KATA OMED

Jadwal Kapal Perintis Sabuk Nusantara 110 Dari Pelabuhan Sinabang ke Meulaboh, Ke Calang Dan Ke Tapak Tuan

Published · Updated

Bagi masyarakat Aceh khususnya kawasan di pesisir Barat seperti Meulaboh dan sekitarnya, pasti sudah tahu dan sudah tidak asing lagi tentang keberadaan kapal pelni yakni kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 110 yang sudah beroperasi sejak 2018 lalu. Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 110 merupakan kapal penumpang dan barang yang memiliki kapasitas 1.200 GT dan bahkan bisa menampung 400 orang penumpang plus 50 ton barang. Kapal ini menjadi salah stau tumpuan bagi masyarakat pesisir Barat aceh yang ingin berpergian kebeberapa kota dilintasan kapal perintis Sabuk Nusanatara 110.

RUTE PELAYARAN KAPAL SABUK NUSANTARA 110

Saat ini kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 110 melayani beberapa kota seperti :

1. Kota Meulaboh
2. Kota Calang
3. Kota Tapak Tuan
4. Kota Sinabang

Baca juga ya :

Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 110 Aceh

Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 110 Aceh – foto @jadwal_sabuk_nusatara_110

Tercatat kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 110 melayani dua trayek yaitu trayek  yaitu R-1 yang berpangkalan di Meulaboh dan R-2 yang berpangkalan di Calang. Untuk Rute dari Pelabuhan Calang adalah seprti berikut ini : Pelabuhan Calang – Sabang – Malahayati – Sabang – Lhokseumawe – Sabang – Calang – Sinabang – Tapak Tuan – Sinabang – Calang.

Berikut ini detail jadwal keberangkatan Kapal pelni atau kapal Perintis KM Sabuk Nusantar a110 yang beralayar dari Pelabuhan Sinabang ke beberapa kota seperti ke Calang, Tapak Tuan dan ke Meulaboh.

TENTANG KOTA SINABANG

Sinabang adalah ibu kota Kabupaten Simeulue, Aceh, Indonesia. Kota Sinabang terletak di bagian timur Pulau Simeulue. Berdasarkan Sensus Penduduk 2010, populasi Simeulue Timur berjumlah 28.927 dengan komposisi etnis terbesar merupakan orang Minangkabau, Aceh, dan Simeulue, kabupaten simeulue memimiliki beberapa pulau, yakni pulau simeulue cot, dan sebagainya.

Baca Juga :

Pelabuhan Sinabang SimeulueAceh

Pelabuhan Sinabang SimeulueAceh – ftoto google

Pelayaran Kapal Sabuk Nusantara 110 juga telah menyinggahi Kota Sinabang ini selain tentunya Kapal ferry Roro yang sudah lebih dahulu berlayar dari Sinabang. Kapal Sabuk Nusantara 110 dari Sinabang melayani rute ke Mulaboh, Tapak Tuan hingga ke Kota Calang.

SINABANG – CALANG

Pelabuhan Calang adalah salah satu pelabuhan penumpang dan juga barang yang beroperasi dikawasan  Krueng Sabee, Kota Calang Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Kota Calang ini merupakan ibukota atau pusat pemerintahan kabupaten Aceh Jaya. Nah salah satu rute pelayaran Kapal Sabuk Nusantara 110 ini adalah dari pelabuhan Calang ini menuju beberapa kota di Pesisir Barat Aceh.

Berikut ini adalah Jadwal keberangkatan Kapal Sabuk Nusantara 110 Dari Pelabuhan Sinabang Ke Pelabuhan Calang.

Berangkat Dari Pelabuhan Sinabang :

Kapal pertama : Tanggal 6 Juli 2019 – Hari Sabtu Jam 15.00
Kapal kedua : Tanggal 13 Juli 2019 – Hari Sabtu Jam 15.00

Tiba di Pelabuhan Calang :

Kapal Pertama : Tanggal 7 Juli 2019 – Hari Minggu Jam 09.00
Kapal kedua : Tanggal 14 Juli 2019 – Hari Minggu Jam 09.00

Baca juga ya :

Jadwal Kapal Tol Laut Sabuk Nusantara 110

Jadwal Kapal Tol Laut Sabuk Nusantara 110 – foto @jadwal_sabuk_nusatara_110

SINABANG – MEULABOH

Kapal Sabuk Nusantara 110 juga melayani pelayaran ke Meulaboh. Kota Meulaboh merupakan ibu kota dari Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 245 km tenggara Kota Banda Aceh di Pulau Sumatra. Meulaboh adalah kota kelahiran Pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan.

Meulaboh merupakan salah satu area terparah akibat bencana tsunami yang dipicu oleh gempa bumi Samudra Hindia 2004. Pekerjaan sebagian besar penduduknya mencerminkan kehidupan perkotaan, yakni perdagangan dan jasa (wikipedia). Berikut ini adalah Jadwal keberangkatan Kapal Sabuk Nusantara 110 Dari Pelabuhan Sinabang Ke Pelabuhan Meulaboh.

Berangkat Dari Pelabuhan Sinabang :

Kapal pertama : Tanggal 2 Juli 2019 – Hari Selasa Jam 18.00
Kapal kedua : Tanggal 9 Juli 2019 – Hari Selasa Jam 18.00

Tiba di Pelabuhan Meulaboh :

Kapal Pertama : Tanggal 3 Juli 2019 – Hari rabu Jam 06.00
Kapal kedua : Tanggal 10 Juli 2019 – Hari rabu Jam 06.00

Baca Juga :

Pelabuhan Tapak Tuan Aceh

Pelabuhan Tapak Tuan Aceh – foto pesona alam aceh nan indah

SINABANG – TAPAK TUAN

Tapak tuan adalah ibukota dan pusat pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Tapaktuan merupakan wilayah kota setingkat kecamatan yang juga dikenal dengan sebutan Kota Naga. Etnis Aneuk Jamee sendiri lebih sering menyebut kota ini dengan sebutan “Taluak”. Kota ini mempunyai makanan khas yaitu Kue Pala. Salah satu pelayaran kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 110 ini adalah kota Tapak Tuan.

Berikut ini adalah Jadwal keberangkatan Kapal Sabuk Nusantara 110 Dari Pelabuhan Sinabang Ke Pelabuhan Tapak Tuan.

Berangkat Dari Pelabuhan Sinabang :

Kapal pertama : Tanggal 5 Juli 2019 – Hari Jumat Jam 14.00
Kapal kedua : Tanggal 12 Juli 2019 – Hari Jumat Jam 14.00

Tiba di Pelabuhan Tapak Tuan :

Kapal Pertama : Tanggal 5 Juli 2019 – Hari Jumat Jam 21.00
Kapal kedua : Tanggal 12 Juli 2019 – Hari Jumat Jam 21.00

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan
4. Bawa bekal makanan biar lebih hemat sebab dikapal hanya menjual mie instan dan kopi saja

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of