KATA OMED

7 Tempat Rafting Seru Yang Dekat Dengan Jakarta

Tempat rafting seru yang dekat dengan Jakarta itu cukup banyak. Semuanya menawarkan pesona olahraga rafting yang menegangkan dan sensasional.

Tidak jarang di sungai-sungai ini sering diadakan even rafting kelas lokal maupun nasional.

Tempat rafting seru yang dekat dengan Jakarta

Tempat rafting seru yang dekat dengan Jakarta//Detiktravel

Berikut ini akan dijelaskan tempat rafting seru di Jakarta.

Silakan disimak siapa tahu kalian tertarik untuk mendatanginya, dijamin jika sudah tiba di sini semangat untuk langsung turun ke sungai menjadi tak terbendung. Inilah daftar 7 tempat rafting yang dimaksud :

1. Rafting di Sungai Cisadane

Rafting di Sungai Cisadane

Rafting di Sungai Cisadane – foto paketotbond

Tempat rafting terseru di Jakarta yang pertama adalah Sungai Cisadane. Jalur sungai yang cukup terkenal di Indonesia dengan pesona keindahan yang eksotis serta cuacanya yang segar.

Sungai Cisadane sering dijadikan sarana rafting karena memiliki aliran sungai yang deras. Selain itu, di beberapa spot-nya terdapat batu karang berbagai ukuran yang membuat olahraga rafting menjadi lebih menarik.

Sungai Cisadane berada di Kecamatan Caringan Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jarak dari Jakarta tidak terlalu jauh hanya beberapa kilo meter saja. Jadi kalian tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi yang besar.

2. Rafting di Sungai Kalibaru

Rafting di Sungai Kalibaru

Rafting di Sungai Kalibaru – foto Raftingkalibaru

Bogor layak disebut surganya rafting. Sebab, di sini banyak sungai dengan contour yang cocok untuk olahraga penguji andrenalin tersebut. Salah satu yang populer adalah Sungai Kalibaru.

Rafting di Sungai Kalibaru didominasi oleh kalangan pemuda yang masih pemula. Sebab, dari segi keamanan lebih bagus karena aliran jeram tidak terlalu deras. Selain itu batu yang berada di tengah sungai berukuran sedang alias tidak terlalu besar.

Sungai Ini berada di seputaran kota Bogor. Jika naik kendaraan dibutuhkan waktu 10 menit saja untuk tiba di lokasi. Jadi kalau budget kalian minim datang saja ke Sungai Kalibaru Bogor.

3. Rafting di Sungai Cimanuk

Rafting di Sungai Cimanuk

Rafting di Sungai Cimanuk – foto ig @ogiebogel

Tempat rafting seru yang dekat dengan Jakarta yang ketiga adalah Sungai Cimanuk. Sebuah sungai yang berada di antara hutan dan persawahan yang cukup terkenal di Kabupaten Garut. Karena lokasi ini pemandangan di sekitar sungai cukup indah.

Tempat rafting di Sungai Cimanuk cocok bagi kalangan pemula. Sebab arus jeramnya tidak terlalu besar serta sudah ada pemandu yang siap menemani. Kalian juga tidak perlu khawatir dengan keselamatan karena sistem safety yang diusung sudah maksimal.

Tempat rafting terkenal ini ada di Kecamatan Bayongbong Garut. Sebuah kawasan yang memang terkenal asri dan permai. Bahkan kesulitan rafting di sungai bisa dipetakan menjadi beberapa tingkatan saking uniknya kontur sungai.

4. Rafting di Sungai Cikadang

Rafting di Sungai Cikadang

Rafting di Sungai Cikadang -foto nasionaltempoco

Tempat rafting yang juga terkenal di Jawa Barat adalah Sungai Cikadang. Namun sungai ini hanya cocok untuk kalangan mahir dan profesional saja. Karena arus jeramnya sangat deras dengan ketinggian gelombang mencapai 1-3 meter.

Sungai Cikandang juga tergolong tempat rafting yang jalurnya cukup panjang. Dari hulu sampai ke hilir diperhitungkan berjarak 28 kilo meter. Kalian bisa menyusurinya dengan memakan waktu 4 jam.

Jika pun tidak ingin melakukan rafting kalian masih bisa berwisata di hulu sungai. Karena lokasinya tepat di kaki Gunung Papandayan yang terkenal dengan pesona dan keindahan alamnya.

5. Rafting di Sungai Palayangan

Rafting di Sungai Palayangan

Rafting di Sungai Palayangan – foto outbondlembang

Yang terkenal dengan surganya mania rafting tidak hanya Bogor dan Garut, Bandung juga tergolong di dalamnya. Bahkan di kota kembang ini terdapat sungai yang sangat menantang jika digunakan untuk rafting namanya adalah Sungai Palayangan.

Sungai Palayangan khusus ahli rafting dan bukan untuk pemula. Sebab jarak sungai hanya 5 meter dengan bebatuan berbagai ukuran berada di tengah-tengah sungai. Selain sempit arus airnya juga sangat deras.

Sungai Palayangan berada di Situ Cileunca yang masuk kawasan Bandung Selatan. Di sini kalian bisa menikmati olahraga rafting sekaligus menikmati pemandangan sekitar sungai yang indah.

6. Rafting di Sungai Citatih

Rafting di Sungai Citatih

Rafting di Sungai Citatih – foto ig @by_hq1509

Tempat rafting paling dekat dengan Jakarta selanjutnya adalah Sungai Citatih yang ada di Kabupaten Sukabumi.  Ini merupakan tempat rafting yang unik karena memiliki tingkatan sungai dengan kesulitan berbeda.

Tingkatan sungai yang paling rendah untuk keluarga yang ingin rafting. Selain arusnya tidak deras batu yang ada di sekitar sungai juga berukuran kecil. Jarak tempuh sungai sendiri hanya 1 jam.

Sedangkan jalur berikutnya untuk pe-rafting profesional. Yang mana jarak tempuhnya ada yang sampai 5 jam dengan kondisi jeram yang lebih deras dan ketinggian gelombang lebih maksimal.

7. Rafting Cianten Bogor

Rafting Cianten Bogor

Rafting Cianten Bogor – foto ig @opssail

Tempat rafting paling dekat dengan Jakarta yang terakhir adalah rafting di sungai Cianten Bogor.

Rafting di Cianten Bogor ini cukup disukai dan menjadi salah satu tempat arung jeram favorot karena selain dekat dengan jakarta juga karena arusnya yang bersahabat dengan wisatawan.

Rafting di sungai Cianten Bogor ini tepatnya berada di Kampung Muara Jaya, Desa Ciaruten Ilir, Ciampea, Bogor.

sungai cianten ini mempunyai 5 anak sungai kecil yang menyatu hingga volume air lebih stabil meskipun sedang musim kemarau.

**

Itulah beberapa tempat rafting seru yang dekat dengan Jakarta.

Sebenarnya ada 1 tempat rafting lagi, rekomendasi buat kalian yang ingin sekalian liburan jauh yakni AC Rafting Pemalang.

AC. Rafting Arung Jeram Pemalang terletak di Jl. Raya Randudongkal – Moga Km 2 Kebanggan, Moga, Pemalang – Jawa Tengah, atau Pemalang bagian Selatan ± 44 KM dari Pemalang Kota.

Silakan didatangi jika kalian memang tertarik dengan olahraga yang satu ini. Namun pastikan keamanannya tetap terjaga ya.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
ZAINAL MUTAKIN Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
ZAINAL MUTAKIN
Guest

Wah terima kasih banyak omed, bisa jadi refrensi banget untuk pilihan kalau pengin rafting….