KATA OMED

Mau ke Pulau Dodola di Morotai ? Ini Info rute, Sewa kapal dan penginapannya

Karna Pulau Dodola merupakan objek wisata unggulan yang ada di Kabupaten Morotai maka bagi wisatawan yang datang ke Morotai wajib mengunjungi pulau cantik ini. Bahkan banyak yang bilang jika orang yang ke Morotai belum berkunjung ke Pulau Dodola artinya mereka belum sepenuhnya ke Morotai.

Pulau Dodola Morotai (pilot @mitsnain)

Lalu Cara Menuju Pulau Dodola bagaimana ?

Saat Perjalanan saya ke Morotai beberapa waktu lalu, saya pergi hanya bersama 2 orang sahabat saya yakni Nain dan Frans. Kami bertiga akhirnya sepakat untuk backpackeran ke Morotai dan juga mencari cara bagaimana kami bisa berkunjung ke pulau dodola namun dengan budget yang murah.

Pasalnya untuk menuju pulau Dodola kita harus naik speed. Tapi selain mahal kita juga harus menunggu penumpang lainnya agar speed cepat terisi penuh. Yah mau gak mau sih akhirnya kita harus sabar menunggu wisatawan lain yang juga akan berkunjung kepulau Dodola.

Pelabuhan Speed ke Pulau Dodola dan Tobelo

Alternatif lain menuju pulau Dodola adalah dengan menyewa speed yang bisa disewa selama 1 hari full. Tapi Berhubung kita hanya datang bertiga saja maka menyewa speed ini bisa dibilang sangat berat dan itu diluar budget kita. Terlebih lagi jika berangkatnya dihari biasa maka akan sangat jarang wisatawan yang datang ke Pulau Dodola.

Wisata di Morotai, Wajib Kunjungi pulau Dodola

Sebenarnya banyak juga loh wisatawan yang datang dihari Libur atau weekend.
Nah kita tinggal naik saja dan membayar biaya per penumpang seharga Rp 100.000. Jauh lebih murah bukan.

Setelah berdiskusi dan mencari cara bagaimana bisa sampai ke pulau Dodola namun dengan biaya yang murah akhirnya kami dapat ide untuk menyewa kapal nelayan saja seperti kapal katinting yang ukuranya lebih kecil dan biasa digunakan nelayan untuk mencari ikan.

Saya Naik Katinting atau perahu nelayan ke pulau Dodola karena hanya bertiga

Setelah bertanya kepada beberapa Nelayan akhirnya disepakati sewa perahu atau kapal nelayan katinting selama 1 hari explore pulau pulau sekitar Dodola dengan harga Rp 500.000. Meski masih terbilang mahal namun sangat membantu dan menghemat budget kita bertiga.

Lokasi Pelabuhan Penyebrangan

Oh ya pelabuhan Speed menuju Pulau Dodola bisa kita jumpai di sebelah dermaga Penyebrangan Kapal Daruba. Posisinya tepat disebelahnya di area dermaga speed baik untuk ke pulau-pulau sekitar Morotai dan halmahera juga untuk wisata ke pulau Dodola.

Dermaga Pelabuhan penyebrangan kepulau Dodola

Sementara lokasi kapal nelayan yang biasa terparkir adalah di Taman Kuliner dipusat Kota. Biasanya warga menyebut dermaganya adalah Dermaga Taman Morotai. Posisi pelabuhanya sendiri tepat disamping komplek Kuliner Morotai.

Info Kontak Kapal Penyebrangan Atau Sewa Kapal ke Pulau Dodola

Berikut ini ada beberapa Nomor yang bisa kalian Hubungi jika kalian ingin berkunjung kepulau Dodola. Untuk penyewaan Kapal Cepat alias Speed silahkan menghubungi Bapak Andre dinomor 081220445968 dengan harga sewa 800 – 1 Juta per hari termasuk bisa mengexplore beberapa wisata disekitar Dodola. Untuk kapasitas Jumlah penumpangnya bisa diisi hingga 10-15 Penumpang.

Sewa Perahu Nelayan ke Pulau Dodola

Sementara bagi kalian yang ingin menyewa kapal nelayan saja atau Katinting bisa menghubungi Bapak Aldi dimor 082290639436 atau juga bisa menghubungi Bapak Mato dinomor 081242284365. Seperti yang sudah disampaikan diatas jika tarif sewa per harinya adalah Rp 500.000 termasuk mengunjungi beberapa spot wisata di sekitar Dodola. Tapi perlu diingat jika kalian naik perahu nelayan maka siap2 kepanasan dan kehujanan mengingat tidak ada pelindung atap atau sampingnya.

Info Penginapan di Pulau Dodola

Jika kamu sudah pasti akan menginap dipulau Dodola ini, silahkan hubungi terlebih dahulu Ibu Popi dinomor  082346305942 untuk booking Kamar dan bisa dipersiapkan terlebih dahulu.

Penginapan dipulau Dodola Morotai

Dan jangan lupa pastikan bookingnya dari jauh-jauh hari karna keterbatasan kamar yang tersedia dan tingginya pemesanan penginapan di pulau Dodola ini terlebih hari libur. Selengkapnya soal penginapan di Pulau Dodola bisa kalian baca infonya disini https://kataomed.com/pulau/info-kontak-penginapan-di-pulau-dodola

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Deasy Fitriah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Deasy Fitriah
Guest
Deasy Fitriah

Kereeennn harus kesini nih…. Yeeaapiii emang udah ada di bucket list….