KATA OMED

Itinerary Trip 3 Pulau Onrust, Cipir dan Kelor

Ingin liburan singkat namun bosan dengan suasana Mall atau suansa Cafe ?

Mungkin kalian perlu sedikit liburan bernuasa alam yang lokasinya tak jauh dari pusat kota Jakarta. Coba saja kalian ikutan Explore 3 Pulau yang ada diutara Jakarta. Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau cipir adalah 3 pulau yang biasa dikunjungi wisatawan sebagai tempat liburan yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Sejarah Taman Arkeolog Onrust – foto @narayana.adv

Baca juga :

secara administratif, Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau cipir ini menjadi salah satu pulau yang masuk kedalam wilayah administratif kelurahan Pulau Untung Jawa kecamatan Kepulauan Seribu Utara Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Jadi untuk ke pulau-pulau ini kita harus menyebrang terlebih dahulu menggunakan kapal kayu dari Muara Kamal atau kapal cepat dari Marina. Berikut ini adalah Detail Itinerarynya :

Pulau Kelor

Pulau kelor foto – @jakarta_tourism

Destinasi pertama yang akan kita kunjungi adalah Pulau Kelor. Pulau ini memang menjadi pulau paling dekat dengan Dermaga Muara Kamal. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menitan untuk kita sampai di pulau Kelor ini. Yang menarik dari pulau Kelor adalah adanya peninggalan sejarah dari Belanda yang masih bisa kita lihat hingga sekarang. Konon dahulu kala, Pulau kelor ini lebih dikenal sebagai Pulau Kherkof. Hal ini ditandai dengan adanya galangan kapal dan juga Benteng Martello yang mana benteng ini berfungsi sebagai pertahanan menghadapi serangan Portugis di abad ke-17.

Pulau onrust

Pulau Onrust pulau bersejarah di Jakarta – foto wisatajakarta.go id

Destinasi kedua yang akan kita kunjungi setelah meninggalkan pulau Kelor adalah Pulai Onrust. Pulau ini merupakan pulau yang paling banyak sejarahnya. Dipulau ini juga terdapat sebuah museum bernama Museum Taman Arkeologi Onrust Onrust. oh ya nama Onrust sendiri berasal dari bahasa Belanda yang artinya pulau yang tidak pernah beristirahat. Di Pulau Onrust kita bisa melihat banyak peninggalan lainnya selain museum yakni makam bersejarah hingga sumur tua yang masih bertahan.

Baca juga :

Pulau Cipir

Pulau cipir Kepulauan seribu – foto ig

Destinasi terakhir yang akan kita kunjungi adalah Pulau Cipir. Pada zaman dahulu, pulau ini lebih dikenal sebagai Pulau Kahyangan dan Di pulau ini juga terdapat peninggalan sejarah lainnya sama seperti pulau Kelor dan pulau Onrust. Ada sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC yang masih terlihat jelas bangunanya. Banyak yang datang kesini muntuk tempat lokasi syuting atau sekedar menikmati pemandangan pantainya. Oh ya Disini ada sumber air tawar yang jernih dan bersih yang bisa dimasak.

Itinerary Trip 3 Pulau Onrust, Cipir dan Kelor

– 07:00 : Meeting point di Pelabuhan Muara Kamar
– 08:00 : Perjalanan Menuju Pulau Kelor
– 08:30 : Tiba Di Pulau Kelor lalu explore pulau dan bersantai
– 10:00 : Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Onrust
– 10:30 : Tiba Onrust, masuk ke museum dan explore bangunan Tua bersejarah disini
– 12:30 : perjalanan di Lanjutkan menuju pulau terakhir yakni Pulau Cipir
– 13:00 : Tiba di Pulau Cipir IStirahat, Sholat dan Makan Siang
– 13:30 : Explore Pulau Cipir
– 15:30 – 16:30 : kembali ke Muara Kamal dan say goodbay

Baca juga :

Museum Taman Arkeolog Onrust – foto mitramuseumjakarta.org

Jam Operasional Taman Arkeologi Onrust

Taman Arkeologi Onrust dibuka setiap hari Senin – Minggu
mulai Jam 08.00 – 17.00 sore.

Harga Tiket Masuk Taman Arkeologi Onrust

Dewasa Rp 5.000
Mahasiswa Rp 3.000
Anak-anak/Pelajar Rp 2.000
Rombongan (minimal 30 orang)
Rombongan Dewasa Rp 3.750
Rombongan Mahasiswa Rp 2.250
Rombongan Anak-anak/Pelajar Rp 1.500

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of