KATA OMED

5 Kota Paling Mahal di Indonesia

Daftar kota paling mahal di Indonesia dalam artikel ini, berdasarkan data Indeks Harga Konsumen (IHK), dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Data ini juga akan selalu diperbarui setiap tahunnya. Bukan hanya dapat menentukan tingkat inflasi, namun juga dapat menentukan tingkat kemampuan daya beli masyarakat di suatu tempat.

Kemampuan daya beli suatu masyarakat dapat terlihat dari tingkat pendapatannya, karena akan mempengaruhi biaya hidup yang harus dikeluarkan.

Beberapa daerah di Indonesia, memang memiliki biaya hidup yang sangat murah, dan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Beberapa kota yang masuk dalam kategori ini adalah Yogyakarta dan Solo.

Namun, wilayah mana sajakah yang masuk dalam kota termahal di Indonesia? Yuk, kita lihat saja ulasan lengkap di bawah ini.

Baca Juga:

1. Kota Jakarta

Kota Jakarta, kota terbesar di pulau jawa

Kota Jakarta, kota terbesar di pulau jawa – foto milik @al_bert17

Kota Paling Mahal di Indonesia adalah Kota Jakarta. Tidak heran jika Jakarta mendapat predikat sebagai kota paling mahal di Indonesia. Pasalnya, kota ini  adalah pusat dari segala macam transaksi bisnis yang terbesar.

Selain itu, bukan menjadi menjadi rahasia umum lagi, jika Jakarta juga merupakan pusat dari segala kegiatan perekonomian di Indonesia. 

Selain letak geografis yang strategis, infrastruktur pendukungnya juga tergolong lengkap. Oleh karena hal tersebut, Jakarta menjadi pemilik dari salah satu Indeks Harga Konsumen (IHK), yang terbesar di Indonesia.

2. Jayapura, Kota Paling Mahal di Indonesia

kota jayapura

Pelabuhan teluk kota Jayapura – foto Tribun Travel – Tribunnews.com

Walaupun Kota Jayapura terletak di ujung Timur, ternyata keberadaannya menjadi salah satu kota dengan biaya hidup termahal.

Ibukota Provinsi Papua ini,  menduduki urutan kedua dalam jajaran kota paling mahal di Indonesia, dengan Nilai Indeks Harga Konsumen (IHK) mencapai Rp 6.939.057. 

Faktor Geografi dan ketersediaan bahan pokok, menjadikan kota ini sebagai salah satu kota. yang memiliki biaya hidup termahal di Indonesia.

3. Kota Ternate

Ternate - Daftar Kota Paling Mahal di Indonesia

Ternate – Kota Termahal di Indonesia

Kota Ternate merupakan suatu tempat, yang  terletak di bawah kaki gunung api Gamalama, di Pulau Ternate, Maluku Utara.

Sama halnya dengan Jayapura, kota yang berada di Indonesia Timur ini, tercatat sebagai kota termahal  di Indonesia. Dalam posisinya saat ini, Ternate berada  dalam urutan ketiga, dengan Indeks Harga Konsumen sebesar Rp 6.427.357.

4. Kota Depok 

Kota Depok adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa

Kota Depok adalah salah satu kota terbesar di pulau Jawa – foto milik @themargohotel

Kota Paling Mahal di Indonesia selanjutnya dalah Kota Depok . Kotaini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor. 

Pada awalnya, Depok merupakan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor. Tapi pada akhirnya, mendapat status kota pada tanggal 27 April 1999.

Secara geografis, kota ini masuk ke Provinsi Jawa Barat. Namun secara kewilayahan, Depok menjadi salah satu kota penyangga Jakarta.   

Jadi tidak heran, jika Kota Depok memiliki Indeks Harga Konsumen yang cukup tinggi, yakni mencapai Rp 6.330.690. Dan saat ini, menempati posisi keempat dalam daftar kota termahal di Indonesia.

5. Kota Batam, Kota Paling Mahal di Indonesia

Kota Batam Kepulauan Riau

Secara geografisnya, Batam berada di kepulauan Riau, yang sangat dekat sekali dengan Singapura.

Gemerlap Kota Singa itu pun, dapat terlihat jelas dari kota ini. Dengan adanya pengaruh tersebut, menyebabkan Batam menjadi kota termahal di Indonesia.

Saat ini, Batam berada di urutan kelima, dalam deretan daftar kota termahal di Indonesia, dengan Indeks Harga Konsumen sebesar Rp 6.307.236. 

Baca Juga:

Okay Sobat, itulah  5 daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Tentu saja, Jakarta menjadi kota yang paling mahal untuk ditinggali untuk saat ini. 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of