KATA OMED

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Taman Nasional di Sulawesi Tenggara

Published · Updated

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai memiliki luas sekitar 105.194 ha. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah konservasi yang terletak di ujung Tenggara Pulau Sulawesi.

Meski Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai tidak terlalu terkenal seperti taman nasional lain yang ada di Sulawesi, namun fungsinya sebagai wilayah konservasi memberikan kontribusi terhadap terjaganya kelestarian hayati.

Baca Juga ya:

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara – Foto Kumparan

Selain itu, faktor keindahan alamnya pun menjadi tempat destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh keluarga, maupun bersama dengan teman-teman. Taman wisata ini, sangat cocok buat kamu para pecinta wisata outdoor.

Obyek Wisata di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Adapun Obyek wisata yang terdapat pada Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di Sulawesi Tenggara ini cukup banyak dan beragam.

Kalian bisa menikmati berbagai aktifitas seperti mengamati flora dan fauna atau bahakn mengunjungi beberapa wisata alam yang ada di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

 

Nah berikut ini beberapa objek wisata yang ada di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai :

1. Flora Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

flora di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

31 Jenis Anggrek taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara – Foto GPS Wisata Indonesia

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai memiliki 4 tipe ekosistem yaitu ekosistem hutan hujan tropika dataran rendah, hutan bakau, savannah dan hutan rawa.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini juga memiliki berbagai macam jenis bunga yang langka jenisnya. salah satunya adalah Anggrek.

Ada berberapa jenis anggrek yang langka di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini. Biasanya wisatawan yang datang dan ingin melihat langsung habitat tanaman anggrek dan juga jenisnya didalam hutan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

2. Fauna Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

flora di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Burung Pelican Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara – Foto Suara Kendari

Selain beragam flora, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai juga memiliki banyak sekali jenis fauna. Binatang-binatang endemik khas Sulawesi juga banyak tersebar dikawasan taman nasional ini.

Salah satu hal yang menarik minat wisatawan datang melihat flora di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini adalah saat musim migrasi burung pelikan yang menjadikan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini sebagai tempat singgah mereka.

Hewan Liar Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara – Foto Destin asian Indonesia

Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini ini juga kaya akan habitat berbagai jenis burung satwa lainnya. Diantaranya bahkan tergolong sebagai hewan langka yang dilindungi seperti Anoa, Kuskus, Rusa, Babi Rusa, Musang Sulawesi dan masih banyak yang lainnya.

3. Rawa Aopa

 

Rawa Aopa Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara – Foto GPS Wisata Indonesia

Nama Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini diambil dari salah satu nama kawasan Rawa ini yakni Rawa Aopa. Kawasan ini merupakan daerah rawa gambut yang cukup unik, karena di bagian tengah rawa terdapat terdapat sebuah pulau dengan nama Pulau Harapan II.

Baca Juga ya:

Rawa Aopa Watumohai

Rawa Aopa Watumohai – foto @tnrawaaopawatumohai

Nah di pulau tersebut banyak terdapat berbagai jenis burung air dengan panorama alamnya yang begitu indah. Banyak binatang endemik yang mendiami rawa ini sehingga menjadikanya kawasan yang wajib dilindungi.

Selain itu di rawa ini dapat dilakukan aktivitas outdoor lainnya seperti berperahu dayung dan memancing. Tempat ini juga memiliki fasilitas seperti menara pandang, dermaga kayu dan pondok jaga.

4. Gunung Watumohai

Savana Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara – Foto GPS Wisata Indonesia

Salah satu objek wisata alam yang bisa dinikmat oleh wisatawan saat berkunjung ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini adalah kawasan Gunung Watumohai.

Kawasan ini merupakan pegunungan yang banyak ditumbuhi oleh jenis-jenis pohon rotan, liana dan jenis tumbuhan lainnya. Selain itu, hutan yang terdapat di gunung watumohai ini termasuk dalam hutan vegetasi yang hijau dan asri.

Savana di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Savana di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai – foto @tnrawaaopawatumohai

Dari lereng gunung kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah berupa hamparan padang savana yang luas. Untuk dapat mencapai kawasan tersebut, telah dibangun jalan trail wisata sepanjang 13 km yang dapat dilalui oleh kendaraan roda dua.

5. Muara Lanowulu

Muara Lanowulu Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara – Foto Zona Sultra

Selain savana yang indah, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai juga memiliki kawasan perairan yang juga tak kalah indahnya bernama Muara Lanowulu.

Muara  ini memiliki panorama hutan bakau yang rimbun dan berbagai satwa liar. Muara  ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu motor tempel atau kapal motor dari dermaga Lanowulu.

Berbagai aktifitas menarik di Muara Lanowulu ini diantaranya adalah memancing, menikmati flora dan fauna disekitar muara menggunakan kapal dan juga menikmati ketenangan alam dikawasan ini.

6. Jalan Poros Tinanggea – Kasipute

Jalan Poros Tinanggea – Kasipute merupakan jalan umum yang dibangun melintasi kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Di sepanjang jalan ini dapat disaksikan panorama alam savana dengan latar belakang pegunungan dan hutan bakau serta satwa liar yang dilepas dengan bebas.

Di sepanjang jalan ini, juga memiliki sarana berupa 4 buah menara pandang dan 3 buah shelter sebagai tempat peristirahatan bagi para wisatawan.

Tak heran bila jalan poros di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini memberikan daya tarik tersendiri bagi mereka yang melintasinya.

Baca Juga ya:

Gerbang Masuk Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Gerbang Masuk Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai – foto talaseta.blogspot.com

Alamat Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Bagi kalian yang tertarik untuk datang langsung mengunjungi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini, kalian bisa datang ke Alamat dibawah ini :

Tatangge, Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara 93885.

Akses atau rute menuju Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini cukup mudah dan gampang karena berada di kawasan jalur perlintasan pores Bombana Konawe Selatan.

Bagi yang datang dari luar Sulawesi Tenggara, kalian harus menuju kota Kendari terlebih dahulu menggunakan pesawat. Setibanya di kota Kendari kalian melanjutkan perjalanan menggunakan Mobil menuju Tinanggea di Konawe Selatan.

Atau kalian bisa ikuti google maps dibawah ini :

Harga Tiket Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Harga tiket masuk kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini adalah :

Weekday, Rp15.000 dan
Weekend, Rp15.000

Harga tiket tersebut sudah termasuk menikmati allam dan wisata yang ada dikawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Namun jika ingin menikmati berbagai kegiatan lainnya di Taman Nasional ini, harganya akan disesuaikan dengan masing-masing paket yang ada dan disediakan oleh pengelola Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Jam Operasional Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

susur sungai di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

susur sungai di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai – foto @tnrawaaopawatumohai

Untuk jam operasional Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini dimulai dari pagi dan sore hari setiap hari dari hari senin hingga Minggu kecuali saat ada event atau acara tertentu bisa diperpanjang atau dipersingkat.

Jam operasinal Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai adalah mulai pukul 08.00 – 18.00. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Makassar.

Rute Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Ada 2 Rute menuju Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai yang bisa kalian pilih. Tenang saja karena kedua rute tersebut sangat mudah dan bisa kalian ikuti sesuai maps.

Rute menuju Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Rute menuju Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai – foto tnrawku.wordpress.com

Berikut ini kedua rute yang bisa kalian pilih menuju kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai sesuai jarak dan lama tempuhnya:

Dari Kota Kendari – Lambuya – Aopa – Lanowulu ( ± 145 km) dengan waktu tempuh 4 jam

Dari Kota Kendari – Punggaluku – Tinanggea – Lanowulu (± 120 km) dengan waktu tempuh 3 jam.

Aktifitas yang ditawarkan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Selain mengamati flora dan fauna, wisatawan juga bisa menikmati beragam aktifitas seru yang ditawarkan oleh pihak pengelola Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

memancing di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Memancing di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara – Foto tnrawku blog

Memancing dan menjelajahi Hutan Mangrove merupakan beberapa aktifitas seru yang ada di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.  Kita bisa belajar mengenal Beragam jenis pohon mangrove dan juga fungsinya.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Jelajah Hutan Mangrove Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, sulawesi Tenggara Foto Suara Kendari

Rekreasi dan pariwisata alam yang dapat dinikmati di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini beberapa diantaranya adalah lintas hutan, pengamatan satwa, berjemur di pantai, foto hunting, hiking, berkemah, memancing, berperahu dan masih banyak aktivitas lainnya.

Fasilitas yang tersedia di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

mengamati burung di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

mengamati burung di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai – foto @tnrawaaopawatumohai

Fasilitas yang terdapat di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ini juga cukup banyak dan cukup lengkap. Beberapa diantaranya adalah:

Pondok jaga, pusat informasi, camping ground, wisma tamu, menara pandang, dermaga, jalan setapak, perahu dayung dan masih banyak yang lainnya.

***

Baca Juga ya:

Nah bagaimana artikel wisata kita kali ini?

Semoga dapat membantu kamu semua untuk merencanakan liburan seru ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Taman Nasional di Sulawesi Tenggara.

Selamat berlibur!

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of