Pesona Istana Kadriyah di Pontianak

Setelah puas mengunjungi Tugu Khatulistiwa yang menjadi icon Kota Pontianak, saya melanjutkan perjalanan menuju destinasi terkenal selanjutnya di Pontianak yakni sebuah Istana Kesultanan yang hingga kini masih berdiri kokoh dan megah bernama Istana Kadriyah Pontianak.

Bentuk Istana Kadriyah Pontianak ini memang sangat mirip dengan nuansa Istana kerjaan Melayu lainnya di Indonesia terutama di pulau Sumatera.

Kraton dan juga Istana Kadriyah Pontianak

Begitu saya tiba Istana Kadriyah Pontianak, warna kuning dan hijau pada bangunan maupun pada area disekitar istana, mengingatkan saya pada semua bangunan istana di pulau Sumatera yang didominasi warna hijaun dan warna kuning. Bahkan ornamen bangunannya bernuansa islami.

Baca JugaMegahnya istana Siak di Riau ini

Istana Kadriyah yang juga menjadi Museum Kesultanan Kadriyah

Menurut petugas setempat, Istana Kadriyah Pontianak ini adalah istana yang dimiliki okeh keluarga Kerjaan Kesultanan Kadriyah Pontianak yakni sebuah kesultanan Melayu yang didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie, seorang keturunan Rasulullah dari Imam Ali ar-Ridha di daerah muara Sungai Kapuas yang termasuk kawasan yang diserahkan Sultan Banten kepada VOC Belanda.

Tampak Bagian dalam Istana Kadriyah Pontianak

Koleksi Museum Istana Sultan Kadriyah

Ia akhirnya melakukan dua pernikahan politik di Kalimantan. Yang pertama dengan putri dari Kerajaan Mempawah dan kedua dengan putri dari Kesultanan Banjar yakni Ratu Syarif Abdul Rahman, putri dari Sultan Tamjidillah I, sehingga ia dianugerahi gelar Pangeran. Setelah mereka mendapatkan tempat di Pontianak, kemudian mereka mendirikan Istana Kadriyah ini dan mendapatkan pengesahan sebagai Sultan Pontianak dari Belanda pada tahun 1779.

Baca JugaNgeri, Tradisi Tusuk dada hingga berdarah

Salah satu koleksi Istana Kadriyah Pontianak

Istana Kadriyah yang menjadi objek wisata di kota Pontianak

Istana Kadriyah Pontianak berhadapan dengan Masjid Jami Pontianak yang kini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Lokasinya terletak di Jalan Tanjung Raya no 1, Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak atau berada ditepian sungai Kapuas Kalimantan Barat.

Istana yang kini juga menjadi museum Kraton Kadriyah Pontianak dibuka untuk umum setiap hari mulai pulul 08.00 hinga pukul 18.00. Tiket masuknya Gratis guys namun kalian bisa memberikan donasi seiklasnya jika ingin membantu petugas yang berjaga.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
OmedKhair Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Khair
Guest
Khair

Keren… Dengan aktif nya remaja dan pemuda Indonesia untuk sama mengangkat pariwisata Indonesia ke mata dunia… Sangat trus omed…