KATA OMED

6 Kuliner dan Makanan Khas Kabupaten Sanggau

Kuliner dan Makanan Khas Kabupaten Sanggau – Sanggau merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Untuk mengunjungi Kabupaten Sanggau, dapat di akses melalui jalur darat dari Kota Pontianak dengan durasi waktu 3-4 jam perjalanan.

Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia ini memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Selain dari ragam destinasi wisatanya, ragam kuliner di Sanggau juga wajib untuk dicoba

Daftar Makanan yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung ke Sanggau

Berikut 6 Kuliner dan Makanan Khas Kabupaten Sanggau :

1. Sungkui, Makanan Khas Sanggau yang Lezat

Ketika liburan ke Sanggau, kurang lengkap bila anda belum mencicipi kuliner khas Sanggau ini. Bentuknya tipis dan lonjong memanjang seperti halnya lontong, namun kelezatannya ditambah wangi yang khas dari – daun sungkui pasti akan membuat anda ketagihan.

Sungkui, Makanan Khas Sanggau

Sungkui, Makanan Khas Sanggau – foto sanggau.blogspot

Sungkui terbuat dari beras yang dibungkus dengan menggunakan daun keririt atau daun sungkui. Daun Sungkui atau Keririt adalah tanaman yang biasanya tumbuh di daerah Sanggau. Penggunaan daun inilah yang memberi wangi yang khas pada Sungkui. Makanan yang 1 ini mampu bertahan hingga 4 hari tidak basi meskipun tidak dipanaskan. Sungkui biasanya disajikan bersama dengan opor ayam

2. Kote, Kue Tradisional Sanggau

Makanan khas kedua dari Kabupaten Sanggau adalah Kote. Kote merupakan kue tradisonal khas  Kabupaten Sanggau yang bentuknya mirip pastel dan bahan dasarnya adalah tepung beras. Isi dari Kote ini biasanya adalah serundeng kelapa. Jajanan ini merupakan salah satu jajanan wajib dicoba yang cocok sebagai cemilan sore hari sembari minum teh atau kopi.

3. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong, Kuliner Khas Sanggau

Sotong Pangkong, Kuliner Khas Sanggau – foto merahputih.com

Kuliner berikutnya adalah Sotong Pangkong. Sotong  pangkong merupakan makanan yang benar-benar istimewa cara pengolahannyapun masih manual yaitu dengan cara sotong atau cumi dipukul menggunakan martil hingga gepeng kemudian baru ditusuk sehingga sangat nyaman untuk dikonsumsi.

Baca Juga :

Selain itu daging ini juga bisa tahan lama. jadi jangan ragu-ragu untuk membelinya sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Kabupaten Sanggau. Makanan yang biasanya disajikan bersama dengan saus cabe dan cuka ini, memiliki dua varian rasa yang umum yaitu rasa ebi dan rasa kacang.

4. Chai Kwe

Berikutnya, ada makanan yang cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Sanggau. Yaitu Chai Kwe Choi Pan. Sepintas bentuknya mirip dengan jajanan umum seperti pastel ataupun  kroket, tetapi pengolahannya berbeda. Jika pastel atau kroket pembuatannya adalah digoreng, maka chai kwe dibuat dengan cara dikukus telebih dahulu sebelum disajikan.

Chai Kwe khas Sanggau

Chai Kwe khas Sanggau – foto cocokpad

Dengan farian isi yang beragam seperti keladi, bengkuang dan kucai, makanan yang satu ini bakal bikin kamu ketagihan. Cocok juga sebagai oleh-oleh bagi keluarga. Namun, ingat bahwa makanan ini tidak menggunakan pengawet jadi tidak bisa lama-lama untuk menyimpannya.

5. Dodol Lidah Buaya Sanggau

Dodol Lidah Buaya Sanggau

Dodol Lidah Buaya Sanggau – foto wisato.id

Berikutnya ada Dodol Lidah Buaya. Dodol yang satu ini memang terlihat cukup unik karena bahan-bahan dalam pembuatannya adalah menggunakan lidah buaya. Selain itu dodol ini juga memiliki aroma dan rasa yang khas serta memiliki kandungan gizi yang benar-benar sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sehingga banyak para wisatawan tatkala mereka berkunjung ke daerah Sanggau mereka lebih memilih dodol lidah buaya ini sebagai oleh-oleh. Tekstur dodol lidah buaya yang kenyal dan menyerupai agar-agar, membuat dodol ini sangat disukai anak-anak.

6. Dodol Durian Khas Sanggau

Dan yang terakhir, ada Dodol Durian. Dodol yang satu ini banyak diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh tatkala mereka berkunjung ke daerah Sanggau. Dodol durian memiliki rasa yang benar-benar manis dengan aroma durian yang menjadikannya sangat nikmat untuk disantap.

Dodol Durian Khas Sanggau

Dodol Durian Khas Sanggau – foto cendananews.com

Oleh – oleh Khas Sanggau  yang terbuat dari daging durian asli tanpa campuran apapun ini,  hanya menggunakan sedikit gula sebagai pengawet Alami. 1 paket dodol durian ini, dibandrol dengan kisaran harga RP.50.000 hingga Rp. 150.000.

Untuk masalah keawetan, dodol durian ini dapat bertahan cukup lama. Jika disimpan di dalam kulkas, dodol durian ini mampu  bertahan selama 3 bulan. Dan jika disimpan diluar kulkas, makanan ini mampu untuk  bertahan selama kurang lebih 3 minggu.

***

Itulah beberapa kuliner Sanggau yang rugi jika tidak dicoba. Maka dari itu, silakan datangi Kabupaten Sanggau lalu siapkan budget kamu untuk berbelanja.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of