KATA OMED

Daftar 8 Istana Negara di Seluruh Wilayah Indonesia

Pemimpin negara atau Presiden sudah sepatutnya mempunyai tempat tinggal yang representatif guna menjalankan tanggung jawabnya kepada seluruh masyarakat.

Termasuk, negara kita Indonesia tercinta ini dimana memiliki jumlah istana negara atau disebut dengan istana Kepresidenan berjumlah tujuh. Kemudian, masing-masing istana negara itu tersebar di Pulau Jawa dan Bali.

Berikut ini adalah 8 daftar Istana Negara di seluruh wilayah Indonesia:

1. Istana Cipanas

Istana Cipanas

Istana Cipanas, foto: ig/ istanacipanas

Istana Cipanas ini lokasinya berada di kaki Gunung Gede dengan ketinggian 1.100 meter diatas permukaan laut.

Maka tak heran apabila Istana Negara yang satu ini paling nyaman dan memiliki udara yang sejuk khas alam pegunungan.

Di Istana Cipanas ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa memanjakan Presiden beserta keluarganya seperti kolam pemancingan, kebun yang sangat luas, dan ada pemandian air panasnya juga.

Selain itu di Istana ini juga tersimpan koleksi lukisan dan ukiran seniman terkenal seperti Basuki Abdullah dan Lee Man Fong.

2. Istana Bogor

istana bogor

istana bogor – foto ig @dian_3

Istana Bogor ini lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya Bogor. Kini, Istana Bogor dijadikan Istana Kepresidenan utama oleh Presiden Jokowi untuk tempat istirahat dan menerima tamu kenegaraan.

Istana Bogor yang terletak di Kebun Raya Bogor ini memiliki halaman yang luas, indah dan ada banyak populasi hewan rusa.

Konon, Istana ini dibangun sejak tahun 1744 oleh pemerintah Hindia Belanda dan jadi tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Belanda serta pejabat tinggi lainnya.

Gaya bangunan Istana Bogor ini hampir sama dengan Blehheim Palace, kediaman Duke Malborough di Inggris dan terdiri dari tiga lantai.

Kemudian, di Istana ini juga terdapat berbagai koleksi seperti lukisan terkenal dari seniman dunia.

3. Istana Gedung Agung Yogyakarta

Istana Gedung Agung Yogyakarta

Istana Gedung Agung Yogyakarta, foto: ig/rawyzeo

Istana Gedung Agung lokasinya berada diujung Jalan Malioboro. Keberadaan Istana Gedung Agung di Yogyakarta ini belum banyak diketahui oleh sebagian orang.

Gaya arsitektur Istana Gedung Agung ini oleh A. Payen.

Kemudian, dulu Istana ini menjadi saksi sejarah perjalanan kemerdekaan Indonesia dimana Presiden Soekarno berkantor saat Indonesia beribukota di Yogyakarta.

Selain itu, di tempat ini juga Jenderal Soedirman dilantik menjadi Panglima Besar TNI pada tahun 3 Juni 1947.

Untuk sekarang ini, Istana Gedung Agung menjadi tempat istirahat dan kediaman Presiden bila berkunjung ke Yogyakarta.

4. Istana Merdeka di Jakarta

Istana Merdeka

Istana Merdeka – foto okezone.com

Dulu, Istana Merdeka disebut juga dengan nama Istana Gambir dan dibangun di tahun 1873 pada zaman pemerintah Hindia Belanda.

Pada momen upacara Hari Kemerdekaan RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, Istana Merdeka ini sering dipakai dan sangat familiar di tengah masyarakat

Istana Merdeka juga satu-satunya istana yang terbuka bagi masyarakat umum dan kalian bisa tour istana ini dengan melihat setiap bagian di dalamnya.

Selama Indonesia merdeka, hanya Presiden Seokarno, Gus Dur, dan Susilo Bambang Yudhoyono yang tinggal di Istana Merdeka ini.

5. Istana Negara Jakarta

Istana Negara Jakarta

Istana Negara Jakarta – foto kumparan.com

Istana Negara ini berada di Jalan Medan Merdeka Utara. Dulu Istana ini dibangun pada tahun 1796 oleh seorang warga Belanda bernama J.A. Van Braam.

Kemudian, pernah menjadi tempat kediaman para Gebernur Jenderal Belanda pada masa itu.

Gaya arsitektur bangunan Istana Negara adalah Yunani Kuno.

Sekarang ini Istana Negara digunakan oleh Presiden RI sebagai pusat pemerintahan , rapat kerja nasional, jamuan kenegaraan, pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara, dan acara yang bersifat kenegaraan lain.

6. Istana Batu Tulis Bogor

Istana Batu Tulis Bogor

Istana Batu Tulis Bogor

Dibangunnya Istana Batu Tulis Bogor berkaitan dengan meletusnya Gunung Salak.

Gunung yang berada di Wilayah Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Letusan hebatnya, menyebabkan warga Bogor hampir musnah.

Lalu, sebagai penanda dibangunlah Istana oleh Van Riebeeck. Pembangunan itu dilakukan juga untuk menyebutkan bahwa Gunung Salak itu tidak menakutkan.

Selain itu, Istana Batutulis menjadi tempat peristirahatan favorit bagi Presiden Soekarno. Pasalnya, dari Istana tersebut dapat terlihat lekukan aliran Sungai Ciliwung yang legendaris.

7. Istana Tampaksiring Bali

Istana Tampaksiring Bali

Istana Tampaksiring Bali – foto baiskytour.com

Satu-satunya Istana Negara yang berada di luar Pulau Jawa yaitu Istana Tampaksiring yang lokasinya di Bali.

Kemudian Istana ini dibangun pada masa Pemerintahan Presiden Soekarno di tahun 1963 dan lokasinya berada jauh dari perkotaan.

Sekarang ini, Istana Tampaksiring lebih sering difungsikan sebagai tempat istirahat Presiden dan menerima tamu kenegaraan.

Beberapa Presiden dan Perdana Menteri dari berbagai dunia setiap kali berkunjung ke Indonesia selalu ditempatkan di Istana Tampaksiring.

8. Gedung Negara

Gedung Negara di jayapura

Gedung Negara di jayapura

Gedung Negara dibangun oleh pemerintah provinsi Papua dilahan seluas 2 hektar. Gedung Negara ini menghabiskan anggaran total senilai Rp96 miliar.

Paling unik di Gedung Negara ini adalah ornamen-ornamen mewakili suku-suku besar yang ada di Bumi Cenderawasih. Juga terdapat air mancur pada taman utama dengan variasi air mancur serta lampu yang diiringi musik daerah.

Gedung Negara ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti ruang rapat kenegaraan, ruang tamu kenegaraan, ruang istirahat presiden, ruang staf-staf presiden, helipad, kolam renang dll.

Gedung Negara ini dimaksudkan untuk memudahkan tugas Presiden/ wakil Presiden/ menteri/ maupun tamu VVIP saat mengunjungi Papua. Gedung Negara dibangun dengan sangat megah dan modern selayaknya istana kepresidenan pada umumnya.

Selain kantor presiden, kompleks gedung ini juga memiliki aula, kantor dan kediaman gubernur papua, kantor staf khusus gubernur, hingga helipad.

Gedung Negara Jayapura ini menjadi Istana ke-7 bagi Presiden Indonesia melengkapi 6 istana lainya.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of