KATA OMED

Wisata Bukit Alas Bandawasa, Tempat Camping Baru di Bogor

Published · Updated

Wisata Bukit Alas Bandawasa – Merebaknya wabah virus Corona atau Covid 19 di Indonesia, membuat banyak banyak orang harus membatasi interaksi dan kegiatan. Pemerintah pun juga mulai ambil sikap untuk pembatasan transportasi di darat, laut maupun udara. Sehingga penduduk Indonesia pun tidak bisa menikmati sedikit liburan di tengah penatnya kesibukan pekerjaan.

Nah, untuk menambahkan referensi list destinasi wisata kalian, berikut kami berikan salah satu destinasi wisata rekomendasi yaitu bukit Alas Bandawasa.  Yakni sebuah perbukitan yang indah dan berada tak jauh dari Jakarta yang kini mulai ngehits dikalangan penikmat alam dan matahari pagi.

Bukit Alas Bandawasa Bogor Jawa Barat

Bukit Alas Bandawasa Bogor Jawa Barat – foto ig @khoerulumam1012

Bukit Alas Bandawasa kini tengah menajdi perbincangan para penikmat ketinggian terutama bagi mereka yang suka bersantai dikesunyian alam. Tempat camping baru di Bogor ini juga memberikan tidak hanya pemandanganya saja yang indah namun juga camp area yang cukup luas hingga kita bisa membuat acara seru disana.

Sedikit membahas sejarah dibukanya destinasi ini, bukit Alas Bandawasa ini adalah destinasi wisata yang di kelola oleh para pemuda yang tinggal di desa tersebut dan ide pembuatan tempat pariwisata ini oleh kepala desa itu sendiri. Mereka berfikir jika kawasan mereka yang cukup indah ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata baru bagi anak-anak yang suka dengan alam.

Lokasi Bukit Alas Bandawasa

Lautan awan di Bukit Alas Bandawasa

Lautan awan di Bukit Alas Bandawasa – foto ig @d_dijhe

Bukit Alas Bandawasa merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di kampung Palalngon Rt 02/03 Desa Pasir Jaya kecamatan Cigombong, kabupaten Bogor provinsi Jawa Barat.  Akses menuju lokasi Bukit Alas Bandawasa juga sudah cukup bagusdan dicor, apalagi Kendaraan seperti Motor dan mobil kecil sudah bisa sampai keatas area parkiran.

Meski banyak tanjakan dan jalurnya cukup curam karena banyak tikungan namun coran atau jalan semen yang sudah dibuat hingga ke parkiran cukup membantu para pengunjung yang datang. Tetap selalu waspada apabila melintasi jalur ini dengan kendaraan kalian apalagi saat turun hujan.

Harga Tiket Masuk Bukit Alas Bandawasa

pesona Bukit Alas Bandawasa

pesona Bukit Alas Bandawasa

untuk dapat menikmati keindahan panorama yang disuguhkan di Bukit Alas Bandawasa, para pengunjung hanya peru membayar harga tiket yang tergolong cukup murah. Harga Tiket Masuk Bukit Alas Bandawasa adalah sekitar Rp. 20000/orang. Dan jika para pengunjung  jika membawa kendaraan bermotor, akan dikenakan biaya retribusi parkir yaitu sebesar Rp 5000/motor.

Mungkin harga tiket masuk kawasan Bukit Alas Bandawasa masih bisa dibilang murah karena masih tahap promosi dan belum banyak dikunjungi. Tapi tidak menutup kemungkinan meningkatnya kunjungan para wisatawan dan makin tenarnya Bukit Alas Bandawasa akan membuat harga tiket masuknya menjadi berbeda.

Bukit Alas Bandawasa

Bukit Alas Bandawasa – foto kompasina.com

Camping Seru Di Bukit Alas Bandawasa

Meskipun merupakan destinasi yang  baru dibuka yaitu di penghujung tahun 2019, Bukit Alas Bandawas di Kabupaten Bogor bagian selatan ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat memukau.  Disini, para pengunjung bisa menikmati keindahan lautan awan dari atas ketinggian.

camping di Bukit Alas Bandawasa Bogor

Bukit Alas Bandawasa Bogor Jawa Barat – Twitter Calon Pengusaha

Selain itu, para pengelola juga sudah menyiapkan camping ground atau area untuk camping. Di saat malam tiba, pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan lampu-lampu kota bogor yang memberikan kesan romantis. Dengan ditemani angin sejuk yang terbebas dari polusi dan hiruk pikuk daerah kota, para pengunjung dapat bertukar cerita sambil menikmati secangkir kopi hitam.

Fasilitas yang ada di Bukit Alas Bandawasa

Untuk fasilitas yang tersedia di area bukit Alas Bandawas pun dapat dikatakan sudah lengkap, mulai dari toilet yang kebersihannya sangat terjaga, tempat parkir dengan penjagaan yang memadai, mushola, warung yang buka 24 jam, lokasi camping ground, bahkan hingga bangku kayu yang dibuat untuk pengunjung agar dapat menikmati keindahan kota bogor sembari bersantai di sekitar area Bukit Alas Bandawasa.

Camp area Bukit Alas Bandawasa

Camp area Bukit Alas Bandawasa – foto ig @donz.pratama

Untuk di area camping ground, demi menghindari hal-hal yang tidak dinginkan pihak pengelola juga memisahkan area camping laki-laki dan area camping perempuan. Yah meski saat pendakian ada rombongan pria dan wanita yang datag bersama namun tidak bis amenghindari tenda mereka berdekatan juga.

Luas dari lahan campinng ground Bukit Alas Bandawasa mencapai 27 hektare. Hal ini juga yang membuat pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di dekat arena camping.  Sehingga bagi para pengunjung yang ingin memarkir kendaraan disebelah tenda agar lebih terjaga dapat memarkir kendaraan mereka di sebelah tenda yang sudah didirikan. Namun, ini hanya berlaku bagi pemilik kendaraan roda dua atau motor.

Camping di Bukit Alas Bandawasa

Camping di Bukit Alas Bandawasa – foto youtube Ato Art

Untuk toiletnya, pengelola wisata Bukit Alas Bandawasa sudah membuatnya meskipun seadanya. Yah meski terbatas dan kadang sering antri dengan pengunjung lainnya namun keberadaan toilet sederhana ini cukup membantu terutama bagi mereka yang ingin merasa lebih aman saat kencing.

Menurut pengelola Bukit Alas Bandawasa kedepanya mereka akan terus menambah fasilitas pendukung wisata lainnya. Hal ini senanda dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan ke Bukit Alas Bandawasa beberapa bulan terkahir. Pengaruh media sosial terhadap tempat wisata baru di Bogor ini rupanya cukup mengundang rasa penasaran.

City Light View di Bukit Alas Bandawasa

pemandangan malam hari di Bukit Alas Bandawasa

pemandangan malam hari di Bukit Alas Bandawasa – foto @estaripraa

Salah satu alasan banyak wisatawan yang sengaja datang ke Bukit Alas Bandawasa dan camping di bukit ini adalah karena pemandangan Bukit Alas Bandawasa pada malam hari yang juga tak kalah indahnya. Deretan atau kerlip lampu kota Bogor yang berada tepat dibawahnya membuat Bukit Alas Bandawasa semakin istimewa.

Jika tidak hujan pengunjung bisa dapat dengan jelas melihat berbagai warna lampu disemua penjuru. Jalanan laju kendaraan juga cukup terlihat dari atas Bukit Alas Bandawasa. Ketenangan suasana malam dan kesyahduan area sekitar bukit membuat kopi yang kamu minum semakin terasa hangat.

Sunrise dan Lautan Awan di Bukit Alas Bandawasa

Lokasi Bukit Alas Bandawasa

Lokasi Bukit Alas Bandawasa – Sumber : Calon Pengusaha- Twitter

Setelah menikmati indahnya pemandangan kota bogor di malam hari dari atas bukit Alas Bandawasa, disaat malam berganti dengan sang fajar pagi, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan mentari pagi berwarna jingga yang seakan malu – malu menunjukan sinarnya di balik gunung Gede.

Tak hanya sunrisenya saja yang bisa kamu pandangi. Lautan awan yang muncul di sekitar Bukit Alas Bandawasa juga tentunya memberikan keindahan dan keistimewaan pada tempat camping di Bogor ini. Hampir disemua sudut area Bukit Alas Bandawasa dipenuhi lautan awan yang sangat indah berpadu dengan hangatnya mentari.

Sunrise Bukit Alas Bandawasa

Sunrise Bukit Alas Bandawasa – foto ig @epulhoccl

Sedikit tips untuk mengunjungi destinasi destinasi Bukit Alas Bandawasa, pastikan bahwa para pengunjung datang disaat musim panas. Hal ini, dimaksudkan agar para pengunjung dapat mengalami pemandangan dari panorama yang dimiliki oleh bukit Alas Bandawasa  secara maksimal.

Disaat musim panas, seluruh pemandangan yang ada di bukit Alas Bandawasa dapat dilihat tanpa takut terhalang awan mendung maupun kehujanan.

Selain itu, untuk berangkat ke bukit Alas Bandawasa diharapkan untuk berhati-hati. Dikarenakan jalanan menuju destinasi wisata yang satu ini cukup berbahaya. Jalanan yang menanjak, berliku – liku ini diperlukan konsentrasi penuh.

Jadi bagi kalian yang ingin berkunjung ke  Bogor, sempatkan waktu kalian untuk berkunjung ke destinasi yang satu ini ya.

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of