaaaaaap !!!

Uffa
Guest

waaaah keren! makasih kak udah sharing, jadi pengen nabung buat ke gili trawangan~

Faliq
Guest

Aseem, udah kesana aja lu med. Ngirii. Kapan2 harus ikut trip BPJ lah kesana aku.