KATA OMED

Mengenal Kampung Adat Todo, Kampung Adat Tertua di Indonesia

Kampung Adat Todo – Saat saya Overland Flores Beberapa Waktu lalu, kawasan wisata kampung adat Wairebo untuk sementara masih ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan meski beberapa kali sempat dibuka langsung oleh Pemerintahnya namun Keputusan Desa kembali harus menutupnya.

Tak ingin membuat teman2 kecewa, saya mencoba mencari alternatif desa adat lainnya yang masih tetap dibuka dan langsung kepikiran jika di Flores ada Desa adat yang semuanya sangat mirip dengan Wairebo yakni kampung adat Todo.

Apa sih bedanya Kampung Adat Wairebo dengan Kampung adat Todo?

kampung adat todo

kampung adat todo

Kampung Adat Todo adalah kampung budaya yang terletak di kaki Gunung Anak Ranaka, tepatnya di Kecamatan Satar Mese Utara, Kabupaten Manggarai, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Letaknya sangat mudah dijangkau oleh berbagai kendaraan. Dari parkiran kita hanya tinggal berjalan kaki saja dan langsung tiba di kawasan rumah adatnya.

Kalian Bisa Ikuti Arah Google Maps Dibawah Ini Jika Kalian Datang Dari Arah Ke Labuan Bajo :

Sedangkan Jika Kita Berkunjung Ke Wairebo Kita Haru Streking Kedalam Hutan Selama 2 Jam Lebih Dengan Trek Yang Cukup Sulit.

Selain Itu Biaya Masuk Ke Wairebo Juga Sangat Jauh Lebh Mahal Dibandingkan Biaya Masuk Kee Kampung Adat Todo.

Harga Tiket Masuk Kampung Todo

peraturan di kampung adat todo

peraturan di kampung adat todo

Biaya masuk kampung Todo adalah Rp 45.000/ orang diluar biaya Guide dan biaya sukarela sambutan tetua adat.

Uang Tiket Masuk Tersebut Sudah Termasuk Pakaian Khas Kampung Todo Yang Wajib Digunakan Oleh Setiap Pengunjung Yang Datang Ke Todo.

Sama Halnya Dengan Di Wairebo, Saat Kita Memasuki Kampung Adat Todo Maka Kita Harus Izin Atau Permisi Kepada Sang Tetua & Mendengarkan Sedikit Sambutan Serta Doa Kebaikan Maupun Keselamatan.

Baca juga :

proses penyambutan oleh tetua adat todo

proses penyambutan oleh tetua adat todo

Jangan Lupa Sebelum Dimulai Doa Kita Harus Meletakan Uang Sumbangan Seiklasnya Terlebih Dahulu Untuk Tetua Adat Dan Kita Letakan Disebuah Wadah Yang Sudah Disesiakan.

Keunikan Kampung Adat Todo

wisata kampung adat todo

wisata kampung adat todo

Hal yang menurut saya cukup unik & memiliki nilai lebih dari kampung Todo adalah semua wisatawan yang datang wajib menggunakan kain adat beserta aksesorisnya baik pria maupun wanita dan selama kita berada disana maka kita harus berpakaian sopan.

Tenang saja, biaya pakaian atau sarung yang kita gunakan sudah termasuk Htm diatas.

kampung todo di manggarai

kampung todo di manggarai

Satu hal yang juga menarik dari Kampung Todo adalah mitos mengenai sebuah genderang dari kulit manusia. Artefak tersebut masih tersimpan dengan baik hingga kini, namun hanya bisa dilihat pada waktu tertentu saja.

Bentuk bangunan dan fungsinya baik di kampung todo maupun di wairebo sama. bangunan di kampung todo terdiri dari beberapa bagian yang difungsikan sesuai kebutuhan.

kampung todo manggarai

kampung todo manggarai

Bagian atas yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan bagian dibawahnya berfungsi sebagai ruang tamu, kamar dan dapur yang disatukan oleh 1 lantai yang sama.

Bangunan Utama Dirumah Adat Kampung Todo Ini Terbuat Dari Kayu Dan Beratap Daun Ilalang Yang Dibangun Diatas Bangunan Kerucut.

Sususan Tiang-Tiang Penyangga Dibuat Dengan Amat Sangat Kokoh Sehingga Terhindar Dari Angin Dan Hujan. Apalagi Saat Musim Dingin Atau Saat Terik, Kita Tidak Akan Merasa Kedinginan Ataupun Kepanasan.

bagian dalam ruamh adat di kampung todo

bagian dalam ruamh adat di kampung todo

Satu satunya hal yang menjadi nilai lebih dari wairebo sendiri menurut saya adalah lokasinya yang terpencil ditengah hutan belantara & butuh perjuangan untuk sampai kesana sehingga kesan adventure dan masih tradisional amat terasa.

Apalagi foto yg dihasilkan di Wairebo jauh lebih sempurna.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of