KATA OMED

Pendakian Gunung Mekongga 2621 Mdpl, Gunung Paling Cadas Di Sulawesi Tenggara

Gunung Mekongga merupakan sebuah gunung yang menjulang tinggi di antara gunung-gunung lainnya di Sulawesi Tenggara.

Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2621 mdpl yang menjadikannya sebagai gunung yang sangat terkenal.

Lokasinya berada di Desa Rantebaru, Kecamatan Ranteangin, Kabupaten Kolaka Utara.  Sudah banyak orang yang datang ke sini dan ingin merasakan seperti apa mendaki gunung yang paling tinggi di Sulawesi Utara.

Gunung Mekongga memiliki jalur pendakian yang panjang, banyaknya penyebaran sungai, serta vegetasi yang rapat menjadikan puncak Gunung Mekongga menjadi incaran para petualangan.

gunung Mekongga 2620 mdpl

gunung Mekongga 2620 mdpl – foto ig @rimba.alam.mowewe.utara

Para pendaki yang datang ke sini berasal dari berbagai daerah dan tidak jarang ada yang rela datang jauh-jauh karena mereka ingin menaklukkan puncak Gunung Mekongga.

Jika kamu pertama kali datang dan melihat Gunung Mekongga, kamu akan langsung tertantang untuk bisa menaklukkan gunung tersebut.

Medan pendakian yang tidak cukup menantang akan memberikan kepuasan tersendiri jika kamu berhasil menaklukkannya.

Belum lagi dengan banyaknya spot unik yang terdapat di sepanjang rute pendakian yang akan membuatmu tidak ingin melewatkannya.

Keindahan Gunung Mekongga

Puncak Gunung Mekongga

Puncak Gunung Mekongga – foto ig @ari.mp

Seperti apa keindahan yang dimiliki Gunung Mekongga?

Perlu kamu ketahui bahwa keindahan gunung ini bukan hanya terletak pada pemandangan puncak gunungnya yang sangat indah.

Keindahan gunung ini terletak pada berbagai spot menarik yang tersedia sepanjang perjalanan melewati rute pendakian. Salah satu spot yang selalu menarik wisatawan yang berkunjung ke Gunung Mekongga adalah air terjun.

DI jalur pendakian menuju puncak gunung ini, kamu akan menemukan air terjun yang sangat indah.

jalur pendakian gunung Mekongga

jalur pendakian gunung Mekongga – foto ig @dandyakbar__

Air terjun tersebut menawarkan pemandangan alam yang membuatmu ingin mampir sebentar untuk merasakan kesegaran dan pemandangan alam sekitarnya.

Selain itu, kamu juga akan menemukan hutan lumut. Hutan lumut menjadi salah satu spot unik dan favorit. Para pendaki yang datang ke Gunung Mekongga akan memanfaatkan momen liburan mereka untuk berfoto di hutan lumut.

Selain kedua spot di atas, Gunung Mekongga masih memiliki banyak spot menarik lainnya. Kamu juga mengunjungi telaga  cocacola, puncak salah, jalur HBI, dan juga pintu gerbang jin. Semua spot tersebut juga tidak boleh kamu lewatkan.

Kamu harus mengunjungi setiap spot yang ada karena liburanmu ke Gunung Mekongga akan berkurang jika kamu tidak mengunjungi spot-spot tersebut. Kemudian untuk punggungan pada puncak Gunung Mekongga dikelilingi oleh pepohonan yang diapit dua sungai besar.

Rute Menuju Gunung Mekongga

Rute pendakian MT Mekongga

Rute pendakian MT Mekongga – foto ig @osumekongga

Setelah mengetahui informasi seputar keindahan yang ditawarkan Gunung Mekongga, sekarang kamu juga harus mengetahui kira-kira seperti apa rute pendakian menuju gunung tersebut.

Bagi kamu yang ingin menuju Gunung Mekongga, kamu bisa mulai perjalananmu dari Dusun Surolako, Desa Rantebaru, Kecamatan Ranteangin.

Jalur inilah menjadi satu-satunya jalur untuk bisa sampai ke puncak Gunung Mekongga.

jalur pendakian gunung Mekongga

jalur pendakian gunung Mekongga – foto ig @dandyakbar__

treking menuju Puncak Gunung Mekongga

treking menuju Puncak Gunung Mekongga – foto ig @fisalsp

Setiap orang yang mendaki gunung ini akan melakukan tracking dan juga turun di jalur yang sama. Bagi kamu yang ingin berlibur ke sini, pastikan kamu berada dalam kondisi yang fit.

Selain itu, mendaki gunung juga akan semakin menyenangkan jika bersama banyak orang.

Akses Menuju Gunung Mekongga

Gunung Mekongga

Gunung Mekongga – foto ig @ariel.pratama_official

Lalu bagaimana dengan akses menuju Gunung Mekongga?

Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai ke Kolaka Utara jika berangkat dari Kota Kendari kurang lebih 6 jam.

Jika kamu berangkat dari Bandara Sangia Nibandera, maka kamu memerlukan waktu sekitar 4 jam. Selengkapnya silakan simak penjelasan di bawah ini.

1. Dari Kota Kendari

  • Kamu harus mulai menuju ke terminal Puuwatu. Naik angkutan umum menuju Kolaka dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Untuk biaya angkutannya sekitar 70.000
  • Dari terminal Kolaka, kamu bisa naik angkutan umum dengan rute Kolaka Utara. Waktu yang diperlukan juga sama yaitu sekitar 3 jam. Nanti kamu akan turun di Desa Tinukari. Biayanya pun juga sekitar 70.000

2. Dari Bandara Kolaka

  • Kamu harus menuju ke terminal Kolaka dengan menempu perjalanan sekitar 1 jam
  • Dari terminal Kolaka, kamu cari angkutan dengan rute Kolaka Utara. Waktu perjalanannya sekitar 3 jam dengan biaya sekitar 70.000

3. Dari Makssar

  • Jika kamu berangkat dari Makassar, kamu bisa naik pesawat dengan rute Makassar – Kolaka
  • Selanjutnya kamu lanjutkan perjalanan dengan dari Bandara Kolaka dengan menempuh jalur darat dan menuju ke Pelabuhan Bajoe Bone dengan menempuh perjalanan 3 jam. Biaya yang dikerluarkan sekitar 60.000
  • Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menyebrang menggunakan kapal fery dengan biaya 60.000. Waktu yang diperlukan sekitar 7 jam

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of