KATA OMED

Barongko, Kue Legendaris dari Makassar

Makassar memang terkenal akan kulinernya yang enak dan lezat. Banyak jenis Kuliner dan beragam bentuk ada dikota Angin Mamiri ini. Tidak hanya sebatas makanan berat seperti Coto atau minuman seperti Saraba tetapi juga Kulinet kuennya yang cukup enak dan nikmat seperti kue Barongko.

Barongko merupakan salah satu kuliner khas Bugis-Makassar yang umum kita jumpai saat digelarnya sebuah pesta entah itu pernikahan atau acara adat lainya. Namun kini Barongko juga telah menjadi makanan yang bisa dinikmati oleh siapa saja tanpa harus menggelar pesta sebab dibeberapa toko oleh-oleh sudah banyak yang menjual Kue legendaris ini.

Barongko sendiri terbuat dari buah pisang yang sudah dihaluskan dicampur dengan telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian adonan tersebut dibungkus daun pisang lalu dikukus. Akan terasa lebih nikmat jika disantap dalam keadaan dingin jadi jangan lupa disimpan terlebih dahulu dilemari Es.

Nah buat kamu yang penasaran ingin mencoba kue Barongko ini, silahkan datang dan beli di Toko oleh-oleh yang ada di kota Makassar. Saya sendiri sering membeli Barongko ini di pusat Oleh-oleh dekat dengan gerbang masuk Bandara Hassanudi Makassar dengan harga Rp 2000 rupiah per buah.

Share Artikel ini lewat

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of