KATA OMED

Pulau Kosiok, Tempat Wisata Baru di Kampar yang lagi hits

Pulau Kosiok – Di Kampar terdapat sebuah destinasi wisata ramah keluarga baru yang bernama Pulau Kosiok.

Pulau Kosiok Kampar terletak di desa Muara Jalai kecamatan Kampar utara,  kabupaten Kampar, provinsi Riau, tepatnya di PLTA Koto Panjang. Pulau Kosiok, Kampar terbentuk dari timbunan pasir yang membuat sungai surut.

Pendangkalan tersebut membuat kawasan sungai menjadi landai seperti pantai sehingga disebut Pulau Kosiok Kampar. Kata Kampar sendiri menurut bahasa setempat berarti timbunan pasir, sesuai dengan asal usul lokasi wisata ini.

Pulau Kosiok kampar

Pulau Kosiok kampar – foto ig @nuraini6802

Wisata di Pulau Kosiok, Kampar menyajikan wisata air karena berada di sungai. Sungai ini memiliki air yang jernih dan dangkal hingga dasar sungainya tampak.

Kelestarian dan keaslian sungai pun dijaga dengan baik dimana sungai dijaga tetap bersih dan alami dengan ornamen bebatuannya.

Umumnya lokasi ini digunakan sebagai pemandian karena airnya yang jernih. Dasar sungai yang dangkal menjadikan lokasi wisata ini cocok dan ramah untuk anak-anak.

Akan tetapi untuk para pengunjung yang membawa anak-anak tentu tetap memiliki kewajiban untuk mengawasi anak-anaknya ketika bermain di sungai untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas Yang Ada Di Pulau Kosiok

Pulau Kosiok

Pulau Kosiok – foto ig @mitrahotelpku

Selain lokasi yang alami, tersedia berbagai fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung Pulau Kosiok, Kampar. Failitas yang tersedia diantaranya gazebo, penyewaan pelampung, berkeliling dengan perahu, dan penyewaan ATV.

Pengunjung yang menempuh perjalanan panjang dapat beristirahat sejenak di gazebo untuk melepas lelah. Di area ini juga terdapat banyak warga sekitar yang berjualan makanan khas kabupaten Kampar.

Pengunjung juga dapat bersantai di atas sungai dengan menyewa pelampung. Pelampung yang disewakan di Pulau Kosiok, Kampar sangat bervariasi sehingga pengunjung dapat memilih tipe pelampung yang sesuai dengan keinginannya.

Pengunjung dapat mengarungi sungai dengan menaiki perahu. Pengunjung dapat menikmati perjalanan berkeliling dengan perahu boat yang disediakan.

Baca Juga :

Pulau Kosiok, Muara Jalai, Kampar Utara

Pulau Kosiok, Muara Jalai, Kampar Utara – foto ig @bunga_ervinasari

Untuk menaiki perahu diperlukan biaya sepuluh ribu rupiah untuk orang dewasa sementara anak-anak dikenakan biaya lima ribu rupiah.

Pengunjung juga dapat menyewa ATV untuk mengelilingi Pulau Kosiok, Kampar. Untuk menyewa ATV diperlukan biaya sebesar tiga puluh ribu rupiah untuk orang dewasa.

Dengan ATV ini pengunjung dapat mengelilingi Pulau Kosiok, Kampar atau susur daerah pinggiran sungai tanpa perlu bersusah payah jalan kaki.

atv di pulau kaisok

atv di pulau kaisok – sumber foto instagram @puau_kosiok

Untuk pengunjung yang membawa anak-anak disiapkan sirkuit khusus untuk sewa mobil-mobilan untuk anak dan ATV untuk anak yang lebih dijaga keamanannya.

Untuk menyewa mobil-mobilan dan ATV khusus anak-anak ini dikenakan biaya lima belas ribu rupiah.

Selain sirkuit khusus untuk anak, di pulau kosiok, Kampar juga menyediakan taman bermain khusus untuk anak-anak sehingga lokasi wisata pulau kosiok Kampar ini merupakan destinasi wisata yang ramah anak dan cocok untuk liburan keluarga.

Harga Tiket Masuk Pulau Kosiok

Harga Tiket Masuk Pulau Kosiok

Harga Tiket Masuk Pulau Kosiok – sumber foto instagram @pulau_kosiok

Untuk mengunjungi pulau kosiok, Kampar tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Harga tiket masuknya hanya berupa biaya kebersihan yang sangat terjangkau, yaitu 5000 rupiah untuk pengendara mobil sedangkan untuk pengendara motor hanya 2000 rupiah.

Rute Menuju Pulau Kosiok

Wisata Pulau Kosiok

Wisata Pulau Kosiok – foto ig @chicipharamita

Destinasi Wisata Pulau Kosiok lokasinya hanya 10 menit dari Pusat Kota Bangkinang. Jika kita melewati Jembatan kembar bangkinang ke arah Tapung, setelah melewati Jembatan dan belok ke kanan menuju Jalan Peltu Syaidan.

nah dari sana pengunjung tak perlu bingung dan cukup mengikuti jalan tersebut sampai ke Desa Muara Jalai dan tepatnya ditikungan Patah kita akan menjumpai Spanduk besar yang akan menuntun kita ke lokasi Wisata Pulau Kosiok.

Jarak dari Airtiris ke Pulau Kosiok hanya sekitar 13 kilometer. Dari pasar, melewati jembatan yang bersebelahan, membentang di atas Sungai Kampar.

wisata Pulau Kosiok kampar

wisata Pulau Kosiok kampar – foto ig @oliviamadea

Sampai ke Pulau Kosiok, bisa ditempuh dengan mobil, dalam waktu 15-17 menit. Tergantung kecepatan mobil. Karena melewati jalan kampung, kecepatan mobil hanya bisa antara 60-80 km/jam.

Tapi, walau masuk kampung, jalan menuju Pulau Kosiok, sudah sangat bagus. Semua jalan menuju ke lokasi wisata pulau kosiok, Kampar sudah berupa aspal hotmix.

Pulau Kosiok

Pulau Kosiok – sumber foto instagram @pulaukosiok_kampar

Perjalanan menuju pulau kosiok di Kampar ini akan makin menyenangkan, karena di kiri kanan jalan pengunjung dapat menikmati pemandangan alam masih asri dan banyak pepohonan hijau di kanan kiri jalan.

Di perjalanan menuju pulau kosiok Kampar ini pengunjung juga dapat melihat banyak perkebunan milik warga sekitar. Mayoritas kebun yang ada di daerah ini merupakan kebun sawit dan getah karet.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of