KATA OMED

Daftar 12 Provinsi Pemeluk Kristen Terbesar di Indonesia

Berdasarkan data sesus 2020 lalu, Jumlah Daftar Provinsi Pemeluk Kristen Terbesar di Indonesia terkosentrasi banyak di wilayah Timur Indonesia.

Agama kristen sendiri adalah agama terbesar kedua di Indonesia, setelah agama Islam.

Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk Kristen terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Filipina.

Pada tahun 2018 lalu tercatat Ada sekitar 28,6 juta orang yang beragama Kristen di Indonesia atau sekitar 10,72% dari populasi negara Indonesia.

Dari 10.72% yang beragama Nasranai tersebut ada sekitar 7,60% diantaranya memilih kristen Protestan  atau sekitar 20,25 juta jiwa dan 3,12% kristen Katolik atau sekitar 8,33 juta jiwa.

Provinsi Pemeluk Kristen Terbesar di Indonesia

peta penganut agama kriten protestan di Indonesia

peta penganut agama kriten protestan di Indonesia

Beberapa wilayah Kristen di Indonesia terkonsentrasi di Tanah Batak, Taneh Karo, Nias, Mentawai, pedalaman Kalimantan, Minahasa, Sangir, Poso, Toraja, Mamasa, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Maluku dan Papua.

Berdasarkan data yang didapat dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), berikut adalah daftar daerah dengan Agama Kristen terbesar di Indonesia.

Data ini diurutkan Berdasarkan persentase jumlah penganut Nasranai baik Katolik maupun Protestan berdasarkan jumlah penduduknya.

1. Nusa Tenggara Timur – 89,73%

jumlah peta penganut agama katolik di Indonesia

jumlah peta penganut agama katolik di Indonesia

Provinsi Nusa Tenggara Timur, menemaptai urutan pertama sebagai daerah dengan penganut agama kristen terbesar di Indonesia.

Dari total jumlah penduduk masyarakat NTT sebanyak 5.120.000 juta jiwa, dimana 53% diantaranya adalah Katolik dan 36% lebih adalah Protestan.

Pemeluk agama Kristen Katolik di Provinsi Pemeluk Kristen Terbesar di Indonesia ini kebanyakannya adalah masyarakat dari suku Flores, Timor, Atoni, Lamahot, Rote dan Manggarai.

Provinsi NTT juga tercatat sebagai provinsi penganut ajaran Katolik terbesar di Indonesia.

Baca juga : Daftar tempat wisata untuk liburan natal yang direkomendasikan

2. Papua – 84.40%

Daerah Penganut Agama Nasrani di Papua

Daerah Penganut Agama Nasrani di Papua – Photo by Jubi

Diurutan kedua, Jumlah Penganut Kristen terbesar di Indonesia berdasarkan persentase masyarakatnya adalah provinsi Papua.

Jumlah populasi warga di provinsi Papua mencapai 4.346.59 juta jiwa dimana 84% diantaranya penganut agama kristen dengan rincian 69% protestan dan 15 % katolik.

Pemeluk Kristen di provinsi Papua kebanyakannya adalah masyarakat suku Amungme, Arfak, Asmat, Dani, Damal, Yali dan suku-suku lainnya asal Toraja, Minahasa, NTT, Batak dan Maluku.

3. Sulawesi Utara – 67,69%

Patung Yesus Memberkati Manado

Patung Yesus Memberkati Manado

Penduduk yang beragama Kristen di Sulawesi Utara tercatat ada 67.69% dari totalo Populasi masyarak Sulawesi Utara yang mencapai 2.751.038 juta jiwa.

Tentunya hal ini menempatkanya sebagai provinsi ke 3 dengan jumlah penganut agama kristen terbanyak di Indonesia.

Rincianya sendiri yakni 63,24% menganut agama Protestan dari hanya 4% saja yang menganut Katolik dari jumlah total penganut Nasrani di wilayah ini.

Masyarakat Pemeluk Kristen di Sulawesi Utara umumnya adalah masyarakat suku Minahasa, Sangir, Talaud, Batak, keturunan Tionghoa dan Indonesia Timur.

Baca juga : Inilah 12 gereja terbesar di Indonesia dan lokasinya

4. Papua Barat – 61.75%

Patung Yesus Kristus Pulau Mansinam

Patung Yesus Kristus Pulau Mansinam Manookwari – Photo by Portal Informasi Indonesia

Daftar persentase provinsi dengan penganut agama kristen terbanyak di Indonesia selanjutnya ditempati oleh Papua Barat.

Di provinsi yang beribu kota Manokwari ini tercatat ada sekitar 871.510 jiwa dimana ada 61.75% masyarakatnya adalah penganut agama nasrani.

Dari Jumlah tersebut yakni sekitar 54% adalah protestan dan 7.6% adalah Katolik.

Walau jumlah penganut agama Kristen di provinsi ini tidak sampai 1 juta namun berdasarkan persentase jumlah penduduknya, Papua Barat masih didominasi oleh masyarakat yang beragama Nasrani.

kebanyakannya Pemeluk Kristen di Papua Barat adalah masyarakat suku Biak, Arfak, Irarutu dan suku-suku lainnya asal Toraja, Minahasa, NTT, Batak dan Maluku.

5. Maluku – 46.16%

Gereja Tua Hila Ambon

Gereja Tua Hila Ambon

Menempatai urutan ke 5 sebagai provinsi dengan jumlah persentase penduduk Penganut agama nasrani terbesar di Indonesia, Maluku tentunya memiliki peranan besar dalam penyebaran agama Nasrani di Indonesia.

Tercatat Jumlah penganut agama nasrani di Maluku mencapai 4.16% dari total Jumlah penduduk provinsi Maluku 1.854.229 ribu jiwa beragama Nasrani.

Rincianya sendiri yakni Sekitar 39.9% menganut agama Protestan dan 6.835 yang menganut agama Katolik.

Pemeluk Kristen kebanyakannya di Maluku adalah masyarakat suku Ambon, Kei, Buru, NTT dan keturunan Tionghoa.

6. Kalimantan Barat – 33.67%

Gereja Katedral Santo Yoseph Pontianak

Gereja Katedral Santo Yoseph Pontianak – foto Ann Onimus

Pemeluk agama Kristen terbesar berikutnya di Indonesia adalah ditempati oleh provinsi Kalimantan Barat, dengan jumlah persentase mencapai 33.67% dari jumlah total penduduk Kalimantan Barat.

Ada sekitar 5.427.075 jiwa penduduk yang tinggal di provinsi ini dimana 33.67% diantaranya menganut agama nasrani.

Untuk jumlah persentasenya sendiri, yaitu 11.5% menganut protestan dan 22.17% menganut ajaran Katolik.

Pemeluk Kristen di Kalimantan Barat adalah masyarakat Suku Dayak, keturunan Tionghoa, Batak dan Indonesia Timur.

7. Sumatera Utara – 31.62%

Gereja HKBP Parapat

Gereja HKBP Parapat – foto TJIUNGGU TJERMIN

Daerah penganut agama nasrani terbesar ketujuah di Indonesia berdasarkan persentasenya adalah Provinsi Sumatera Utara.

Ada sekitar 31.62% penganut agama Nasrani di provinsi ini dari total jumlah penduduk provinsi Sumatera Utara yang mencapai hingga 14.908.036 juta jiwa.

Pemeluk Kristen kebanyakannya adalah masyarakat suku Batak,(mayoritas Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, sebagian kecil Angkola, Mandailing), Nias, Tionghoa.

8. Kalimantan Utara – 26.32%

Gereja Katolik Paroki St Maria Imakulata Tarakan

Gereja Katolik Paroki St Maria Imakulata Tarakan – foto Ignatia Sudiarta

Selanjutnya, Provinsi dengan persentase jumlah warga yang menganut agama Kristen terbanyak ditempati oleh provinsi terbaru Indonesia yakni Kalimantan Utara.

Provinsi yang beribu kota di Tanjung Selor ini tercatat memiliki sekitar 26.32% dari total warganya menganut agama Nasrani.

Jumlah total penduduk provinsi Kalimantan Utara sendiri hanya 654.000 jiwa. Sekitar 20.3% diantaranya adalah Protestan dan 5.95% diantaranya adalah menganut Katolik.

kebanyakannya Pemeluk Kristen di Kalimantan Utara adalah masyarakat Suku Dayak, keturunan Tionghoa, Batak, Toraja, Minahasa dan Indonesia Timur.

9. Maluku Utara – 25.02%

Peta Halmahera Maluku utara

Peta Halmahera Maluku utara – foto Sejarah Negara Com

Dari total jumlah penduduk Maluku Utara yang mencapai 1.314.849 jiwa berdasarkan sensus 2022 lalu, ada sekitar 25.02% dianataranya memeluk agama Nasranai atau kristen.

Pemeluk Kristen kebanyakannya adalah masyarakat suku Galela di pulau Halmahera, NTT dan keturunan Tionghoa.

Sekitar 24.5% diantara penganut agama Kristen tersebut yakni memilih Protestan dan sekitar 0.49% yang memilih beragama katolik.

10. Kalimantan Tengah – 19.83%

Danau Tahai Palangkaraya

Danau Tahai Palangkaraya

Diurutan ke 10 sebagai provinsi dengan jumlah persentase terbesar yang menganut agama nasrani adalah provinsi Kalimantan Tengah.

Provinsi yang beribu kota Palangkaraya ini memiliki sekitar 19.83% penganut agama kristen dari jumlah total populasi penduduknya yang mencapai 2.577.215 jiwa.

Ada sekitar 16.63% diantara pemeluk tersebut yang memilih ajaran Protestan dan sekitar 3.16% yang memluk ajaran Katolik.

Pemeluk Kristen kebanyakannya di provinsi Kalimantan Tengah ini adalah masyarakat Suku Dayak, Batak, Indonesia Timur dan keturunan Tionghoa.

11. Sulawesi Tengah – 17.46%

Danau Poso

Danau Poso – foto tripzilla.id

Dari jumlah total penduduk provinsi Sulawesi Tengah yang mencapai 2.969.475 jiwa, ada sekitar 17.46% diantaranya memeluk ajaran agama Kristen.

Hal ini menjadikan provinsi Sulawesi tengah masuk kedalam 11 besar Provinsi Pemeluk Kristen terbesar di Indonesia saat ini.

Pemeluk Kristen kebanyakannya adalah masyarakat yang berasal dari suku Pamona, Mori, Minahasa, keturunan Tionghoa dan Indonesia Timur.

Sekitar 16.57% jumlah penganut agama kristen tersebut adalah Protestan dan sekitar 0.89% diantaranya adalah Katolik.

12. Sulawesi Barat – 15.91%

Gereja Toraja Mamuju

Gereja Toraja Mamuju – foto Dean Febryan

Sulawesi Barat, masuk kedalam 12 besar provinsi dengan persentase jumlah penganut agama Nasrani atau kristen terbesar di Indonesia.

Tercatat ada sekitar 15.91% masyarakat Sulawesi Barat yang menganut agama Nasranai dari total jumlah populasi provinsi ini yang mencapai 1.316.812 jiwa.

Sekitar 14.78% menganut ajaran Protestan dan sekitar 1.13% menganut ajaran Katolik.

Pemeluk Kristen di provinsi Sulawesi Barat adalah masyarakat suku Toraja, Mamasa keturunan Tionghoa dan Indonesia Timur.

**

Sementara itu Provinsi dengan penganut agama Kristen paling rendah ditempati oleh provinsi Nusa tenggara Barat yang hanya mencapai 0.14% dari total jumlah populasi penduduknya yang mencapai 5.287.577 jiwa.

Selanjutnya ada provinsi Aceh, Sumatera Selatan, Gorontalo dan Kalimantan Selatan sebagai provinsi dengan jumlah persentase terkecil di Indonesia yang hanya mencapai 1 persen saja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of