KATA OMED

Rute Menuju Danau Lingkat Kerinci Dan Harga Tiketnya

Danau Lingkat berlokasi di Desa Lempur, yang juga merupakan salah satu dari objek wisata di Kabupaten Kerinci, Jambi. Memiliki air berwarna hijau pekat, serta panorama indah pegunungan yang memanjakan mata.

Namun dibalik keindahannya yang eksotis dan misterius tersebut, danau ini terkenal juga sebagai danau keramat.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata kesana, terdapat beberapa pantangan yang harus dipatuhi.

Danau Lingkat, Lempur Kerinci

Danau Lingkat, Lempur Kerinci – foto ig @jelajahkerinci

Wisatawan maupun masyarakat desa, dilarang menggunakan perahu saat mengarungi danau, karena terkait dengan cerita legenda di masa lalu.

Larangan ini berawal dari sebuah kisah, saat seorang gadis setempat hilang setelah berperahu di danau.

Setelah peristiwa hilangnya sang gadis, masyarakat desa memiliki ikrar, untuk tidak akan pernah mengarungi danau dengan perahu.

Danau tersebut pun menjadi tempat keramat, dan tidak pernah ada orang yang berani mengunjunginya.

Hingga pada era tahun 80-an, mulai ada orang yang berani berkunjung ke danau, meskipun larangan menaiki perahu masih tetap berlaku.

Baca Juga:

Pesona Danau Lingkat

Danau Lingkat Lempur

Danau Lingkat Lempur – foto ig @novenri_mr.one

Berada pada ketinggian yang mencapai hingga 1.100 meter diatas permukaan laut, membuat udara di sekitar danau terasa sangat sejuk. Rindangnya pepohonan hijau, juga menggambarkan betapa lestarinya alam Kerinci. 

Memiliki air berwarna hijau pekat, danau seluas 12 hektar ini sangat mempesona. Ditambah lagi dengan suara merdu kicauan burung yang menenangkan jiwa.

Saat ini, para wisatawan yang berkunjung sudah diperbolehkan untuk mengelilingi danau dengan menaiki rakit. Namun tetap terdapat beberapa pantangan baru, yang harus ditaati oleh setiap orang. 

Bagi para pendatang, harus menjaga sopan santun, perilaku, tutur kata serta dilarang takabur atau sombong. Danau Lingkat masih tetap dianggap keramat, karena berbagai kejadian mistis yang pernah terjadi disana.

Meskipun masih diselimuti dengan berbagai kisah mistis, keindahan danau tetap saja tak bisa dipungkiri. Dengan mentaati seluruh pantangan, wisatawan tetap dapat menikmati ketenangan suasana danau dengan nyaman.

Fasilitas Danau Lingkat

Danau Lingkat

Danau Lingkat – foto ig @woedfamily

Tempat wisata yang ada di Kabupaten Kerinci ini sayang nya masih belum dilengkapi dengan fasilitas memadai.

Di danau belum juga dibangun kamar mandi, tempat parkir yang aman, dan juga mushola ataupun masjid. Tak hanya itu saja, kondisi jalan menuju danau juga masih belum diaspal hingga saat ini.

Di danau, telah terdapat beberapa rakit yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati keindahan danau. Rakit ini biasanya digunakan masyarakat setempat untuk mencari ikan.

Selain itu, terdapat pula pondok sederhana di seberang danau yang bisa digunakan bersantai. Pondok ini juga menjadi tempat istirahat bagi para masyarakat ketika mencari ikan.

Selain itu, masih minim dijumpai warung atau pedagang makanan di sekitar danau. Pada Desa Lempur wisatawan dapat menemukan beberapa homestay dengan harga terjangkau.

Meskipun fasilitasnya tidak lengkap, namun homestay ini dapat dipilih sebagai alternatif karena hotel terdekat baru bisa dijumpai di Kota Sungai Penuh.

Aktivitas di Danau Lingkat

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di danau ini adalah:

1. Menikmati Keindahan Danau Lingkat Kerinci

Danau Lingkat Lempur kerinci

Danau Lingkat Lempur kerinci – foto ig @novenri_mr.one

Saat berwisata di cantik ini, kamu bisa menikmati keindahan danau sambil bersantai maupun berkeliling.

Jika berani, kamu dapat menggunakan rakit untuk mengelilingi danau.  Namun yang harus diingat adalah, adanya larangan untuk berenang.

Jika hobi memancing, kamu bisa melempar kail di danau, untuk menangkap Ikan Semah yang cukup populer di Kerinci.

Ikan ini terkenal akan kelezatannya, dan memiliki protein yang tinggi. Setelah berhasil menangkapnya, kamu dapat sekalian membakar dan menyantapnya disana.

Hunting Foto di Danau Lingkat Kerinci

Selain menikmati panorama danau, kamu pun bisa berburu foto, untuk menemukan spot-spot keren yang Instagramable!.

Bagi penggila selfie, kamu bisa berfoto di tengah danau, di pondok bambu, atau dengan latar pepohonan rindang. 

Namun ingat ya, untuk selalu mengingat pantangan disana, dan selalu dapat menjaga sopan santun, serta berperilaku baik ketika berada disana.

Rute Menuju Danau Lingkat

Alamat dari danau ini adalah :

Desa Lempur Hilir, Gunung Raya, Kerinci Regency, Jambi 37174

Untuk dapat  menikmati keindahannya, harus menempuh perjalanan dari  Kota Sungai Penuh sejauh 43 kilometer dari lokasi. Atau, sekitar satu jam perjalanan dengan mengendarai kendaraan bermotor.

Danau Lingkat kerinci

Danau Lingkat kerinci – foto ig @yedisantonal

Pengunjung dapat menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Namun jika menginginkan waktu yang lebih cepat, sebaiknya lebih menggunakan sepeda motor. 

Kondisi jalan menuju lokasi, masih berupa jalan tanah yang bercampur kerikil. Selama perjalanan, sebaiknya tetap berhati hati dengan kondisi medan tersebut.

Terutama, ketika berkunjung saat musim penghujan.Jalanan yang becek dan licin, semakin sulit untuk dilewati.

harga Tiket Masuk Danau Lingkat

Selain cocok sebagai untuk wisata keluarga, danau ini juga sangat bersahabat tarifnya.

Tidak ada biaya untuk dapat memasuki area wisata. Pengunjung cukup menyediakan Rp. 2.000 saja, untuk biaya parkir.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan tentang Danau Lingkat di Kabupaten Kerinci, Jambi, beserta informasi rute dan harga tiketnya. Semoga dapat menjadi referensi berguna, bagi kamu yang ingin berkunjung kesana. Selamat berlibur!

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of