KATA OMED

Mencicipi Kuliner Khas Kota Pangkalanbun, Soto Manggala

Setiap berkunjung kedaerah baru pasti saya mencicipi kuliner khasnya baik itu Makanan berat, Kue, Buah hingga minumanya. Begitupun saat saya berkesempatan berkunjung kesalah satu kota di Kalimantan Tengah yakni kota Pangkalanbun Ibu Kota Kabupaten Kota Waringin Barat.

Soto Manggala Kuliner khas kota Pangkalanbun

Di kota Pangkalanbun memang tidak begitu banyak jenis kuliner daerahnya sebab kota ini mayoritas didominasi oleh para pendatang dari berbagai daerah seperti Jawa, Banjar dan Bugis. Tak heran jika saya sempat kesulitan mencari kuliner khas masyarakat kota Pangkalanbun. Setelah bertanya kebeberapa orang akhirnya saya menemukan salah satu kuliner Khas kota Pangkalanbun yakni Soto Manggala.

Kuliner khas kota waringin Barat, Soto Manggala

Bahan dan Cara Membuat Soto Manggala

Soto Manggala adalah soto khas Kota Pangkalanbun yang terbuat dari bahan utama singkong atau ketela, Mie Putih dan Irisan Telor Goreng. Mengapa soto ini dinamakan soto manggala, sebab manggala dalam bahasa setempat artinya Singkong. Oh ya biasanya campuran Soto manggala ini ada banyak pilihanya seperti Kikil, Ceker Ayam dan lainya.

Bumbu soto Manggala adalah campuran bawang putih, merica, dan garam yang sudah dihaluskan. Soto Manggala akan terasa lebih harum bila dihidangkan dengan potongan daun seledri dan bawang goreng.

Tepian Sungai Kota Pangkalanbun kota Waringin Barat

Soto Mangga bisa dijumpai diberbagai kedai atau warung di kota Pangkalanbun. Misalanya saja disepanjang sungai kampung warna – warni Pangkalanbun atau diwarung-warung makan lainya. Harga seporsi soto Manggala juga cukup murah yakni mulai dari harga Rp 8000-15.000. Jangan lupa Tambahkan Cabai dan kecap manis yang akan membuat soto Manggala menjadi lebih nikmat.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of