KATA OMED

6 Makanan Korea Paling Terkenal Di Indonesia

Published · Updated

Makanan Korea paling terkenal di Indonesia, makin lama makin meningkat penggemarnya. Bahkan, tidak sedikit dari para pebisnis yang mencoba peruntungannya, dengan membuka gerai makanan Korea di Indonesia.

Sebenarnya, demam Korea di negara ini, sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Bukan hanya trending dalam hal musik, drama, makeup, dan fesyen saja, hidangan kekinian nya pun mulai diincar oleh penggemarnya.

Pada awalnya, mereka hanya mengenal kimchi sebagai makanan Korea yang sempat viral. Namun sekarang, baru ketahuan, kalau banyak sekali makanan lain, yang juga nggak kalah nikmatnya.

Nah, apa lagi sih, yang menjadi makanan Korea paling terkenal di Indonesia?. Berikut ini, adalah informasi lebih lengkapnya, bagi kamu yang penasaran dengan namanya.

Baca Juga:

1. Kimchi

Kimchi

Kimchi

Sering mengkonsumsi kimchi, dipercaya sebagai rahasia menjaga tubuh tetap  langsing, bagi orang-orang di Negeri Ginseng ini.

Makanan Korea Paling Terkenal Di Indonesia ini memang hits banget loh! Tidak hanya di kehidupan nyata, tapi juga sering ditampilkan, pada setiap tayangan film drama Korea.

Kimchi sendiri merupakan asinan sayur, terbuat dari sawi putih, lobak, kol, dan timun, yang  difermentasikan. Sedangkan bumbu-bumbu yang terdapat didalamnya, terdiri dari campuran bumbu bawang putih serta jahe khas Korea.

Karena hidangan ini termasuk dalam makanan rendah kalori, maka tidak heran, jika banyak  selebriti Korea yang menyantapnya.

Namun tidak hanya terkenal di negara, kimchi juga termasuk sebagai salah satu makanan Korea yang paling populer di Indonesia. Banyak restoran yang menghidangkan menu sehat ini, sebagai menu pendamping.

Selain bermanfaat untuk diet, kimchi juga dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko kanker.

2. Kimbab

Kimbab

Kimbab – foto by @jini___202

Makanan Korea Paling Terkenal Di Indonesia selanjutnya adalah kimbab.

Sushi ala Korea ini, bentuknya mirip dengan sushi Jepang. Bahannya terbuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut kering, dan diisi dengan sayuran maupun daging.

Arti kata kimbab atau gimbap sendiri, berasal dari kata ‘gim’, yang artinya rumput laut, dan ‘bap’ beras.

Penamaan kimbab, masih berkaitan dengan tradisi masyarakat Korea. Mereka memang terkenal sebagai penggemar nasi yang dibungkus nori atau rumput laut kering.

Di negara asalnya, kimbap biasa dijadikan sebagai bekal makanan untuk piknik. Makanan Korea yang populer di Indonesia ini juga menggunakan minyak wijen untuk menambah cita rasanya.

3. Ramyeon, Makanan Korea Paling Terkenal Di Indonesia

Ramyeon

Ramyeon

Bukan menjadi rahasia umum lagi, kalau orang Korea terkenal suka makanan pedas. Salah satu makanannya yang sering dikonsumsi adalah ramyeon

Hidangan ini, juga merupakan makanan Korea yang paling terkenal di Indonesia. Biasanya, ramyeon disajikan dengan kuah, dan dimakan langsung dari pancinya.

Cara penyajian ramyeon dengan panci bergagang dua, memang merupakan bagian dari tradisi masyarakat Korea.

Mereka juga sangat mementingkan proses memasaknya, dimana bumbu harus dimasukkan terlebih dahulu, agar kuah dari mie terasa lebih lezat.

4. Jajangmyeon

Jajangmyeon

Jajangmyeon – foto by @lafoodiesanonymous

Selain ramyeon, jajangmyeon juga termasuk sebagai makanan Korea paling terkenal di Indonesia. Makanan ini terbuat dari mie, dan disajikan dengan saus pasta kacang kedelai hitam, yang bercita rasa asin.

Uniknya, hidangan ini identik dengan makanan khusus para “jomblo”. Karena, orang Korea menghubungkannya dengan tradisi hari Valentine, White Day, dan Black Day.

Jika hari Valentine dan White day disimbolkan sebagai hari kasih sayang, maka Black Day adalah hari orang-orang merayakan kesendiriannya.

Di hari tersebut, mereka yang “jomblo” akan berbusana serba hitam, sambil menyantap jajangmyeon untuk melupakan kesedihannya.

5. Bibimbap

Bibimbap, Makanan Korea Paling Terkenal Di Indonesia

Bibimbap, Makanan Korea Paling Terkenal Di Indonesia

Makanan Korea paling terkenal di Indonesia lainnya, adalah bibimbap. Hidangan ini merupakan campuran dari sayur, daging, telur mata sapi setengah matang, kimchi, saus gochujang, dan nasi. Cara memakannya, akan nasi diaduk bersama dengan seluruh lauk agar semakin lezat.

Konon cikal bakal dari lahirnya bibimbap, karena kebiasaan petani Korea, yang selalu melewatkan waktu makan akibat terlalu giat bekerja. Sehingga, mereka akan selalu mencampur semua bekal yang dibawa, agar dapat disantap berbarengan.

Penyajian bibimbap sebaiknya dalam kondisi panas, agar rasanya terasa lebih lezat. Oleh karena itu, masyarakat Korea memiliki kebiasaan, dengan menyantapnya langsung setelah dimasak. Walaupun, asapnya masih mengepul karena panas.

6. Bulgogi

Bulgogi

Bulgogi – foto by sikatsacucina

Bulgogi adalah salah satu olahan daging lezat khas Korea, yang sudah diakui dunia. Konon katanya, bulgogi sendiri telah ada sejak zaman Dinasti Goguryeo, atau pada sekitar tahun 37 SM hingga 668 SM.

Namun di masa itu, bulgogi hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan ningrat saja, dan tidak seperti sekarang. Penyajiannya berupa berupa irisan daging yang dipanggang, dan dilumuri dengan kecap wijen, lada hitam, serta bawang bombay.

Biasanya, orang Korea akan memakan bulgogi dengan tambahan kimchi, cabai, dan selada yang digulung, serta dimakan tanpa nasi.

Baca Juga:

Nah, Guys! Itulah beberapa dari makanan Korea, yang paling terkenal di Indonesia. Tidak disangka, beberapa diantaranya ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Yuk, jangan lupa untuk ikut mencoba makanan kekinian ini ya!

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of