KATA OMED

Mau Liburan ke Makassar, Coba Cicipi 7 Kuliner Legendaris Ini

Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur. Itu sebabnya berbagai aktifitas ekonomi, penerbangan, pelayaran hingga pendidikan ada dikota diujung Sulawesi ini. Nah buat kalian yang sedang berkunjung ke kota Makassar dan hanya punya sedikit waktu mengexplore kota ini, jangan lupa untuk mencicipi Kuliner-kuliner khas Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan alias Makassar.

Ada banyak pilihan kuliner yang bisa kamu cicipi mulai dari Kue, Es, Minuman hingga Makanan Berat. Beberapa diantaranya bahkan yang paling terkenal dan menjadi makanan favorit bagi meraka yang datang kekota Makassar. Berikut ini 7 Kuliner Khas Kota Makassar yang bisa kamu coba.

1. Coto

Salah satu Kuliner yang paling terkenal bagi wisatawan yang datang ke Makassar adalah Coto Makassar. Rasanya ada yang kurang pas jika datang ke Makassar tidak mencoba kuliner khas yang satu ini. Coto Makassar sendiri memang berbeda dari soto yang biasanya dijual di daerah lain sebab Coto Makassar memiliki kuah kental dan hanya berisi daging atau jeroan sapi saja. Bahkan ada lebih dari 30 jenis bumbu yang ada didalam menu Coto Makassar yang dihidangkan bersama Ketupat atau buras.

Ada beberapa waung makan coto di Makassar yang paling terkenal dan paling ramai yakni Coto Nusantara yang berada dijalan Nusantara dan Coto Gagak yang ada dijalan Gagak. Kedua tempat ini menjadi pilihan utama mencicipi Coto Makassar karna memiliki rasa yang enak.

2. Konro

Bagi kalian yang menyukai Kuliner Iga, wajib rasanya mencicipi olahan Iga yang satu ini. Bagi warga Makassar, Iga biasanya diolah menjadi sebuah sop atau bisa juga dibakar. Nah olahan inilah yang biasanya disebut Konro. Konro kini menjadi salah satu kuliner khas yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota Makassar.

Konro Bakar atau Sop Konro memiliki cita rasa yang cukup kuat dan nikmat. Keduanya memiliki rasa yang berbeda dan bumbunya juga berbeda. Sop Konro dihidangkan bersama Ketupat atau Buras dimana kuahnya berwarna coklat kehitaman. Warna Coklat kehitaman yang ada di Sop Konro ini berasal dari Buah Kluwak dan bumbu lainya. Salah satu Restoran yang menjual Konro dan cukup terkenal adalah Konro Karebosi yang ada di Jalan Gunung Lompo Battang.

3. Pallubasa

Satu lagi kuliner di Kota Makassar yang bentuknya hampir sama dengan Coto yakni Pallubasa. Pallubasa juga berbahan jeroan dan dilengkapi dengan bumbu khas tertentu yang membuat warna kuahnya keruh dan hitam.

Salah satu yang membedakan Coto dan Pallubasa adalah menu pendampingnya dimana Coto akan dihidangkan bersama Buras atau Ketupat sedangkab Pallubasa akan dihidangkan bersama nasi putih. Pallubasa juga biasanya ditambahkan kuning telur setengah matang yang membuatnya semakin terasa nikmat ditambah lagi jeroan dan daging sapi yang semakin menambah kelezatan pallubasa. Oh ya Restoran yang paling terkenal untuk menikmti Pallubasa adalah Pallubasa Serigala yang berada dijalan Serigala kota Makassar.

4. Mie Titi

Biasanya bagi merka yang bosan dengan kuliner coto atau sejenisnya dan ingin mencicipi kuliner lainya dikota Makassar, pilihanya ada pada Mie Titi. Saat saya mencoba Mie Titi pertama kali yang terpikirkan adalah Aneh. Yap sekilas memang sedikit aneh karena mie yang disajikan tidak seperti mie Ayam atau Bakso yang direbus.

Mie titi menawarkan sensasi yang berbeda dimana mienya sendiri digoreng dan kering lalu mie tersebut akan disiram oleh kuah kental yang berbahan tepung kanji, telor dan air. Selain itu Mie Titi akan diberi potongan Daging Ayam, bakso ikan, udang hingga sayur sawi. Buat yang menyukai rasa asam jeruk, kalian bisa menambahkan perasan buah jeruk kedalam Mie Titi. Salah satu restoran Mie Titi yang paling lama dan cukup terkenal adalah Mie Titi Pak Agus yang berada dijalan Datu Musseng.

5. Es Pisang Ijo

Salah satu olahan pisang yang dibuat es dan paling terkenal hingga seluruh Indonesia adalah Es Pisang Ijo. Pastinya kamu sudah gak asing lagi sama Es yang berbahan buah pisang, tepung yang bewarna hijau dan santan yang satu ini.

Mencari Es pisang Ijo tidaklah sulit karena hampir disemua kawasan tempat makan di Makassar biasanya ada warga yang menjual es pisang ijo. Selain karena cara membuatnya yang mudah juga karena rasanya yang enak dan segar.

6. Barongko

Barongko merupakan salah satu kuliner khas Bugis-Makassar yang umum kita jumpai saat digelarnya sebuah pesta entah itu pernikahan atau acara adat lainya. Namun kini Barongko juga telah menjadi makanan yang bisa dinikmati oleh siapa saja tanpa harus menggelar pesta sebab dibeberapa toko oleh-oleh sudah banyak yang menjual Kue legendaris ini.

Barongko sendiri terbuat dari buah pisang yang sudah dihaluskan dicampur dengan telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian adonan tersebut dibungkus daun pisang lalu dikukus. Akan terasa lebih nikmat jika disantap dalam keadaan dingin jadi jangan lupa disimpan terlebih dahulu dilemari Es.

7. Saraba

Minuman yang satu ini memang telah menjadi minuman Nusantara karena diberbagai penjuru banyak warga yang sudah menjual minuman khas Makassar yang hangat dan nikmat.

Menikmati Saraba bersama Teman-teman disalah satu kedai

Saraba sendiri berbahan dasar utama jahe, itu mengapa minuman ini sangat pas dinikmati malam hari sembari memandang keindahan pantai losari. Selain berbahan Jahe, Saraba juga dicampur dengan gula nerah dan susu yang membuatnya semakin nikmat untuk disantap bersama teman-teman.

Itulah beberapa pilihan rekomendasi kuliner di Kota Makassar yang bisa kalian coba. Sebenarnya ada banyak sekali kuliner khas kota angin mamiri seperti kuliner pisang Epe yang banyak dijual dipinggir pantai Losari atau kuliner lainya yang banyak dijual dikota Makassar. Semoga refrensi kuliner diatas bisa membantu kalian untuk menentukan piliham wisata kuliner ketika kalian ada di Makassar. Selamat mencicipi teman-teman.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

5
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
2 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
Nolla PitoyOmedMayangbryan Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
bryan
Guest
bryan

D antara 7 itu yg paling recomnd yg mana kak??

Mayang
Guest
Mayang

Pengen nyobain, beberapa makanan yg diposting sih udah ada di Jakarta, tapi sisanya cari dimana ya kalo di daerah Jakarta? Kaya Mie Titi, Pallubasa, sama Barongko bikin ngiler deh.

Nolla Pitoy
Guest
Nolla Pitoy

Pallubasa Srigala, bikin gagal Move On! 😌