KATA OMED

Jadwal Kapal Pelni dari Ambon ke Maumere dan Ambon ke Kupang

Published · Updated

Kota Ambon adalah ibu kota dan kota terbesar dari Provinsi Maluku. Kota yang berdiri di selatan Pulau Ambon ini berawal dari pendirian sebuah benteng yang senantiasa menjadi pusat pertumbuhan kota. Kota ini didirikan oleh bangsa Portugis yang menamainya dengan istilah Nossa Senhora da Anunciada. Sejak zaman VOC dan Belanda, kota ini berkembang cepat sebagai pusat pembudidayaan dan perdagangan rempah dan salah satu kota penting di Nusantara hingga sekarang berkedudukan sebagai ibu kota provinsi.

Baca JugaJadwal kapal pelni dari Ambon ke Tual Maluku

Kota Ambon – foto skyscrapercity.com

Kota Ambon merupakan pusat pelabuhan, pariwisata, dan pendidikan bagi wilayah Kepulauan Maluku. Dari antara beberapa pelabuhan di kota, Pelabuhan Yos Sudarso di kota ini menjadi pelabuhan utama kota dan provinsi. Pada tahun 2016, Ambon memiliki perkiraan penduduk sebesar 427.934 jiwa dan hal ini menjadikan Ambon kota terbesar di provinsi dengan sumbangan penduduk sebesar 24,9% di provinsi. Menurut Sensus Penduduk 2010, 92,4% masyarakat kota tinggal di kawasan perkotaan, sedangkan sisanya di kawasan perdesaan.

A. AMBON – MAUMERE

Maumere adalah sebuah kecamatan di kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Maumere adalah ibu kota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Sejak tahun 2007, Kecamatan Maumere berubah namanya menjadi Kecamatan Nelle, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sikka Nomor 1 Tahun 2007.

Baca Juga ya :

Pelabuhan Maumere

Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 50.000 jiwa (2005). Kota ini pernah diguncang tsunami pada 1992 menewaskan lebih dari 900 orang. Maumere menjadi kota terkecil di dunia yang pernah dikunjungi Sri Paus Yohanes Paulus II yakni pada tahun 1989. Utuk menuju kota ini via laut, bisa ditempuh dari kota Kupang atau dari Makassar.

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal Pelni dan harga tiket maupun rutenya dari Pelabuhan Ambon ke Maumere dan Kupang.

Jadwal Kapal Pelni dari Ambon ke maumere via KM Sirimau

Rute : AMBON – WANCI – BAU-BAU – MAUMERE (SIKKA)
Kapal : KM.SIRIMAU
Kapal Pelni km sirimau Berangkat dari Ambon ke Maumere Tanggal : 03-01-2020 | 11:00
Kapal pelni Sirimau Tiba di Maumere Tanggal : 06-01-2020 | 03:00
Tarif penumpang kapal pelni dari Ambon ke Maumere adalah : Dewasa Rp 403.000 dan anak2 Rp 45.000

***

B. AMBON – KUPANG

Selain ke Maumere, Kapal Pelni Sirimau dari Ambon juga melayani rute ke Kupang. Kota Kupang adalah sebuah kotamadya dan sekaligus ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kotamadya ini adalah kota yang terbesar di Pulau Timor yang terletak di pesisir Teluk Kupang, bagian barat laut pulau Timor. Dikota ini ada sebuah pelabuhan besar bernama pelabuhan Tenau yang melayani penyebrangan antara pulau baik di NTT maupun ke provinsi lainnya.

Baca JugaMau melihat Sunset terbaik di Kupang, Ini dia Tempatnya

Sunset Kupang di Cafe Tebing

Jadwal kapal pelni dari Ambon ke kupang via KM Sirimau

Rute : AMBON – WANCI – BAU-BAU – MAUMERE (SIKKA) – LEWOLEBA – TENAU (KUPANG)
Nama Kapal : KM.SIRIMAU
Kapal pelni km sirimau Berangkat dari Ambon ke Kupang Tanggal  : 03-01-2020 | 11:00
Kapal pelni KM Sirimau akan Tiba di Kupang Tanggal : 07-01-2020 | 04:00
Tarif penumpang Kapal Pelni Sirimau dari Ambon ke Kupang adalah : Dewasa Rp 461.000 dan Anak2 Rp 51.000

***

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
5. Jadwal kapal diatas hanya contoh Sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of