KATA OMED

Dari Dumai ke Malaka via Laut, Bisa ! ini Rute dan Jadwal Kapalnya

Dumai menjadi kota Terakhir saya mengelilingi Indonesia. Beruntung saat saya datang dan explore Kota Minyak ini bisa ditemani sahabat saya yang dulu pernah ngetrip bareng namanya Pak Subandi. Selama saya di Dumai, saya diinapkan dikos-kosan yang dia punya dan diberi motor sebagai transportasi selama di Dumai.

Sudut Kota Dumai

Kota Dumai memang bukan kota tujuan wisata sebab kota ini memang dikenal sebagai kota Industri pengolahan minyak baik minyak sawit maupun minyak bumi. Selama di Dumaipun saya tidak bisa menemukan tempat wisata alam, yang ada hanya kawasan kuliner, taman nongkrong, masjid agung, mangrove dan kawasan pelabuhan.

Baca Juga : Wah Raja Siantar ini makamnya di Bengkalis

Menuju Kota Malaka di Malaysia

Pelabuhan Dumai

Sudah 3 hari saya berada dikota Dumai dan sebelum saya kembali ke Jakarta Pak Bandi menyarankan saya untuk berlibur terlebih dahulu ke Kota Malaka yang ada di sebrang pulau Sumatera, tepatnya masuk kawasan Negara Malaysia. Tanpa pikir panjang saya langsung mengiyakanya dan ada kabar baiknya lagi dia mau menemani saya ke kota Malaka.

Kota Malaka di Malaysia

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya mengunjungi negara Malayasi. Rasanya lebih dari 5 kali saya berkunjung ke negera Upin Ipin ini melalui berbagai jalur baik darat, laut maupun pesawat. Saya pernah menyebrang ke Kota Tawaw di Malaysia bagian Kalimantan saat saya explore Pulau Sebatik. Saya juga pernah ke Kota Kuching Serawak melalui perbatasan Entikong di Kalimantan Barat. Terakhir saya ke Johor hingga Kuala Lumpur Malaysia melalui jalur Batam dan juga Singapura.

Baca JugaCerita seru dan menegangkan menembus Pedalaman Papua

Inilah Pak Subandi, ex temen travelling saya dari Dumai

Singkat cerita, Pak Bandi dengan kebaikan hati yang dia miliki membelikan saya Tiket penyebrangan dari Dumai ke Malaka. Katanya saya itu masih tamunya dan masih menjadi tanggung jawab dia selama di Dumai. Salut deh sama perinsipnya. Okeh ssbelum ceritnya panjang kita mulai bahas dulu tentang Jalur atau Rute Dumai ke Malaka.

Rute Dari Kota Dumai Indonesia ke Malaka Malaysia

Ada banyak cara menuju kota Melaka di Malaysia. Kita bisa lewat jalur darat, pesawat atau melalui jalur laut seperti yang saya lakukan. Pelabuhan yang melayani rute ini adalah Pelabuhan Penyebrangan Internasional Fery Dumai yang lokasinya tak jauh dari pusat kota Dumai. Dari pelabuhan ini kita akan menuju pelabuhan Internasional Malaka City selama lebih kurang 2-3 jam perjalanan.

Baca Juga : Perbatasan Badau, Perbatasan baru antara Indonesia dengan Malayasi

Pelabuhan penyebrangan Internasional Dumai ke Malaka

Kapal Dumai Express adalah kapal yang melayani Rute Dumai ke Malaka. Jadwalnya sendiri selalu ada setiap hari. Kita juga harus membeli tiket kapalnya terlebih dahulu sebelum ke pelabuhan untuk memastikan ketersediaan kursi. Baru setelah dibooking, tiketnya bisa kita tukarkan dengan boarding pas sebelum masuk ke pemeriksaan Imigrasi.

Jadwal Keberangkatan Kapal Dari Dumai ke Malaka

Tingginya antusias warga Dumai maupun Malaka melintasi jalaur selat Malaka membuat penyebrangan antar kedua negara ini semakin diminati. Setiap hari ada kapal penyebrangan dari dan ke kota Dumai maupun kota Malaka. Kapal dari dumai berangkat Dari Hari Senin – Minggu pukul 09.00 kecuali hari jumat yakni pukul 10.30 siang.

Baca JugaUnik, Pulau ini dibagi dua Malaysia dan Indonesia

Jadwal lengkap Kapal Express Dumai ke Malaka

Sementara Jadwal keberangkatan Kapal dari Pelabuhan Malaka ke Pelabuhan Dumai juga ada setiap hari dari Senin – Minggu. Jam keberangkatanya juga sama yakni pukul 09.00 kecuali Jumat pukul 10.30 siang.

Dermaga pelabuhan internasional Dumai

Harga Tiket Kapal dari Dumai ke Malaka

Saat ini ada dua pilihan tiket yang bisa kalian beli. Pertama kalian membeli tiket Pulang pergi Dumai-Malaka seharga Rp 600.00 dan untuk Anak-anak Rp 300 ribu. Sementara Pilihan keduanya yakni Tiket yang hanya sekali jalan saja. Untuk harga tiket kapal Dumai – Malakan sekali jalan tarifnya Rp 320.000 dan Rp 160.000 untuk usia anak-anak.

Kapal dumai ke Malaka

Harga Tiket Kapal dari Dumai ke Malaka

Didalam pelabuhan penyebrangan Dumai kita akan diperiksa oleh petugas soal dokumen yang berlaku seperti passpor. Rasanya sama sih dengan pemeriksaan saat kalian dibandara. Tak hanya diperiksa saja, kita juga akan dicap dulu passpornya baru kemudian masuk ruang tunggu.

Baca JugaKue Bingka, cemilan enak dari Banjarmasin

Yeh dapat makanan dikapal Dumai – Malaka

Saran saya sebelum kalian masuk kedalam ruang tunggu, jangan lupa membawa uang ringgit malaysia dan Gunakan kartu atau jaringan telkomunikasi Malaysia. Biasanya semuanya ada dijual didalam kapal sih tapi ya harganya sedikit berbeda dari yang umumnya.

Pelabuhan Internasional kota Malaka

Saat kapal berjalan kita akan diberi 1 kotak mie goreng dengan air mineral dulu sebagai bekal diperjalanan. Meski perjalanan kita hampir 3 jam lebih namun ada TV yang ditonton sebagai hiburan. Atau buat kalian yang bosen bisa naik ke dek atas sembari melihat pemandangan hamparan lautan yang luas.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Kata Omednabilla Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
nabilla
Guest
nabilla

terimakasih artikelnya sangatt bermanfaat sekali 😍

Kata Omed
Admin

Sama2