KATA OMED

Tentang Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Domestik dan Internasional di Batam

Seperti yang kita Tahu jika kota Batam adalah salah satu kota Metropolitan yang berpenghuni lebih dari 1 juta penduduk. Bisa dibilang kota ini dalam 20 tahun kedepan bisa menyalip beberapa kota di Indonesia sebagai kota Terbesar dan Termegah yang ada. Hal ini dikarenakan selain letakanya yang sangat Strategis dan masuk kedalam zona Ekonomi Khusus Indonesia, Kota Batam juga berada dijalur pelayaran 3 negara Yakni Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Kota Batam saat MalAm – foto @batamdaily

Apalagi Batam letakanya ditengah2 kepulauan yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Tak heran jika kota ini menjadi pusat jaur penghubung dan perlintasan pavorit baik itu perlintasan dalam negri maupun luar negri. Hampir semua pulau dan kota di Provinsi Kepulauan Riau maupun provinsi disekitarnya seperti Jambi dan Riau sudah terhubung dengan kota Batam.

Baca JugaIni dia Icon baru kota Pekanbaru

Pelabuhan Sekupang di Batam – foto @minces_leapinyan

Ada banyak pelabuhan besar yang ada di kota Batam mulai dari pelabuhan Pelni, Pelabuhan Asdp Punggur, Pelabuhan Batam Center dan ada satu lagi Pelabuhan yang cukup besar juga sangat Ramai yakni Pelabuhan Sekupang. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan nasional dan juga pelabuhan internasional yang berada di pantai barat pulau Batam.

Pintu Gerbang Pelabuhan Sekupang – Foto @annalowpy

Berikut ini saya mencoba Membagi Rute Pelayaran dari dan Ke Pelabuhan Sekupang Batam.

1. Rute Domestik atau Rute Dalam Negri

Pelabuhan Sekupang menghubungkan kota Batam dengan pelabuhan-pelabuhan lainnya di kepulauan sebelah barat Batam atau kawasan Barat Provinsi Kepulauan Riau. Beberapa jenis kapal yang mempunyai jalur pelayaran dari dan ke pelabuhan Sekupang antara lain adalah Kapal PELNI dan MV Dumai Express.

Baca JugaMegahnya Istana Siak, Kerajaan Melayu yang masih bertahan

Kapal Cepat dari pelabuhan Sekupang – foto @fery_stwnko

A. Kapal Cepat

Beberapa rute perlintasan atau jalur domestik dari pelabuhan Sekupang menggunakan Kapal Cepat yaitu :

1. Sekupang – Tanjung Balai Karimun
2. Sekupang – Tanjung Batu Karimun di pulau Kundur
3. Sekupang – Selat Panjang (Kabupaten Meranti)
4. Sekupang – Dumai di Riau
5. Sekupang – Bengkalis di Riau
6. Sekupang – Pulau Burung

Pelabuhan Antar Pulau Sekupang Batam

Harga Tiket menggunakan Kapal Cepat dari pelabuhan Sekupang Batam berbeda2 tergantung rute tujuanya. Namun jenis kapal yang menjual tiket semuanya harganya sama. Mengenai waktu keberangkatan selalu ada setiap hari dari paling pagi jam 06.30 pagi hingg paling sore pukul 17.00. Tapi diingat pastikan kembali jadwalnya update dan kalian tidak ketinggalan kapal.

Baca Juga : Mau Ke Bajo lewat Darat, Ini Biaya dan Rutenya

Kapal Pelni (foto wartakota )

B. Kapal Lambat Pelni

Untuk Rute domestik atau Jalur kapal yang menggunakan kapal Lambat seperti kapal Pelni rutenya adalah sebagai berikut :

1. Batam – Belawan Medan
2. Batam – Dumai Riau
3. Batam – Bengkalis
4. Batam – Bangka
5. Batam – Palembang
6. Batam – Jakarta
7. Batam – Tanjung Pinang Bintan
8. Batam – Tarempa Anambas
9. Batam – Natuna
10. Batam – Pontianak

Jadwal keberangkatan Kapal Pelni dari dan ke Batam itu hanya ada 2 kali satu bulan. Artinya jadwalnya tidak tetap dan bisa berubah2. Silahkan kalian cek sendiri disitusnya Pelni.co.id dan sesuaikan jadwal yang kaian inginka.

2. Rute Manacanegara / Internasional

Pelabuhan Sekupang melayani rute domestik dan Internasional – Foto @dyah_mulyani

Saya sempat kaget melihat bentuk pelabuhan Sekupang yang dikhususkan untuk pelayaran internasional ini. Terlihat sangat megah dan modern sekali dibanding pelabuhan internasional lainnya di Indonesia. Design bangunanya modern, parkiranya luas, aksesnya gampang dan tentunya jauh dari calo karna bisa beli tiket sendiri.

Baca Juga : Mau ke Nias ? baca dulu infonya lengkapnya disini

Foto @jamalardilah

Foto @sem_tanjung

Adapun rute pelayaran internasional dari pelabuhan Sekupang Batam masih terbatas yakni hanya sebatas ke Singapore via Harbour Front dan juga Ke Johor Malaysia. Pastikan kalian membeli tiket jauh-jauh hari ya gengs karna biasanya suka penuh terlebih saat libur panjang dan hari libur agama.

Foto @goldenworthylovedblessed

Ada beberapa kapal yang melayani penyebrangan Internasional dari pelabuhan Sekupang Batam yakni kapal Sindo Fery (Penguin), Batam Fast, pacific ferry, Mv Sindo Empress, Mv Pacific 1, Mv pacific 7 dan Mv Jet flyte. Perjalanan yang harus di tempuh melintasi jaur ini cukup singkat yakni hanya sekitar 45 menit saja.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of