KATA OMED

10 Destinasi wisata Dieng Jawa Tengah yang wajib kamu Kunjungi

Mau liburan ke dieng ?

Tapi bingung mau liburan kemana saja selama disana ? Tenang gengs, berikut ini saya bagikan informasi beberapa destinasi keren dan okeh yang bisa kalian datangi saat di Dieng. Namun sebelum memberi tahu destinasi apa saja di Dieng, saya jelasin sekilas tentang Dieng biar kalian ada gambaranya.

Baca juga ya: 

Dieng itu adalah sebuah kawasan wisata yang berada di 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Karena Dieng itu kawasan wisata daerah pegunungan dan perbukitan yang luas banget, makanya banyak banget tempat wisata dikawasan ini. Mulai dari wisata pendakian gunung, Candi-candi, danau atau kawah sampai ke acara yang paling ngehits dan rutin digelar yakni Dieng Cuture Festival.

10 Destinasi Wisata di Dieng Wonosobo Jawa Tengah

Okelahlah kita langsung saja membahas destinasi-destinasi keren apa saja yang ada di Dieng dan harus kita datangai saat ke Dieng. Saya sendiri sudah mencatat ada sekitar 20an destinasi wisata di dieng yang bisa jadi refrensi kalian. Ini daftar Destinasi wisata Dieng di Jawa Tengah :

1. Telaga Warna

Telaga Warna dieng – foto @raaatnaaa

Dari namanya saja sudah tau kalo ini adalah telaga warna. Artinya telaga yang airnya bewarna warni. Gak cuma satu warna saja tetapi ada juga beberapa warna yang terkadang bisa berubah disaat musim-musim tertentu. Kadang bewarna hijau, biru, merah, putih, dan bahkan warna lainnya. Lokasi Telaga Warna berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jika kalian mau datang kesini usahakan datang pagi hari sebelum siang karena kabut sudah menepi dan cahaya mulai masuk.

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir Dieng – foto @annisamalati –

Destinasi selanjutnya yang harus kalian kunjungi saat di Dieng adalah Bukit Sikunir. Spot wisata ini sepertinya udah jadi tempat yang wajib didatangi oleh para wisatawan yang datang ke Dieng. Letaknya di ketinggian 2.263 Mdpl dataran tinggi Dieng tepatnya di sisi sebelah timur Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Pemandangan yang indah dan sangat mengaggumkan bisa kita lihat saat pagi hari alias melihat sunrise dieng. Yah harap maklum yah kalo kalian kesini bakalan antri dan bertemu banyak sekali penikmat sunrise dieng yang indah. Sebab tempat ini menjadi salah satu tempat paling disukai wisatawan.

3. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin Dieng – foto @kikyhadi

Selain Bukit Sukinir yang memikat mata dengan golden sunrisenya, Dieng juga punya tempat wisata diketinggian lainnya yang juga sama-sama keceh namun kit agak perlu pagi-pagi buta ngejar sunrise. Kita bisa datang kesini pagi, siang atau sore hari karena tempatnya menawarkan pemandangan alam Dieng dengan view utama pemandangan Telaga Warna dan juga telaga Dieng Planteu. Tapi hati-hati saat dipuncak Batu ratapan angin ya karena bebatuanya kadang rapuh.

4. Candi Arjuna

Candi Arjuna Dieng – foto @ownspaceown

Dieng itu selain terkenal keindahan alamnya juga terkenal dengan keindahan budaya dan sejarahnya. Banyak candi-candi keren dan bersejarah dikawasan Dieng seperti salah satunya adalah Candi Arjuna. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang suka dengan kawasan candi ini karena selain instagenik juga karena Kawasan disini luas, sejuk dan nyaman.

Baca juga :

5. Theater Dieng Plateau

Mau tau tentang Dieng lebih banyak lagi atau kalian sedang malas treking dan wisata yang cape-cape ? Yuk kalian bisa datang ke Theater Dieng Plateau. Disini kita tidak hanya bisa berwisata saja tetapi juga mendapat pengetahuan tentang Sejarah Dieng dan juga menyaksikan film dokumentasi seputar gunung berapi Dieng yang infromatif.

6. Lembah Sumurup Savana dieng

Setelah liat kawah, gunung dan nonton film, kita bisa melanjutkan explore wisaat dieng ke kawasan Lembah Sumurup. Lembah ini adalah salah satu tempat keceh yang menawarkan padang savana Dieng. Savananya cukup luas dan sekilas seperti menyala. Sesuai dengan namanya sumurup atau murup dalam bahasa Jawa artinya menyala.

7. Kawah Sikidang Dieng

Nah satu lagi deh tempat wisata di Dieng yang wajib kalian datangi adalah Kawah Dieng alias kawah Sikidang. Biasanya wisatawan yang datang kesini itu karena penasaran dengan air panas dan kawah belerangnya yang konon bisa menghilangkan penyakit kulit. Lokasinya berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Pemandangan yang ditawarkan ditempat ini adalah airpanas kawah dengan bau belerang yang masih berasap. Jadi seperti kawasan berbahaya tapi sangat keren kalo difoto.

8. Museum Kailasa Dieng

Bagi yang suka dengan sejarah dan benada-benda purbakala atau benda yang memiliki nilai history, coba saja kalian datangi Museum Kailasa Dieng. Di Museum Kailasa Dieng kalian akan melihat banyak sekali benda-benda kuno bersejarah yang unik. Kit ajuga bisa belajar banyak soal sejarah dieng pada masa lampau.

9. Gardu Pandang Tieng

Ingin melihat Dieng dari ketinggian ? nah kalian harus ke Gardu Pandang Dieng. Dari atas ini kita bisa menyaksikan pemandangan alam dieng dengan perbukitan yang dihiasi oleh tanaman-tanaman sayuran milik warga. Gardu pandang ini berada di ketinggian 1.700 Mdpl. Karena cukup tinggi kita bisa dengan leluasa melihat keindahan Gunung Kembang dan Gunung Sindoro cukup jelas dari atas sini.

10. Gua Semar

Terakhir destinasi wisata yang kita kunjungi di Dieng adalah Gua Semar. Berbeda dari destinasi-destinasi wisata lainnya di dieng yang lebih didominasi oleh Kawah maupun Perbukitan, kali ini kita bisa berkunjung ke Goa Semar atau Gua Semar. Di Goa semar ini kita bisa melihat keindahan alam dieng dengan view goa-goa cantik yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of