KATA OMED

Rute Dan Jadwal Fery di Pelabuhan internasional Sri Setia Raja Selat Baru Bengkalis

Tentang Bengkalis

Kabupaten Bengkalis adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Wilayahnya mencakup daratan bagian timur Pulau Sumatra dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 7.793,93 km². Ibu kota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatra.

Peta provinsi Riau dan Pulau Bengkalis – foto sejarahnegara

Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara Sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa Pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Kota terbesar di kabupaten ini adalah kota Duri di kecamatan Mandau (wikipedia).

Pelabuhan Sri Setia Raja Dan Pelabuhan Sri Leksemana

Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Ada 2 pelabuhan paling besar di Bengkalis yaitu pelabuhan utama Bandar Sri Laksemana dan Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR).

Baca JugaIni dia icon baru kota Pekanbaru

Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja

Pelabuhan Sri Setia Raja berada di daerah Selat Baru, kecamatan Bantan Bengkalis. Pelabuhan ini dikhususkan melayani penyebrangan atau pelabuhan Internasional. Salah satunya adalah rute yang menghubungkan Bengkalis ke Malaka dan Muar Johor di Negara Malaysia.

Pelabuhan inilah yang kini menjadi salah satu pintu untuk keluar-masuk perdagangan lintas batas dari Bengkalis ke Malaysia. Sementara itu Pelabuhan Sri Laksamana akan dipindahkan ke Selat Baru dan pelabuhan ini akan lebih fokus ke pelayanan dalam negeri alias pelabuhan Domestik.

Baca Juga yaTentang Istana Siak dan Sejarahnya yang belum kamu tahu

Pelabuhan Sri Leksmana Bengkalis – foto melayuriau

Jika kita berangkat dari Pelabuhan Selat Baru atau pelabuhan Sri setia Raja maka bisa memangkas waktu tempuh ke Malaysia sekitar satu jam. Misalanya aaja penyebrangan kapal ke Muar Malaysia. Nah waktu tempuh ke Muar Provinsi Johor, Malaysia hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja dari Pelabuhan Sri Setia Raja

Berikut ini jadwal keberangkatan Kapal Ferry Express atau kapal cepat dari Bengkalis ke Malaysia.

BENGKALIS – MELAKA

Pelabuhan Internasional kota Malaka

Bengkalis melalui pelabuhan Sri Setia Raja atau pelabuhan Selat Baru melayani rute penyebrangan kapal cepat menuju pelabuhan Malaka di negara Malaysia. Berikut ini jadwal keberangkatanya :

Hari : Selasa – Kamis -Sabtu dan Minggu

Rute : Bengkalis – Melaka
Jam : 10:00 Indonesia Time

Rute : Melaka – Bengkalis
Jam : 13:00 Malaysia Time

Baca Juga dong : Wah ada Makam Raja Siantar Sumatera di Bengkalis, kok bisa, ini faktanya

Kota Muar Johor – foto dian

BENGKALIS – MUAR JOHOR

Selain melayani tujuan Malaka Malaysia, pelabuhan Selat Baru Bengklis juga memilki jadwal penyebrangan atau lintasan internasional lainnya yakni ke pelabuhan Muar Johor yang masih masuk wilayah Malaysia. Berikut ini Jadwal keberangkatanya :

Hari : Senin – Rabu dan Jumat

Rute : Bengkalis – Muar
Jam : 10:00 Indonesia Time

Rute : Muar – Bengkalis
Jam : 13:00 Malaysia Time

Pelabuhan Sri Leksmana Bengkalis

Hingga saat ini tercatat Ada 3 operator kapal yang melayani rute penyebrangan dari Bengkalis ke Malaysia yakni Ferry Kapal Ocean Indoma 3 , Kapal Mulia Kencana Dan Mv Citra Indomas. Semua kapal memilki waktu dan keberangkatan yang berbeda2. Namun untuk harga tiketnya masih sama yakni berkisar Rp 450.000 per penumpang untuk sekali Trip dan untuk tiket Pergi Pulang (PP) Rp 600.000.

Sslamat menyebrang.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of